Obat Alami Batu Empedu

Obat Alami Batu Empedu

Penyakit batu empedu yaitu penyumbatan pada kantong empedu serta saluran oleh batu-batu kecil. Batu-batu kecil itu dikarenakan oleh mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol dan lemak, tanpa disertai dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Seorang yang terserang batu empedu umumnya bakal memperoleh rasa nyeri di bagian perut sisi kanan. Seorang yang menanggung derita batu empedu bila dibawa ke dokter umumnya bakal dikerjakan operasi pengangkatan batu empedu, di mana batu empedu itu bakal di ambil dari kantong atau saluran empedu. Terkecuali lewat cara operasi, penyakit batu empedu dapat juga diobati lewat cara yang alami, yakni Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Obat Alami Batu Empedu  :

1. Buah Pir

Buah pir yang mirip seperti apel hanya kandungan airnya lebih banyak ini adalah salah satu buah bermanfaat bagi batu empedu. Rasa nyeri yang ditimbulkan saat mengalami batu empedu akan tertolong oleh efek dari buah ini. Jenis batu empedu kolesterol akan dapat dilembutkan oleh kandungan pir yang dinamakan pektin. Karena telah menjadi lembut, akhirnya batu empedu yang sudah lembut tadi juga akan lebih mudah keluar dari dalam tubuh.

  • Cara 1: Sediakan jus pir sebanyak setengah gelas yang kemudian bisa Anda campur bersama air panas setengah gelas. Tambahkan pula madu sebanyak 2 sendok makan dan aduk hingga rata. Konsumsilah ramuan jus pir plus madu ini sehari 3 kali paling tidak 2 minggu berturut-turut agar hasilnya dapat dirasakan.
  • Cara 2: Untuk cara alternatifnya, siapkan saja beberapa buah pir yang bisa Anda kupas dan potong-potonglah tapi dengan ukuran kecil-kecil. Masaklah di dalam air kira-kira selama 20 menit, baru setelah selesai, Anda bisa mengonsumsinya semangkuk penuh sehari 2 kali. Sama seperti anjuran sebelumnya, konsumsi selama 2 minggu berturut-turut akan membuahkan hasil yang lebih maksimal pada kesembuhan batu empedu.

2. Anggur

Anggur di sini bukanlah buah anggur biasa, justru minuman anggur yang kita kenal sebagai minuman beralkohol. Telah diteliti oleh para ilmuwan dari University of East Anglia bahwa serangan batu empedu mampu dicegah oleh wine. Hal ini dibuktikan dengan adanya orang-orang yang mengonsumsi wine dalam gelas berukuran sedang setiap hari dapat menurunkan potensi batu empedu sebanyak 1/3 kalinya.

  • Caranya: Tak usah susah-susah meramu seperti kebanyakan obat tradisional alami, Anda cukup meminum anggur asli sebanyak setengah gelas. Ini lebih dikhususkan pada yang tengah menderita nyeri batu empedu, baru setelah meminumnya, selisih 20 menit Anda akan merasakan bahwa nyerinya berkurang. Setiap hari mengonsumsi setengah gelas dapat mengurangi potensi serangan batu empedu sebanyak 40 persen, maka sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

3. Jus Lemon

Buah lemon seperti yang kita tahu adalah buah yang mengandung vitamin C tinggi di mana memang sering digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Tapi jus lemon tak hanya mampu menjaga kesehatan kulit saja, tapi juga bagus dalam menyembuhkan penyakit batu empedu. Buah sitrus satu ini akan memberikan manfaat besar tanpa efek samping.

  • Cara 1: Sediakan segelas air penuh yang kemudian ditambah dengan setengah jus lemon. Untuk mendapatkan hasil terbaik, disarankan untuk mengonsumsinya sekitar 2-3 hari per harinya.
  • Cara 2: Cara alternatif yang bisa juga dicoba di rumah adalah dengan menyiapkan jus lemon sebanyak 30 ml dan pastikan masih dalam keadaan segar. Tak lupa juga minyak zaitun sebanyak 30 ml dan pasta bawang putih 5 gram. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan minyak zaitun, pasta bawang putih dan jus lemon tadi secara merata. Ramuan ini dapat diminum pagi-pagi sesaat setelah bangun tidur dan pada keadaan perut kosong selama 40 hari lamanya.

4. Psyllium

Untuk mengobati batu empedu, makanan yang mengandung serat tinggi adalah yang terbaik dan psyllium adalah salah satunya. Selain kaya serat, vitamin C di dalam bahan ini juga begitu tinggi sehingga pas untuk dijadikan obat alami dan ampun bagi para penderita batu empedu. Ini karena kolesterol pada empedu mampu diikat oleh serat larut serta membuat pembentukan batu empedu dapat dicegah.

  • Caranya: Bubuk psyllium dapat Anda coba siapkan sebanyak 1 sendok teh bersama dengan segelas air matang. Tambahkan psyllium dalam bentuk bubuk tersebut ke dalam air, aduklah sampai rata, lalu konsumsilah. Lebih dianjurkan untuk meminumnya sebelum tidur di malam hari setiap hari.

5. Minyak Peppermint

Pasti Anda sudah pernah mendengar khasiat dari minyak peppermint ini di mana memang sangat bagus untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan pencernaan. Ini karena aliran empedu serta cairan pencernaan bakal dirangsang oleh minyak ini sehingga semakin lancar. Batu empedu juga dapat disembuhkan oleh komposisi alami yang bernama terpene sehingga Anda patut mencobanya di rumah.

  • Cara 1: Buatlah teh peppermint yang juga didukung dengan bahan lainnya seperti daun mint. Teh peppermint ini tak hanya bisa dijadikan obat batu empedu saja, ada manfaat lainnya juga yang bisa didapat, seperti menghilangkan sakit kepala sebelah tanpa efek samping.
  • Cara 2: Cara alternatifnya adalah dengan menyediakan daun mint kering sebanyak 1 sendok teh serta secangkir air, tapi bila ingin juga bisa menambahkan madu sesuai selera. Air perlu direbus lebih dulu sebelum Anda tambahkan daun mint yang masih segar dan sudah dihancurkan. Setelah itu matikan api kompor dan tutuplah ramuan tersebut untuk menunggu selama 3-5 menit. Sebelum diminum, Anda perlu menyaringnya lebih dulu, lalu tambahkan madu. Konsumsilah teh ini diantara waktu makan agar lebih baik hasil yang didapat.

6. Minyak Jarak

Bahan satu ini tak hanya bisa dijadikan sebagai cara mengobati tangan keseleo dan bengkak atau cara mengobati alergi udang. Ada khasiat lainnya yang dapat minyak jarak tawarkan kepada Anda, termasuk mengobati masalah batu empedu. Bersifat anti inflamasi, rasa sakit karena batu empedu akan berkurang dan peradangan juga akan turut dinetralisir.

  • Caranya: Awali dengan menghangatkan secangkir minyak jarak murni di dalam sebuah wadah, kalau bisa pakailah panci. Kemudian ambil sepotong kain tipis yang bisa kemudian Anda rendam pada minyak hangat tersebut, dan peraslah. Kain tipis yang basah tadi dapat Anda pakai untuk membasahi bagian sisi kanan perut karena kandung empedu ada di sana. Gunakan selembar plastik untuk kemudian menutupi kain tipis tadi dan dilanjutkan dengan menaruh sekantong air panas di atas lembaran plastik tersebut paling tidak setengah sampai satu jam. Seminggu tiga kali adalah pengobatan yang dianjurkan supaya kesembuhan dapat terjadi total.

7. Milk Thistle

Jenis tanaman ini adalah tanaman baik yang memang di dalamnya terdapat kandungan silymarin yang pahit di mana produksi empedu dapat dirangsang olehnya. Ketika produksi empedu terstimulasi, maka batu empedu juga akan mudah keluar dari tubuh karena konsentrasinya yang turun. Bahkan untuk fungsi hati pun tanaman ini juga baik.

  • Cara 1: Sediakan biji milk thistle sebanyak 1 sendok makan dan gilinglah menggunakan penggiling kopi; atau bisa juga secara manual dengan memanfaatkan alu dan lesung. Biji yang telah hancur dapat dituang ke air sebanyak 3 gelas dan didihkan. Setelah api dimatikan, biarkan dulu kira-kira selama 20 menit sebelum akhirnya disaring dan ditambahkan madu. Minumlah 2-3 kali per harinya selama 1 minggu tanpa bolong dan lihat akan hasilnya.
  • Cara 2: Ada juga biji milk thistle dalam bentuk suplemen bila Anda tak ingin membuang waktu banyak dalam meramunya. Namun tentu saja dosis yang dikonsumsi harus tepat dan perlu dikonsultasikan lebih dulu dengan dokter. Pada umumnya, dokter bakal menganjurkan penderita batu empedu untuk mengonsumsi sebanyak 420 mg ekstrak milk thistle ini dibagi menjadi 3 kali konsumsi per harinya. Tapi kalau ada kandungan phosphatidylcholine, dosis standar yang disarankan adalah 100-200 mg 2-3 kali per harinya.

8. Dandelion

Ramuan obat batu empedu menggunakan dandelion memang tak akan membuat Anda menyesal karena bahan tersebut mengandung senyawa taraxacin yang akan mendukung ekskresi empedu dari hati. Bahan ini jugalah yang sangat membantu pula dalam membuat proses detoksifikasi lebih lancar dan memetabolisme lemak yang terakumulasi di bagian organ hati. Ketika fungsi hati kembali normal, tak salah lagi fungsi kandung empedu juga stabil kembali.

  • Cara 1: Tuang akar dandelion kering sebanyak 1 sendok teh ke dalam sebuah cangkir, dan beri air panas. Tutuplah untuk menyeduhnya sekitar 5 menit sebelum Anda boleh menyaringnya dan menambahkan madu secukupnya untuk penambahan rasa. Teh ini dapat dikonsumsi sebanyak 2-3 kali setiap harinya selama 2 minggu untuk melihat dan merasakan sendiri bukti serta hasilnya.
  • Cara 2: Siapkan teh herbal yang Anda bisa tambahkan dengan akar anggur Oregon sebanyak 1 sendok teh serta akar marshmallow 2 sendok teh ke air sebanyak 4 cangkir. Didihkan kurang lebih selama 15 menit dan Anda bisa mengangkatnya kemudian. Baru setelah itu Anda dapat memasukkan daun dandelion kering 2 sendok teh serta daun peppermint kering 1 sendok teh untuk diseduh selama 15 menit. Jangan lupa untuk menyaring lebih dulu sebelum dikonsumsi.
  • Cara 3: Cara lainnya yang dapat dipertimbangkan adalah dengan mengonsumsi salad dengan bahan utama sayuran lembut dandelion. Anda juga bisa mengukusnya bila mau.

9. Jus Sayuran

Para penderita batu empedu pasti akan dianjurkan untuk membatasi atau bahkan menghindari makanan yang berlemak dan gorengan. Salah satu tips diet sehat yang bisa dilakukan dalam masa penyembuhan adalah membuat jus sayuran dan mengonsumsinya secara rutin. Jus sayuran yang paling disarankan adalah campuran antara akar bit, wortel, serta mentimun.

Wortel dengan kekayaan vitamin C-nya sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara itu, mentimun dengan kandungan tinggi akan air dapat mendetoksifikasi kandung empedu dan organ hati. Akar bit pun tak kalah bermanfaat karena bahan inilah yang akan membuat kantong empedu lebih kuat dan organ hati pun menjadi lebih bersih karena peran dari akar bit ini.

  • Caranya: Ekstraklah jus dari sebuah mentimun, 4 buah wortel yang berukuran sedang, serta akar bit 1 buah saja. Campurkan jus ketiganya sampai merata dan jus bisa siap diminum sehari 2 kali. Obat ini dapat dikonsuksi 2 minggu berturut-turut dan nanti akhirnya Anda bakal merasakan sendiri ada kemajuan dalam masa penyembuhan batu empedu Anda. Asalkan konsumsi dilakukan rutin tanpa bolong, Anda akan dapat membuktikan keefektifan dari bahan alami satu ini.

10. Cuka Sari Apel

Selain baik untuk menurunkan gejala kolesterol, mengatasi tekanan darah tinggi, serta mencegah berbagai jenis-jenis penyakit jantung, cuka sari apel mampu mengobati batu empedu.

  • Cara 1: Untuk membuat ramuan obatnya, mulailah dengan mencampur cuka sari apel sebanyak 1 sendok makan ke dalam 1 gelas jus apel. Minumlah saat Anda terkena serangan batu empedu di mana seluruh tubuh rasanya terasa nyeri. Secara signifikan, dengan mengonsumsi obat alami ini, rasa nyeri pun bakal berkurang hanya dalam waktu 15 menit dari waktu Anda mengonsumsinya.
  • Cara 2: Alternatif cara meramu bahan satu ini adalah dengan menambah cuka sari apel ke segelas air hangat sebanyak 2 sendok teh serta jus lemon sebanyak 1 sendok teh. Ketika perut kosong setelah bangun pagi, konsumsilah ramuan ini, tapi hasil akan terasa ketika dilakukan secara rutin. Kurang lebih 2-3 minggu Anda bakal merasakan perbedaan dan kemajuan dalam kondisi kesehatan Anda. Batu empedu pun bakal dapat larut dan rasa nyeri pun akan dapat dicegah dengan baik.

11. Salmon

Ikan salmon tak salah lagi adalah salah satu makanan yang mengandung omega-3 tinggi dan baiknya kandungan ini adalah dapat mencegah batu empedu. Tak hanya dapat mencegah saja, buktikan juga bahwa omega-3 di dalam ikan jenis ini juga mampu membantu agar penyembuhan menjadi lebih cepat.

  • Caranya: Tak sulit untuk dapat menjadikan ikan salmon sebagai obat, karena Anda dapat mengonsumsinya seperti biasa saja. Mengonsumsinya pada frekuensi yang cukup sering adalah keputusan tepat. Ikan ini akan membantu penyembuhan batu empedu secara sempurna dan alami tanpa adanya efek samping berbahaya bagi tubuh.

12. Perubahan Gaya Hidup

Mengubah gaya hidup menjadi ke arah yang lebih sehat adalah penting bagi organ-organ tubuh kita. Dalam proses perubahan gaya hidup, diet pun menjadi hal utama yang memang perlu untuk dilakukan. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam diet sehat yang Anda bisa pertimbangkan dan laksanakan dalam kehidupan sehari-hari selama masa penyembuhan.

  • Cegah konstipasi atau sembelit karena batu empedu dapat terbentuk dengan mudah ketika Anda mengalami sembelit.
  • Bila kegemukan, kurangi berat badan. Caranya adalah dengan menjauhi atau membatasi makanan-makanan berlemak serta melakukan olahraga secara rutin. Makanlah dalam porsi kecil tapi sering, yakni 5-6 porsi, ketimbang 3 kali makan dalam porsi besar.
  • Minumlah banyak air putih dan hindari bahaya kurang minum air putih. Konsumsi 8-10 gelas per hari adalah yang paling baik.
  • Konsumsilah kopi setiap hari karena ini bagus untuk menyembuhkan batu empedu, asal tidaklah berlebihan. Konsumsi yang lebih dianjurkan adalah meminum 1-2 cangkir setiap hari. Kopi inilah yang akan melancarkan aliran empedu sehingga kondisi batu empedu pun dapat diatasi dengan cepat.
  • Dalam diet khusus ini, cobalah untuk konsultasikan dengan dokter serta pakar nutrisi untuk melakukannya dengan benar. Apabila Anda ragu apakah diet yang Anda hendak jalankan benar atau tidak, Anda bisa tanyakan kepada ahlinya.

13. Paprika

Tak banyak yang tahu bahwa paprika begitu manjur dalam membantu pemulihan dari penyakit batu empedu. Vitamin C dapat didapat juga dari paprika, terutama paprika merah tunggal yang per buahnya ada 95 mg sebagai kandungannya. Telah ditemukan dan dibuktikan oleh sebuah studi bahwa vitamin C yang melimpah di dalam tubuh seseorang akan menurunkan potensi dirinya terkena batu empedu.

Itulah alasan mengapa para wanita dan pria yang usianya sudah memasuki 15 tahun di Amerika Serikat didukung oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan vitamin C setidaknya 60 mg setiap harinya. Anda dapat memasaknya atau langsung memakannya, tergantung dari selera Anda. Mengonsumsinya sering-sering bakal menolong agar batu empedu cepat sembuh.

14. Kacang-kacangan

Selain jeruk sebagai salah satu jenis buah sitrus yang bagus dalam memenuhi kebutuhan vitamin C Anda, ada kacang polong, kacang lima, lentil, serta buncis yang termasuk golongan kacang-kacangan untuk mengobati batu empedu Anda. Hal ini bahkan sudah melalui sebuah penelitian dan telah dibuktikan bahwa para wanita yang mengonsumsi kacang-kacangan justru malah lebih tahan terhadap gangguan batu empedu ketimbang para wanita yang tak pernah atau bahkan jarang mengonsumsinya.

15. Daun Artichoke

Jenis daun ini sudah banyak digunakan sebagai obat, dan salah satunya adalah sebagai obat batu empedu. Daun artichoke ini juga dapat diambil ekstraknya agar dapat dikonsumsi oleh para penderita batu empedu. Tak hanya mengatasi, ekstrak daun ini pun diketahui sangat ampuh dan efektif dalam mencegah perkembangan batu empedu.

Jadi saat Anda mengalami atau merasakan adanya ketidakberesan pada tubuh di mana hal itu adalah gejala-gejala dari batu empedu, segera konsumsi ekstrak daun artichoke. Gejala tak akan dapat makin parah apabila Anda mengonsumsi ekstraknya secara rutin. Ekstrak dari daun artichoke adalah yang bisa Anda andalkan dalam mencegah dan mengobati.

16. Kunyit

Selain menjadi salah satu cara mengatasi jantung lemah secara alami dan aman, kunyit pun dipercaya mampu menyembuhkan penyakit batu empedu. Tak hanya baik bagi kandung empedu, kunyit pun termasuk di dalam makanan untuk penderita ambeiensehingga memang terbukti menyehatkan.

  • Caranya: Siapkan sesendok teh bubuk kunyit atau kunyit yang sudah dihancurkan. Lalu jangan lupa tuang madu ke atasnya yang kemudian dapat Anda masukkan ke dalam mulut dan telan. Obat ini cukup mudah tanpa harus meramunya dalam waktu yang lama. Konsumsi obat ini setiap hari akan menghilangkan batu empedu yang mengkhawatirkan Anda.

Image result for batu empedu