Obat Alami Insomnia

Obat Alami Insomnia

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin , Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol , Penyebab Penyakit Kaki Gajah , Penyebab Penyakit Cacingan , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Mengobati Penyakit Bronkitis Pada Anak , Obat Alami Insomnia , Obat Cacingan Tradisional , Obat Mata Minus Tradisional , Cara Alami Mengobati Sariawan , Bahaya Makanan Pedas , Bahaya Kekurangan Minum Air

Obat Alami Insomnia

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

Banyak penderita insomnia tergantung pada obat tidur dan zat penenang lainnya untuk bisa beristirahat. Semua obat sedatif memiliki potensi untuk menyebabkan ketergantungan psikologis berupa anggapan bahwa mereka tidak dapat tidur tanpa obat tersebut. Nah untuk anda yang mengalami insomnia , ada baiknya anda mencoba obat tradisional untuk menyembuhkannya , Berikut ini kami akan memberikan anda Obat Alami Insomnia :

1. Dapatkan jumlah olahraga yang tepat pada waktu yang tepat

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berolahraga secara teratur menikmati kualitas tidur yang jauh lebih baik daripada mereka yang menjalani gaya hidup yang tidak aktif.
Berolahraga tidak harus berarti lari maraton setiap hari atau menghabiskan setiap jam bangun untuk mengangkat beban. Sebagian besar ahli menganjurkan bahwa latihan aerobik yang sedang-sedang saja, seperti berjalan kaki atau bahkan bersepeda ringan, memiliki dampak positif yang sama terhadap kualitas tidurmu.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga, jadwalkan untuk untuk melakukannya saat matahari masih ada. Pagi hari merupakan waktu yang terbaik, tetapi siang hari juga masih tidak masalah kalau memang tidak memungkinkan. Semakin olahragamu mendekati waktu tidur, maka dampaknya akan membuatmu semakin sulit terlelap karena tubuhmu masih penuh semangat dan adrenalin sisa olahraga sebelumnya.
Semakin awal kamu melakukannya, semakin besar kemungkinan adrenalin itu luntur, membuatmu merasa sangat mengantuk dan siap untuk istirahat malam yang panjang.

2. Kontrol paparanmu terhadap terang dan gelap

Terang dan gelap memengaruhi sistem sirkadian tubuh yang mengatur tidurmu.
Kalau kamu tetap terjaga di malam hari di lingkungan yang terang (misalnya dengan lampu menyala, televisi menyala dan layar smartphone mu memancarkan cahaya), maka hal tersebut bisa mengacaukan sinyal sirkadian, yang memberi tahu tubuh bahwa sudah waktunya untuk beristirahat. Karena itu dapatkan cahaya sebanyak mungkin di siang hari dan kurangi paparan terhadap sinar buatan di malam hari untuk meningkatkan peluang mengalahkan insomnia.

3. Minum teh chamomile

Sangat aman dan enak, chamomile sering disebut sebagai obat penenang jenis ringan, dan keefektifannya sebagai obat untuk insomnia telah terbukti dari waktu ke waktu. Salah satu alasannya adalah kandungan Apigenin, antioksidan yang dapat mengurangi kecemasan dan membantu kamu untuk hanyut lebih cepat. Begitu matamu tertutup, komponen-komponen chamomile lainnya bekerja untuk memastikan kamu tetap beristirahat sepanjang malam.

4. Lavender

Selain memberikan banyak manfaat seperti vitamin A, kalsium, dan zat besi, lavender sering digunakan untuk mengurangi kecemasan, kelelahan, dan kegelisahan.  Tentu saja, itu juga bekerja sangat baik sebagai obat insomnia alami, membantu menurunkan denyut jantung dan laju pernapasan sehingga kamu mencapai kondisi tidur optimal lebih cepat dari biasanya. Lavender bisa kamu gunakan dalam mandimu, bisa sebagai minyak dan bahkan bisa ditambahkan ke dalam makanan atau dibuat menjadi teh.

5. Minum susu hangat dan madu

Susu mengandung banyak triptofan, yang berubah menjadi hormon serotonin. Serotonin bertindak sebagai obat penenang alami dan membantu menginduksi tidur. Lalu mengapa ditambah madu?

Selain membuat susu hangat menjadi lebih nikmat, madu mampu membantu membawa serotonin ke otakmu dengan lebih cepat, mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan bagi kamu untuk masuk ke keadaan tidur optimal. Kamu bisa meminumnya sambil bersantai sebelum tidur untuk memberikan kondisi yang sempurna demi tidur yang berkualitas.

6. Ikut kelas Yoga

Salah satu penyebab terjadinya insomnia adalah karena level stress yang tinggi. Disinilah yoga bekerja dengan membantu mengurangi stress yang kamu miliki.

Kalau ide menghadiri kelas yoga bersama orang lain membuatmu malah merasa lebih cemas, kamu bisa melakukannya di rumah. Banyak video di YouTube yang bisa mengajarkanmu dasar-dasar dan itu bisa lebih dari cukup untuk memberikanmu perasaan tenang yang kamu butuhkan untuk akhirnya menyingkirkan insomniamu.

7. Ngemil almond dan pisang

Kalau kamu bukan penggemar minuman seperti teh dan susu, mungkin cara ini cocok untukmu. Almond dan pisang mengandung banyak triptofan yang memengaruhi tidur serta magnesium.

Kekurangan magnesium bisa menyebabkan masalah tidur, seperti halnya kalsium, yang dapat ditemukan pada almond dan juga susu. Pisang juga merupakan sumber potassium, yang terbukti sangat bermanfaat untuk relaksasi otot.

8. Berendam air hangat

Adakah yang lebih menyenangkan selain merendam yang lama dan rileks di bak mandi setelah hari yang panjang dan penuh tekanan? Para peneliti di Kyushu University di Jepang menemukan bahwa paparan air hangat bisa membuatmu merasa lebih mengantuk, sehingga membuatmu lebih mudah untuk tertidur dengan baik. Sekali lagi, ini banyak berkaitan dengan sistem sirkadian tubuhmu, yang sangat sensitif terhadap suhu tubuh.

Ketika tubuhmu mulai mendingin setelah mandi, itu menyebabkan ritme sirkadianmu untuk memberi sinyal kepada tubuh bahwa sudah waktunya untuk mempersiapkan istirahat. Tubuh akan merespons dengan memperlambat detak jantung dan laju pernapasan, menempatkanmu pada kondisi yang sempurna untuk tidur malam yang nyenyak.

Tidak harus berendam di bak mandi juga. Penelitian Universitas Kyushu menemukan bahwa mandi dengan shower, atau bahkan merendam kaki bisa membantu membuatmu tertidur.

Kamu bisa mengkombinasikan beberapa cara diatas untuk menghasilkan efek yang maksimal. Kamu mungkin, misalnya, mencoba jogging ringan di pagi hari, kemudian mandi air hangat di malam hari sebelum meredupkan lampu, menghirup teh chamomile dan akhirnya berhenti di ruangan yang gelap tanpa paparan sinar buatan. Bereksperimenlah dengan berbagai solusi yang adan dan kamu akan segera menemukan pendekatan yang pada akhirnya membantumu untuk bisa menikmati tidur.