Categories
Tentang Pengobatan Tentang Penyakit Tips Kesehatan

Minuman Penurun Panas Demam Alami

Minuman Penurun Panas Demam Alami

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Cara Mengatasi Kista Tanpa Operasi , Makanan Penambah Hormon , Manfaat Kulit Ayam Untuk Kesehatan , Manfaat Jahe Mentah , Minuman Penurun Panas Demam Alami , Buah Penurun Panas Demam , Manfaat Jahe Lemon , Manfaat Olahraga Lari Lintas Alam , Manfaat Tidur Siang , Manfaat Pohon Kina
Minuman Penurun Panas Demam Alami

Demam adalah suatu keadaan saat suhu badan melebihi 37oC yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Demam juga merupakan pertanda bahwa sel antibodi manusia ( sel darah putih ) sedang melawan suatu virus atau bakteri. Anak yang memiliki suhu tinggi karena suhu tinggi berkepanjangan dapat menyebabkan sawan. Demam yang melebihi 3 hari mungkin merupakan malaria atau penyakit yang disebabkan oleh nyamuk lainnya.Penanganan demam biasanya dengan diberikan obattipire misalnya golongan acetaminopen. Nah jika anda ingin menghindari demam ataupun cara meredahkan demam , maka simak ulasan berikut ini mengenai Minuman Penurun Panas Demam Alami :

  1. Air Putih

Air putih adalah minuman sumber cairan bagi tubuh yang wajib untuk dikonsumsi lebih banyak ketika sedang demam. Apapun penyebab demam tinggi Anda, air putih mampu menetralkan kembali suhu tubuh sekaligus mencegah berbagai keluhan gejala lain yang umumnya menyertai demam, seperti sakit kepala dan sakit tenggorokan.

  1. Susu

Susu campur madu adalah contoh minuman yang segar bagi para penderita panas demam dan termasuk jenis minuman yang menyehatkan. Ini karena susu dingin yang ditambah dengan madu murni (pastikan untuk mengetahui ciri-ciri madu asli) tak hanya menurunkan suhu tubuh yang tinggi, tapi juga sanggup meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Air Kelapa

Kita tahu betul bahwa air kelapa biasanya adalah minuman yang diperlukan sebagai penawar racun alami. Tapi lebih dari itu, air kelapa dapat dikonsumsi sebagai pencegahbahaya dehidrasi dan menggantikan ion yang sempat hilang. Air kelapa pun menjadi penyeimbang elektrolit yang mengalami gangguan dalam tubuh sekaligus pengatur suhu tubuh yang efektif.

  1. Jus Jeruk

Jeruk dikenal sebagai buah penurun panas demam yang ampuh, jadi mengolahnya sebagai jus akan membantu Anda dalam menurunkan panas demam secara efektif. Anda bisa membuat jus campuran jeruk dan delima ditambah melon oranye jika suka. Jus ini dianjurkan untuk dikonsumsi 4 jam sekali supaya demam cepat turun.

  1. Air Kapulaga

Selain dapat memberi masakan tambahan rasa dengan air kapulaga ini, Anda bisa memanfaatkan air alami ini untuk dikonsumsi ketika panas demam menyerang. Ya, air kapulaga berkhasiat sebagai penurun panas tubuh secara alami tanpa memberikan efek samping berbahaya sehingga patut Anda pertimbangkan dan andalkan.

  1. Jus Pisang

Pisang yang kaya akan kalium tak hanya baik untuk menjaga kesehatan otot dan sendi, tapi juga sangat berguna dalam menurunkan demam. Olahlah pisang 100 gram bersama dengan air matang 30 ml serta jeruk manis 75 gram, diblender dan ditambahkan dengan sesendok teh madu. Minumlah rutin sampai suhu tubuh turun.

  1. Jus Semangka

Kita semua tahu bahwa semangka adalah buah yang berkandungan air tinggi sehingga bukan hanya menyegarkan dan bisa mencegah kekurangan cairan pada tubuh, melainkan juga mampu menjadi penurun suhu tubuh yang tinggi. Para penderita demam yang mengonsumsi jus semangka akan terbantu untuk lebih cepat pulih.

  1. Jus Buah Persik

Saat panas demam melanda, suhu tinggi tubuh ini bisa coba Anda turunkan dengan mengonsumsi jus buah persik. Buah persik sendiri adalah sumber makanan yang mengandung vitamin A sekaligus menawarkan vitamin B2 sehingga akan menutrisi tubuh dan mempercepat penyembuhan sambil mencegah dehidrasi tubuh dan kulit.

  1. Jus Aprikot

Jus aprikot merupakan salah satu minuman yang tak hanya menjadi pelepas dahaga yang efektif, meminum segelas jus ini setiap hari selama suhu tubuh tinggi akan mampu menurunkannya secara alami. Jadi ketika mungkin Anda ingin sedikit variasi, masukkan minuman ini ke dalam menu harian khususnya untuk dikonsumsi sampai panas demam turun.

  1. Jus Melon

Melon adalah buah yang tak kalah menyegarkannya dari semangka, setuju bukan? Kabar baiknya, mengolah melon 100 gram dikombinasi dengan buah delima 75 gram ditambah dengan air matang ½ gelas dan diblender bersama akan menghasilkan jus segar yang bila diminum rutin bisa membantu menurunkan demam secara ampuh.

  1. Jus Blewah dan Manggis

Anda cukup perlu mencampurkan buah manggis 50 gram bersama blewah matang 100 gram untuk diblender bersama air matang ½ gelas. Minuman menyegarkan ini siap untuk menjadikan tubuh jauh lebih baik dan demam pun dapat turun secara alami sekaligus menghidrasi tubuh secara maksimal.

  1. Teh Herbal

Teh herbal pun dapat Anda andalkan untuk menurunkan demam dan jenis-jenis teh herbal inilah yang perlu Anda buat dan konsumsi selama demam:

  • Teh calendula
  • Teh peppermint
  • Teh kemangi
  • Teh oregano
  • Teh jahe
  • Teh daun raspberry

Jadi, itulah daftar minuman penurun panas demam alami nan ampuh yang bisa Anda coba konsumsi agar selama suhu tubuh meningkat. Tak hanya minuman-minuman tersebut, mengonsumsi makanan untuk orang demam tinggi juga diperlukan agar kondisi bisa lebih cepat membaik.