Minuman Yang Membersihkan Usus Besar

Minuman Yang Membersihkan Usus Besar

Apakah Anda merasa bahwa Anda memiliki usus yang bersih? Pernahkah Anda berpikir bahwa sebenarnya sisa makanan yang kita konsumsi masih tersisa di dalam usus? Apakah Anda merasa baik-baik saja jika usus Anda kotor? Lalu, Apa akibat yang ditimbulkan dari usus yang kotor tersebut bagi kesehatan? Usus merupakan salah satu organ manusia yang mempunyai tugas untuk mengolah makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Usus dapat disebut sebagai organ tubuh manusia yang memiliki kinerja yang cukup tinggi dan juga berat. Usus merupakan organ yang langsung mengolah makanan kita secara langsung dan juga menyalurkannya ke dalam organ tubuh lainnya. Tentunya, usus kita harus tetap kita jaga karena hal ini dapat menyebabkan penyumbatan lainnya yang akan menimbulkan gejala penyakit yang lebih berbahaya. Maka dari itu berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Minuman Yang Membersihkan Usus Besar.

1. Air Garam

Cegah Penyakit! Ini 5 Minuman Sehat yang Ampuh Bersihkan Usus Besar

Air garam sangat direkomendasikan untuk individu yang mengalami sembelit. Sebuah studi dalam The Journal of Alternative and Complementary Medicine menunjukkan bahwa air garam berpotensi dapat membersihkan usus besar, terlebih jika dikombinasikan dengan pose yoga tertentu.

Jika kamu sering mengalami sembelit di pagi hari, cobalah untuk meminum campuran dua sendok teh garam dengan segelas air hangat. Minumlah saat perut dalam keadaan kosong dan kamu akan langsung merasakan efeknya dalam beberapa menit saja.

2. Jus Apel

Cegah Penyakit! Ini 5 Minuman Sehat yang Ampuh Bersihkan Usus Besar

Dilansir penelitian dalam jurnal Advances in Nutrition, apel mengandung pektin, serat yang memiliki sifat tidak larut dan larut, sehingga mampu membantu mengangkat kotoran dan membuatnya mudah dikeluarkan dari usus.

Ini tentunya dapat membantu kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Selain itu, apel juga dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu perlu meminum jus yang terbuat dari satu buah apel utuh yang dicampur dengan satu gelas air. Kemudian, 30 menit setelah meminum jus apel, segeralah minum segelas air putih. Lakukan langkah ini minimal selama 3 hari berturut-turut.

3. Yoghurt

Cegah Penyakit! Ini 5 Minuman Sehat yang Ampuh Bersihkan Usus Besar

Di dalam usus kita, terdapat banyak bakteri baik. Lantas, berkurangnya jumlah bakteri baik ini dapat memicu serangkaian masalah pencernaan dan kesehatan.

Menurut studi dalam Journal of Dairy Science, yoghurt adalah minuman probiotik alami yang dapat membantu memulihkan flora usus yang bermanfaat.

Yoghurt juga merupakan sumber antioksidan yang tinggi sehingga konsumsi yoghurt setiap hari dapat membantu mempertahankan tingkat probiotik dalam tubuh yang kemudian membantu membersihkan usus besar.

4. Cuka Sari Apel

Cegah Penyakit! Ini 5 Minuman Sehat yang Ampuh Bersihkan Usus Besar

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medscape General Medicine, cuka sari apel memiliki sifat antioksidan dan antibiotik yang bermanfaat untuk menyehatkan usus.

Cuka sari apel bersifat antibiotik karena adanya bakteri yang disebut acetobacter yang membantu menjaga fungsi usus dan melancarkan pencernaan. Selain itu, sifat asam dari cuka sari apel juga dapat menambah keasaman perut, menghilangkan racun, dan membantu menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu hanya perlu mencampurkan 1-2 sendok makan cuka sari apel dan 1 sendok makan madu murni ke dalam segelas air hangat. Kemudian, minum larutan cuka sari apel ini setiap pagi.

5. Jus Lidah Buaya dan Lemon

Cegah Penyakit! Ini 5 Minuman Sehat yang Ampuh Bersihkan Usus Besar

Dilansir jurnal Pharmacognosy Reviews, konsumsi lidah buaya dapat membantu meningkatkan gerakan usus. Selain itu, kandungan senyawa bioaktif dan antioksidan dalam lidah buaya dapat memberikan sifat detoksifikasi dan pencahar yang luar biasa sehingga dapat membantu membersihkan usus besar.

Sedangkan, lemon kaya akan vitamin C yang meningkatkan metabolisme dan dapat membantu detoksifikasi serta mengandung antioksidan alami yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Ditambah, menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Research, diet lemon ternyata bisa mengurangi lemak tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat ini, campurkan 200 mg gel lidah buaya dengan 2 sendok teh jus lemon. Kemudian, larutkan dengan 1 atau 2 gelas air, lalu aduk rata dan dinginkan selama 3 atau 4 jam. Setelah itu, jus lidah buaya dan lemon siap diminum.

Nah, itu tadi beberapa minuman yang dapat membersihkan usus besar. Semua bahannya mudah ditemukan dan mudah dibuat, bukan? Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mempraktikkan!