Categories
Makanan Kesehatan Minuman Kesehatan Tips Kesehatan

Anjuran Kesehatan Agar Panjang Umur

Anjuran Kesehatan Agar Panjang Umur

Umur seseorang memang tidak dapat diprediksi. Akan tetapi, ada cara yang bisa Anda lakukan agar panjang umur dan selalu sehat. Untuk mengetahui apa saja rahasia panjang umur tersebut, simak artikel berikut ini!

Panjang umur, sehat, dan bahagia adalah 3 hal yang menjadi impian banyak orang. Walaupun umur tidak dapat diprediksi, mensyukuri nikmat hidup saat ini adalah salah satu cara untuk lebih menghargai hidup dan lebih bahagia.

Sedangkan untuk tetap sehat dan panjang umur, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan dan jadikan kebiasaan. Berikut merupakan Anjuran Kesehatan Agar Panjang Umur yang akan kami berikan dibawah ini.

1. Minum dua liter air putih setiap hari.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa


Banyak yang bilang jika air adalah sumber kehidupan. Begitu pun dengan tubuh manusia yang sangat bergantung pada air putih. Sayangnya, masih banyak yang lalai untuk minum air putih setiap hari. Tak heran jika para ahli kesehatan sering menganjurkan untuk minum dua liter atau delapan cups air putih setiap harinya. Pasalnya dehidrasi memiliki konsekuensi yang serius jika dibiarkan, terutama bagi orang dewasa dan lansia.

2. Terpapar sinar matahari.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa


Meski terlalu banyak terpapar sinar matahari kerap menjadi larangan karena bahayanya sinar UV, akan tetapi ternyata kurang terpapar sinar matahari juga tidak baik bagi tubuh. Hal ini karena sinar matahari dapat meningkatkan vitamin D dalam tubuh. Maka dari itu, habiskan waktu sekitar 10-15 menit di bawah sinar matahari tanpa tabir surya untuk mendapatkan manfaatnya tanpa merusak kulit.

3. Berpikir positif tentang pertambahan usia.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa


Beberapa penelitian menyebutkan jika memiliki pikiran negatif tentang pertambahan usia dapat meningkatkan risiko terkena penyakit demensia dan sejumlah penyakit lain. Maka dari itu, jangan biarkan pikiran negatif menjadi tua terus menghantuimu. Fokuskan dirimu pada hal-hal positif saja.

4. Memiliki kehidupan sosial yang aktif.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa


Seiring bertambahnya usia, memelihara kehidupan sosial dan aktif dalam pergaulan merupakan hal yang sangat penting jika ingin panjang umur. Pasalnya, jika kamu terlalu menutup diri dari keluarga dan teman dapat menyebabkan munculnya depresi dan bahkan kematian dini. Jangan ragu mengajak dan menerima ajakan teman untuk sekadar kumpul atau berbagi kabar.

5. Menghindari stres dan benar-benar menikmati kehidupan.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa


Ketika kamu semakin bertambah tua, mungkin pikiran tentang kematian akan mulai menghantui. Terus menerus memikirkan kematian ternyata bisa jadi membuatmu benar-benar mati. Ya, stres berlebihan dapat menimbulkan penyakit. Oleh karena itu, nikmati hidupmu dengan sebaik mungkin dan coba ceritakan kekhawatiranmu pada teman untuk mendapat bantuan.

6. Tidur cukup yang berkualitas.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa


Para ahli kesehatan merekomendasikan orang di atas 65 tahun harus mempunyai waktu tidur setidaknya 7 sampai 8 jam setiap malam. Ya, setiap orang dewas memang dainjurkan untuk memiliki waktu tidur tersebut jika tidak ingin menimbulkan risiko terkena penyakit yang berbahaya.

7. Mengurangi asupan gula.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa


Tahukah kamu jika mengonsumsi terlalu banyak gula benar-benar dapat membunuhmu? Namun hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi gula dalam jumlah yang wajar. Mengonsumsi gula dalam jumlah melebihi batas setiap hari tidak baik untuk kesehatan jantung dan otakmu. Maka dari itu, kurangi asupan gula jika ingin panjang umur.

8. Perbanyak konsumsi ikan dan kacang-kacangan.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa


Mereka yang mengikuti metode diet Mediterranean menunjukkan mempunyai hidup yang lebih panjang dan tidak banyak mengalami penyakit karena pertambahan usia seperti demensia. Hal ini rupanya karena metode diet Mediterranean lebih banyak mengharuskan pengikutnya untuk menyantap ikan dan kacang-kacangan yang mengandung lemak baik.

9. Melakukan gerakan-gerakan kecil saat bekerja atau duduk.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa


Terlalu banyak duduk atau duduk lebih dari dua jam ternyata dapat menimbulkan risiko terkena penyakit serius selain masalah berat badan. Kebiasaan ini tidak baik untuk jantung dan otot tubuh lainnya. Untuk itu, lakukan gerakan-gerakan kecil atau berjalan kaki selama 5 hingga 10 menit setiap satu jam.

10. Berolahraga minimal 150 menit atau 2,5 jam dalam seminggu.

anjuran panjang umur © 2019 Istimewa


Untuk memiliki tubuh sehat ternyata kamu tidak harus menghabiskan waktu berjam-jam di gym atau berolahraga. The American Heart Association menganjurkan berolahraga minimal 150 menit setiap minggunya. Kamu cukup menghabiskan waktu 30 menit dalam 5 hari untuk berolahraga demi mempunyai tubuh yang fit dan sehat.

Categories
Minuman Kesehatan Tips Kesehatan

Minuman Pereda Nyeri Rematik

Minuman Pereda Nyeri Rematik

Nyeri rematik atau dikenal juga dengan nyeri sendi maupun rheumatoid arthritis biasanya dialami oleh orang yang sudah berusia senja, sekitar 40 tahun ke atas. Nyeri rematik bisa muncul di berbagai bagian tubuh, namun paling sering menyerang pada bagian lutut.

Nyeri rematik terjadi karena tulang manusia mengalami pengapuran. Hal ini ditandai dengan rusaknya tulang rawan yang melindungi persendian. Pada umumnya nyeri rematik muncul karena adanya riwayat keluarga, faktor usia lanjut, dan obesitas atau kegemukan.

Nyeri rematik bisa diredakan dengan beberapa jenis minuman alami yang mudah didapatkan. Jadi, kamu bisa segera cepat tanggap bila tidak mempunyai obat pereda nyeri. Apalagi karena merupakan bahan alami, maka minuman ini aman dikonsumsi dan baik bagi kesehatan. Berikut TradisionalSehat akan memberikan anda beberapa Minuman Pereda Nyeri Rematik yang bisa anda coba.

1. Jahe.

minuman pereda nyeri rematik pixabay

Jahe merupakan bahan penting untuk memasak, namun jahe juga bisa dikonsumsi dengan cara diminum. Jahe tak hanya memiliki manfaat penting untuk memasak, tetapi juga bisa menjadi obat. Senyawa yang ada pada jahe memiliki sifat anti-inflamasi. Jahe terbukti dapat mengurangi pembengkakan sendi akibat nyeri rematik.

2. Teh hijau.

minuman pereda nyeri rematik pixabay

Teh hijau merupakan minuman paling populer di dunia. Teh hijau terbukti berhasil digunakan untuk mengurangi peradangan pada tubuh. Teh hijau dapat digunakan untuk mengobati radang sendi akibat rematik dalam bentuk minuman, tablet, ataupun tincture.

3. Kunyit.

minuman pereda nyeri rematik pixabay

Kunyit adalah bubuk kuning yang terbuat dari tanaman berbunga terkait. Biasanya digunakan untuk memasak kari. Kunyit mengandung sifat anti-inflamasi. Bahan aktif dalam kunyit, telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama bertahun-tahun. Kunyit dapat bekerja paling baik dalam memerangi nyeri sendi saat rematik muncul. Kamu bisa mengolahnya jadi minuman dengan mencampurkannya dengan tetesan lemon.

4. Lemon.

minuman pereda nyeri rematik pixabay

Lemon kaya akan vitamin C, zat anti-inflamasi, dan antiseptik yang baik. Lemon terbukti berguna untuk mengobati nyeri saraf dan menenangkan pembuluh darah. Sebab itulah lemon dapat meredakan nyeri rematik. Kamu bisa mengolahnya menjadi minuman hangat maupun berbentuk jus.

5. Jus nanas.

minuman pereda nyeri rematik pixabay

Nanas memiliki kandungan zat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Buah berwarna kuning ini mengandung bromelain, enzym protein yang dapat mengatasi inflamasi. Nanas bisa digunakan sebagai ramuan alami untuk mengatasi nyeri pada lutut karena rematik.

6. Jus apel.

minuman pereda nyeri rematik pixabay

Apel mengandung malic acid yang dapat meredakan nyeri rematik. Pilihan terbaik adalah apel hijau. Apel hijau kaya akan vitamin A, C, dan pelifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan inilah yang dpat mencegah dan meredakan nyeri pada tubuh. Kamu bisa makan atau minum jus apel setiap pagi secara rutin.

7. Jus pepaya.

minuman pereda nyeri rematik pixabay

Pepaya merupakan salah satu obat tradisional yang dijadikan untuk menyembuhkan dan meringankan rasa sakit nyeri rematik. Buah lezat ini mengandung antioksidan dan kaya akan vitamin C. Kandungan yang ada di pepaya sangat baik bagi kamu yang sering mengalami keluhan nyeri.

8. Kopi.

minuman pereda nyeri rematik pixabay

Dilansir dari arthritis.org, kopi mengandung antioksidan polifenol. Itu berarti kopi dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh, yang menyebabkan kerusakan sel. Penelitian lain menunjukkan kopi juga memiliki efek perlindungan terhadap nyeri rematik.

9. Jus semangka.

minuman pereda nyeri rematik pixabay

Semangka terbukti baik untuk mengatasi nyeri sendi. Segelas jus semangka setiap pagi dan malam hari dapat membantumu mengatasi rasa sakit yang datang karena rematik. Kamu bisa memilih semangka yang tanpa biji, agar tak ribet saat kamu ingin menjadikannya jus.

10. Bluberry.

minuman pereda nyeri rematik pixabay

Bluberry atau buah sejenisnya dapat dijadikan menjadi smoothie yang lezat. Buah sejenis bluberry mengandung antioksidan tinggi. Mengonsumsi buah beri dapat memberi vitamin dan nutrisi dalam dosis besar. Smoothie buah ini penuh dengan bakteri baik yang dikenal sebagai probiotik dan juga banyak vitamin. Namun pastikan kamu membuat smoothie rendah gula.

11. Air putih.

minuman pereda nyeri rematik pixabay

Air putih memiliki manfaat besar bagi tubuh. Setiap hari orang dianjurkan untuk minum 8 sampai 12 gelas perhari. Air putih dapat mengeluarkan zat racun di dalam tubuh.

Categories
Makanan Kesehatan Minuman Kesehatan Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Makanan Pencegah Kanker Otak

Makanan Pencegah Kanker Otak

Kanker masih menjadi momok mematikan bagi setiap orang yang mendengarnya. Meski belum diketahui pasti penyebab kanker, bukan berarti kita hanya bisa pasrah saja menghadapi penyakit tersebut. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kanker dapat dilawan dan dicegah dengan menjalani pola hidup sehat. Memilih makanan yang sehat dan olahraga rutin bukan hanya dapat mencegah kanker, melainkan penelitian juga menunjukkan bahwa makanan yang tepat dapat menghentikan perkembangan sel kanker. Berikut adalah Makanan Pencegah Kanker Otak.

1. Brokoli.

makanan kanker otak unsplash

Brokoli mengandung sulforaphane, senyawa yang telah terbukti menyebabkan kematian sel tumor dan mengurangi ukuran tumor. Asupan lebih tinggi dari sayuran silangan ini juga dapat dikaitkan dengan risiko kanker menjadi yang lebih rendah.

2. Tomat.

makanan kanker otak unsplash

Tomat dikenal dapat mencegah sel kanker dengan baik. Tomat mengandung senyawa likopen sebagai zat antiinflamasi antioksidan dan mencegah pertumbuhan kanker.

Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau diolah dimasak menjadi campuran masakan dan dibuat jus sebagai minuman.

3. Bayam.

makanan kanker otak unsplash

Bayam mengandung manfaat baik bagi tubuh sama dengan brokoli. Bayam merupakan satu sayuran yang dapat melemahkan sel kanker dalam tubuh hingga membunuhnya.

Cara mengonsumsi sayuran yang satu ini beragam. Kamu bisa mengolahnya menjadi menu makanan sayur bening atau juga bisa dimakan langsung sebagai salad.

4. Apel.

makanan kanker otak unsplash

Apel menjadi buah yang kaya akan vitamin dan baik dikonsumsi untuk tubuh. Mengonsumsi satu buah apel setiap hari bisa meningkatkan kekuatan tubuh untuk melawan zat radikal bebas yang akan masuk. Cara mengonsumsi apel disarankan secara langsung, tanpa proses olahan.

5. Jeruk.

makanan kanker otak unsplash

Jeruk mengandung vitamin C tinggi dan sangat baik untuk melindungi otak dari pertumbuhan sel kanker. Jeruk yang mengandung zat antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Konsumsi jeruk ini disarankan secara langsung atau berbentuk buah alami bukan olahan.

6. Salmon.

makanan kanker otak unsplash

Salmon mengandung lemak Omega-3 yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Dilansir dari healthline, salmon sudah terbukti dapat membantu melindungi tubuh terhadap kanker, termasuk kanker otak. Lemak sehat yang ada di dalam salmon mampu mengurangi peradangan.

7. Nanas.

makanan kanker otak unsplash

Tak ada yang menyangka, nanas dapat mencegah kanker otak dengan baik. Nanas mengandung zat antikarsinogenik yang dapat melawan sel kanker berkembang biak.

Zat ini juga dapat melindungi sel-sel sehat dalam tubuh dari kerusakan. Kandungan vitamin C yang terdapat pada nanas juga merupakan antioksidan yang dapat melawan sel kanker.

8. Kacang-kacangan.

makanan kanker otak unsplash

Kacang-kacangan sangat baik bagi pencegahan kanker otak. Kacang mengandung serat tinggi dan asam lemak yang berperan untuk melindungi otak dari kanker.

Konsumsi jenis kacang seperti kacang putih, hijau, merah, atau kecang jenis lainnya. Kacang juga dapat mencegah penyebaran sel kanker ke jaringan tubuh lain.

9. Teh hijau.

makanan kanker otak unsplash

Teh hijau merupakan minuman yang tak hanya dikenal lezat, namun juga mengandung banyak manfaat lain untuk tubuh. Teh hijau dapat menjaga kesehatan otak dari serangan ganasnya sel kanker. Teh hijau juga dipercaya dapat mencerdaskan fungsi otak menjadi lebih baik.

10. Kunyit.

makanan kanker otak unsplash

Kunyit merupakan rempah-rempah tradisional yang mengandung antioksidan tinggi. Cara mengonsumsi kunyit ini dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Kamu bisa mencampurkannya menjadi bumbu masakan atau mengolahnya jadi minuman. Kunyit mengandung senyawa yang bisa mencegah proses peradangan yang sering memicu sel kanker dalam otak tumbuh.

Categories
Makanan Kesehatan Minuman Kesehatan Tips Kesehatan

Khasiat Jeruk Limau Mencegah Kanker

Khasiat Jeruk Limau Mencegah Kanker

Cancer Causes, Types, Treatment, Symptoms & Signs

Jeruk limau umumnya dijadikan pelengkap bumbu kacang di siomay. Selain memiliki citarasa khas, kecut, dan pahit, buah satu ini juga memiliki  aroma segar yang menggoda. Tak hanya itu, jeruk limau ternyata juga memiliki segudang manfaat kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Yuk, simak berbagai Khasiat Jeruk Limau dalam Mencegah Kanker di bawah ini.

1. Meningkatkan imunitas
Jeruk limau kasturi
Kaya akan vitamin C, limau kasturi sering digunakan untuk meningkatkan imun tubuh sejak dulu. Kandungan antioksidan dan antibakterial dalam limau kasturi juga dapat menstimulasi produksi sel darah putih, dan melawan dampak buruk radikal bebas.
2. Mengontrol gula darah
Jeruk limau kasturi
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Science and Research, limau kasturi dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dan insulin ke dalam aliran darah. Sehingga, kadar gula darah dapat terkontrol. Karenanya, buah ini baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.
3. Menurunkan berat badan
Ilustrasi timbangan berat badan
Limau kasturi telah lama dikenal manfaatnya dalam menurunkan berat badan. Tak hanya meningkatkan metabolisme, mengkonsumsi limau kasturi juga dapat mengeluarkan racun tubuh yang berpengaruh pada penyimpanan lemak. Campurkan air perasan limau dengan teh tawar panas dan minumlah secara rutin.
4. Meningkatkan kesehatan pernapasan
Jeruk limau kasturi
Kadar asam sitrus yang tinggi pada air limau, membantu mengurangi dahak dan lendir penyebab infeksi. Selain itu, limau kasturi juga bisa membantu meredakan peradangan di tenggorokan dan saluran pernapasan.
5. Mengontrol kadar kolesterol
Jeruk limau kasturi
Selain menjaga kestabilan gula darah, limau kasturi dapat membantu mengontrol kadar kolesterol tubuh. Tingkat kolesterol yang stabil akan membuat kita terhindar dari sindrom metabolik. Konsumsi limau kasturi juga dapat menurunkan risiko munculnya penyakit jantung dan stroke.
6. Mendetoks tubuh
Jeruk limau kasturi
Air limau kasturi dipercaya dapat menstimulasi urin dan membersihkan organ hati. Bukan itu saja, kandungan antimirobanya juga bisa meningkatkan kinerja hati, ginjal, dan kantong empedu dalam membersihkan sisa racun tubuh.
7. Meningkatkan produksi kolagen
Jeruk limau kasturi
Limau kasturi kaya akan vitamin C yang berperan penting dalam meningkatkan produksi kolagen. Senyawa kolagen ini berperan dalam memproduksi jaringan, otot, dan sel-sel tubuh. Perasan airnya dapat menghasilkan asam askorbat yang mempercepat penyembuhan luka, cedera, atau bekas operasi.
Categories
Minuman Kesehatan Tips Kesehatan

Khasiat Daun Kelor Untuk Rahim

Khasiat Daun Kelor Untuk Rahim

Kenali 13 Manfaat Daun Kelor yang Baik Untuk Kesehatan

Daun kelor kerap digunakan untuk obat tradisional dan ritual. Namun ternyata daun kelor memiliki segudang manfaat untuk kecantikan hingga kesehatan. Tanaman kelor bisa tumbuh dengan mudah di daerah tropis seperti Indonesia. Karena itu daun kelor kerap digunakan oleh beberapa orang. Namun tidak banyak yang tahu manfaat daun kelor. Berikut merupakan Khasiat Daun Kelor Untuk Rahim yang harus diketahui oleh wanita . simak ulasannya dibawah ini.

1. Nutrisi yang tinggi.

Manfaat daun kelor © 2019 brilio.net

Daun kelor adalah sejenis tumbuhan yang tumbuh dengan cepat, memiliki umur yang panjang, berbunga sepanjang tahun, dan tahan akan kondisi panas ekstrem. Daun kelor mengandung vitamin dan mineral yang banyak dan lengkap lho. Di samping itu, daun kelor juga mempunyai kandungan asam amino yang baik bagi tubuh.

2. Mencegah kecacatan bayi dalam kandungan.

Manfaat daun kelor © 2019 brilio.net

Daun kelor mengandung bahan polifenol, flavonoid, dan asam askorbat. Ketiga zat tersebut dipercaya mampu membantu untuk mencegah terjadinya kerusakan pada DNA dan degradasi DNA pada janin. Dengan mengonsumsi daun kelor, risiko bayi mengalami kecacatan semakin menurun.

3. Meningkatkan energi dalam tubuh.

Manfaat daun kelor © 2019 brilio.net

Selama masa kehamilan sangat mungkin terjadi seorang ibu yang hamil merasa kelelahan. Daun kelor bisa jadi pilihan untuk meningkatkan energi dan daya tahan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi daun kelor secara rutin. Kandungan antioksidan pada daun kelor mampu mencegah kerusakan sel dan menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

4. Mengurangi risiko diabetes getasional yang menyerang kehamilan.

Manfaat daun kelor © 2019 brilio.net

Diabetes gestasional merupakan kondisi yang terjadi selama kehamilan. Diabetes ini dapat memengaruhi cara sel kamu menggunakan glukosa yang bisa membuat gula darah tinggi. Kondisi tersebut dapat mengganggu kehamilan, baik kesehatan ibu maupun anak bisa terganggu.

5. Membantu mencegah sel kanker.

Manfaat daun kelor © 2019 brilio.net

Daun kelor terkenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Nggak heran kalau daun kelor mampu membantu mencegah sel kanker. Bahkan kandungan antioksidan daun kelor melebihi anggur merah, bawang putih, dan teh hijau. Berbagai senyawa antioksidan ini mampu mempercepat regenerasi sel DNA  dan mencegah kerusakan berbagai sel tubuh.

6. Membantu kualitas tidur menjadi lebih baik.

Manfaat daun kelor © 2019 brilio.net

Insomnia sering kali menyerang ibu hamil, hal ini wajar terjadi karena adanya perubahan kondisi tubuh yang sering membuat tidak nyaman. Daun kelor mengandung asam amino yang mampu menjaga syaraf untuk menjadi lebih nyaman. Daun kelor bisa dikonsumsi agar ibu hamil bisa terlelap tidur dan merasa lebih rileks.

7. Mengurangi risiko penyakit yang disebabkan peradangan.

Manfaat daun kelor © 2019 brilio.net

Peradangan dapat menjadi permasalahan serius dalam tubuh dan merusak organ, terutama bagi ibu hamil. Jika peradangan terjadi, jangan dibiarkan begitu saja.Peradangan bisa mengakibatkan munculnya risiko kelainan jantung pada bayi. Kandungan yang terdapat pada daun kelor dapat mengatasi peradangan dan membantu mengurangi munculnya inflamasi atau peradangan.

8. Dipercaya baik untuk wanita menopause.

Manfaat daun kelor © 2019 brilio.net

Daun kelor dipercaya dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan pada wanita yang mengalami menopause. Untuk mengolahnya disarankan daun kelor dikonsumsi dalam bentuk bubuk.Memasuki masa menopause, kadar antioksidan di tubuh akan menurun akibat berkurangnya produksi hormon estrogen. Tetapi, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui manfat daun kelor tersebut.

9. Menjaga kesehatan otak saat hamil.

Manfaat daun kelor © 2019 brilio.net

Selama kehamilan, sangat penting untuk menjaga kesehatan otak. Kandungan vitamin C dan E yang tinggi pada daun kelor dapat membantu mencegah penurunan fungsi syaraf otak. Selain itu, daun kelor juga dipercaya bisa mengatasi mood-swing atau perubahan suasana hati yang terjadi selama kehamilan.

10. Menjaga kesehatan liver.

Manfaat daun kelor © 2019 brilio.net

Daun kelor memiliki kandungan polifenol yang sangat tinggi. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan polifenol memiliki peran sebagai antioksidan dan mampu mengurangi risiko penyakit jantung, pembuluh darah, kanker, dan liver. Kandungan ini penting untuk menjaga kesehatan liver dan dapat mencegah racun yang menumpuk.

Cara mengolah daun kelor:

Banyak cara mengolah daun kelor agar bisa dikonsumsi bagi wanita ataupun ibu hamil. Langkah ini dapat kamu praktikkan dengan mudah di rumah. Terdapat dua cara mengolah daun kelor yang praktis, antara lain:

– Merebus daun kelor.

Kamu cukup mencuci daun kelor dan merebusnya hingga mendidih. Selanjutnya saring daun kelor dengan air rebusannya. Nah bagian yang bisa dikonsumsi adalah air rebusan daun kelor. Air tersebut sebaiknya diminum tanpa campuran apapun.

– Membuat bubuk daun kelor.

Cara mudah selanjutnya adalah mengolah daun kelor menjadi bubuk. Caranya cukup cuci bersih daun kelor, kemudian jemur hingga kering. Lalu tumbuk hingga halus dan saring bubuk dan kelor agar mendapatkan hasil yang lebih halus. Kamu dapat mengonsumsinya dengan mencampurkan pada makanan atau minuman. Mudah, bukan?

Categories
Minuman Kesehatan

Manfaat Jus Nanas

Manfaat Jus Nanas

Portion of fresh Pineapple Juice in a glass

Apakah Anda menyukai buah nanas? Buah kuning dengan daging yang berair ini tak hanya lezat, namun juga menyegarkan. Anda pun dapat menemukannya dengan mudah, baik di swalayan ataupun di pasar. Umumnya, nanas dimakan secara langsung ataupun dijadikan jus. Tak kalah dengan buahnya, manfaat jus nanas juga baik untuk tubuh karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Nah , berikut ini kami akan memberitahu apasaja sih Manfaat Jus Nanas untuk kesehatan.

1. Kandungan Nutrisi Jus Nanas

Jus nanas biasanya terbuat dari campuran nanas dan sedikit air. Rasanya sangat menyegarkan apalagi jika ditambahkan es batu.

Selain menyegarkan, jus nanas juga sangat menyehatkan. Dalam 240 ml jus nanas menyimpan banyak sekali kandungan nutrisi. Utamanya mengandung 132 kalori.

Selain itu, jus nanas juga dilengkapi dengan kandungan protein sebanyak 1 gram, lemak 1 gram, karbohidrat 33 gram, gula 25 gram, serat 1 gram, dan lainnya. Jus nanas juga mengandung zat mangan, koper, potasium, magnesium, folat, vitamin B6, dan vitamin C.

2. Dapat Menjaga Sistem Imunitas Tubuh

Jus nanas dilengkapi kandungan nutrisi yang berperan sebagai zat antioksidan. Dimana zat tersebut berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan tubuh terserang beragam penyakit.

Vitamin C yang terdapat di dalam jus nanas juga bermanfaat untuk menjaga sistem imunitas tubuh sehingga tubuh tak mudah terserang penyakit. Tak hanya vitamin C, jus nanas juga mengandung bromelain, campuran enzim alami yang dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

Bromelain juga dapat digunakan untuk meningkatkan pemulihan dari infeksi. Seperti pneumonia, sinusitis, dan bronkitis. Jadi, jus nanas dapat dikonsumsi sebagai pilihan lain untuk kesehatan tubuh.

3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Salah satu kandungan nutrisi yang terdapat pada jus nanas adalah serat. Setidaknya ada 1 gram serat yang terkandung di dalam 240 ml jus nanas. Kandungan serat tersebut sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Enzim bromelain juga berfungsi sebagai protease. Dimana membantu untuk memecah protein menjadi bagain kecil. Seperti asam amino dan peptida kecil yang kemudian dapat lebih diserap dalam usus Anda.

Sebuah penelitian juga menunjukkan kalau bromelain dapat membantu mengurangi peradangan usus. Jadi tak ada salahnya untuk mengonsumsi jus nanas jika Anda mengalami gangguan pencernaan. Niscaya jus nanas dapat melancarkan feses keluar sehingga tak terjadi sembelit.

4. Menangkal Penyakit Jantung

Tak hanya sebagai minuman yang baik untuk imunitas tubuh dan kesehatan pencernaan saja, jus nanas punya manfaat lain. Salah satunya menangkal penyakit jantung yang merupakan penyakit kronis dan berbahaya.

Penyakit jantung dapat menimbulkan beragam penyakit lainnya seperti kolesterol dan darah tinggi. Adanya kandungan bromelain pada jus nanas tenryata dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan disebutkan bahwa bromelain dapat membantu dalam mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu dapat digunakan sebagai pencegah pembentukan gumpalan darah serta serangan jantung. Jadi untuk Anda yang ingin menangkal penyakit jantung, tak ada salahnya mengonsumsi jus nanas.

5. Dapat Melawan Kanker

Satu lagi manfaat yang bisa dirasakan ketika mengonsumsi jus nanas yaitu melawan kanker. Lagi-lagi bromelain berperan penting dalam manfaatnya untuk melawan kanker. Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu mencegah pembentukan tumor. Bromelain tersebut berperan dalam mengurangi ukuran tumor bahkan dapat mematikan sel-sel kanker. Selain enzim bromelain, jus nanas juga dilengkapi zat antioksidan yang tinggi.

Zat antioksidan yang tinggi tersebut dapat berperan untuk menangkal radikal bebas. Dimana radikal bebas yang menyerang tubuh dapat menyebabkan beragam penyakit kronis. Salah satunya penyakit kanker yang mematikan.

Categories
Minuman Kesehatan

Minuman Sehat Untuk Sarapan

Minuman Sehat Untuk Sarapan

The BEST Green Smoothie Recipe Ever | Simple Green Smoothies

Saat bangun tidur, seringkali Anda merasa lemas. Menurut pakar kesehatan, beberapa minuman sehat ini bisa dikonsumsi pada pagi hari. Sarapan jadi waktu makan yang tak boleh dilewatkan. Karena mulai pagi hari Anda akan mengatur energi untuk satu hari penuh. Itulah sebabnya mengapa banyak pakar kesehatan menekankan untuk memperkuat rutinitas di pagi hari. Untuk itu beikut ini kami akan membagikan beberapa daftar Minuman Sehat Untuk Sarapan yang wajib anda coba.

1. Smoothie Hijau

Untuk pencernaan selalu sehat dan lancar, smoothie hijau alias smoothie yang terbuat dari sayur-sayuran kombinasi buah boleh dicoba menjadi minuman sarapan. Walau manis rasanya, tetap saja smoothie ini rendahkalori, serta tinggi serat sekaligus vitamin sehingga sangat menguntungkan bagi kesehatan, termasuk tak bikin gampang gemuk.

  • Blenderlah sayuran berwarna hijau dan juga buah segar dengan perbandingan 2:3.
  • Kombinasi bisa berupa sayur kale dengan buah pir dan apel, atau boleh juga bayam yang diblender bersama stroberi dan pisang.
  • Jika membutuhkan lebih banyak cairan, jangan lupa tambahkan jus buah segar ke dalamnya.

2. Smoothie Oatmeal

Oatmeal memang menjadi santapan di pagihari yang baik bagi jantung dan penurunan berat badan secara alami. Namun kitatak hanya bisa memakannya lho, sebab oatmeal pun bisa dijadikan minuman sarapanyang lezat asal pengolahannya tepat. Meminum oatmeal yang kaya serat larut akanmemberikan efek kenyang tahan lama pada perut dan keinginan untuk ngemil pastiberkurang.

  • Oatmeal mentah atau yang belum dimasak bisa diambil sebanyak 3 sendok makan.
  • Masukkan oatmeal tadi ke dalam secangkir jus apel yang kemudian ditambahkan dengan sedikit sirup maple bersama secangkir yogurt vanila atau sebuah pisang beku.
  • Blender keseluruh bahan; manis dan nikmatnya bikin sehat sekaligus bisa jadi cara menguruskan berat badan.

3. Smoothie Pisang Campur Selai Kacang

Suka makan pisang di pagi hari? Punya stokselai kacang juga di rumah? Kalau biasanya kedua makanan ini dinikmati secaraterpisah, kali ini kita bisa kombinasikan menjadi smoothie yang menyehatkan danmampu menurunkan berat badan.

  • Selai kacang entah itu selai kacang kedelai, kacang mete, atau kacang almond bisa disiapkan karena kaya akan protein.
  • Sediakan salah satu selai kacang yang paling favorit sebanyak 2 sendok makan, campur bersama dengan 180 ml susu bebas lemak, 1 buah pisang ukuran sedang yang sudah dipotong-potong, dan juga madu 1 sendok makan.
  • Blender kesemua bahan tersebut dan minuman sehat untuk sarapan sudah jadi di mana minuman ini rendah kalori dan tinggi protein sehingga rasa kenyangnya tahan lama sampai makan siang tiba.

Itu dia beberapa rekomendasi minumansmoothie yang dapat diolah dengan mudah di rumah setiap pagi sebagai menusarapan mengenyangkan. Bagi yang ingin turunkan berat badan dengan sarapan yangtepat, cobalah menu minuman di atas dan rasakan manfaatnya.

Categories
Minuman Kesehatan

Teh Herbal Yang Meredakan Depresi

Teh Herbal Yang Meredakan Depresi

(c) shutterstock.com

Setiap orang memiliki resiko untuk terserang stres, tak terkecuali kaum wanita yang kerap dituntut menghandle banyak hal dalam satu waktu. Jika Anda merasa jenuh dan penat akan segala macam kesibukan dan tanggung jawab yang Anda emban, cobalah bernapas berhenti dan relaksasi sejenak. Anda tak harus pergi ke spa untuk melakukannya karena beberapa jenis Teh Herbal Yang Meredakan Depresi.

  1. Teh Kamomil

Teh kamomil atau chamomile tea nampaknya tak heran kalau berada di daftar paling atas dari jenis teh penghilang stres dan depresi. Teh ini adalah teh herbal yang ampuh memberikan ketenangan dan suasana hati yang baik sehingga kita dapat terhindar dari kecemasan berlebih apalagi gangguan tidur.

Insomnia ataupun suasana hati yang mudah down dapat coba diatasi dengan mengonsumsi teh kamomil, boleh jenis Roman Chamomile, boleh juga pilih yang German Chamomile. Jika sedang mengonsumsi obat dokter, maka hati-hati dalam konsumsinya, konsultasikan dulu dengan dokter agar tidak terjadi efek buruk interaksi obat.

 

2. Teh Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba tentunya sudah cukup familiar ya bagi kita, apalagi sebagai obat herbal yang umumnya digunakan untuk mengatasi skizofrenia, gangguan kecemasan dan juga demensia. Herbal satu ini ampuh dalam meningkatkan fungsi kognitifdan juga memori otak karena kandungannya yang berupa terpenoid serta flavonoid cukup tinggi.

Depresi yang bahkan rentan terjadi pada para penderita Alzheimer pun terbukti risikonya bisa berkurang ketika meminum teh ginkgo biloba. Hanya saja, konsultasikan lebih dulu dengan dokter mengenai keamanan teh ini untuk atasi depresi, apalagi kalau sedang mengonsumsi obat dari dokter yang kalau digunakan bersama teh bisa-bisa sebabkan efek interaksi obat yang tidak menyenangkan.

3. Teh St. John’s Wort

Nama herbal satu ini memang cukup asingya, St. John’s Wort. Namun sebenarnya, tanaman dengan bunga warna kuning inisudah lama sering digunakan untuk bahan pembuatan balsam. Bahkan tanaman inijuga sering jadi salah satu bahan salep, pil maupun teh.

Beberapa masalah kesehatan seperti malaria, saraf yang nyeri, hingga gangguan mental dapat diredakan ketika menggunakan tanaman herbal ini. Karena mengandung sifat sedatif, berbagai kondisi seperti gigitan serangga, luka bakar dan juga luka terbuka dapat pula diatasi dengan St. John’s Wort.

Lebih dari itu, teh St. John’s Wort memanglebih banyak diandalkan sebagai perawatan ataupun terapi depresi jangka pendekmenurut The National Center for Complementary and Alternative Medicine, namunkhusus pada kondisi depresi ringan hingga moderasi. Namun jika sedangmengonsumsi obat antidepresan atau jenis obat kimia lainnya, hindari penggunaanteh ini dan obat secara bersamaan.

Itu dia deretan jenis teh herbal yang bisa coba dikonsumsi ketika gejala stres dan depresi mulai dirasakan. Selain itu, berjemurlah pula setiap pagi di bawah sinar matahari, latihlah pernafasan setiap ada waktu luang, bermeditasilah, jaga asupan makan tetap bernutrisi, serta berolahragalah agar segala bentuk kecemasan, stres dan depresi dapat mereda.

Categories
Minuman Kesehatan

Merek Madu Yang Bagus Untuk Kesehatan

Merek Madu Yang Bagus Untuk Kesehatan

Sudah menjadi rahasia umum bila madu murni sangat terkenal dengan manfaatnya untuk kecantikan maupun kesehatan. Namun, banyaknya produk madu yang dijual di pasaran membuat kita kerap kali kesulitan saat hendak membeli merk madu asli yang bagus. Pasalnya, tidak semua madu yang dijual adalah madu yang benar-benar asli dan murni.

Nah, jika Anda belum mengetahui cara membedakan madu yang asli dengan madu yang palsu, silakan baca terlebih dahulu artikel ini.  Untungnya, kini Anda tidak perlu resah, karena kami akan memberikan rekomendasi beberapa Merek Madu Yang Bagus Untuk Kesehatan.

1. Nature Nate’s 100% Raw & Unfiltered Honey

7 Merek Madu yang Bagus untuk Kesehatan Ini Terbukti Ampuh!

Merek madu yang bagus di urutan pertama ini merupakan produk asal Amerika yang memiliki kemasan unik nan menarik. Mengandung 100% madu asli yang dapat dikonsumsi langsung atau dicampur ke dalam makanan atau minuman sebagai pemanis yang sehat. Memiliki manfaat beragam yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

2. Wedderspoon Raw Monofloral Manuka Honey

7 Merek Madu yang Bagus untuk Kesehatan Ini Terbukti Ampuh!

New Zealand juga memproduksi merek madu yang bagus dikemas dalam bentuk jar berbahan kaca. Madu dari Manuka memang sangat populer dan telah direkomendasikan sebagai madu pilihan yang patut untuk dikonsumsi karena terbukti dalam menjaga tubuh tetap sehat serta terhindar dari berbagai penyakit.

3. Desert Creek Raw & Unfiltered Texas Honey

7 Merek Madu yang Bagus untuk Kesehatan Ini Terbukti Ampuh!

Tidak tersedia dengan berbagai rasa, merek madu yang bagus berikut ini memang mengandung 100% madu asli yang sangat baik untuk meningkatkan imun tubuh dan untuk rasa tak perlu diragukan lagi karena madu yang satu ini memiliki rasa yang manis dan nikmat.

4. Uray Madu

7 Merek Madu yang Bagus untuk Kesehatan Ini Terbukti Ampuh!

Tak kalah dari merek luar, Indonesia pun juga memiliki merek madu yang bagus lho! Uray salah satu merek madu yang terbukti memiliki kualitas yang terbaik. Dipercaya memiliki jutaan manfaat yang dapat mengobati berbagai penyakit hingga menjaga tubuh agar tidak terserang penyakit.

5. Javara Rainforest Pure Raw Honey

7 Merek Madu yang Bagus untuk Kesehatan Ini Terbukti Ampuh!

Unik banget, Javara yang merupakan merek madu yang bagus ini memiliki kandungan bahan tambahan yaitu kopi. Perpaduan kopi dan madu ini pun memiliki aroma yang harum dan tentunya rasa asam manis yang sangat nikmat. Untuk manfaatnya tak usah diragukan karena madu yang berasal dari hutan ini sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari.

6. Calliandra Honey

7 Merek Madu yang Bagus untuk Kesehatan Ini Terbukti Ampuh!

Wajib untuk kamu coba, salah satu merek madu yang bagus, Calliandra diproduksi dari dari nektar bunga Kaliandra yang memiliki kandungan antioksidan serta anti bakteri yang cukup tinggi sehingga dapat mengatasi inflamasi pada tubuh.

7. Madu TJ Super

7 Merek Madu yang Bagus untuk Kesehatan Ini Terbukti Ampuh!

Siapa sih yang tak tahu dengan merek madu yang bagus yang satu ini? Mudah ditemui di berbagai supermarket, Madu TJ dapat dikonsumsi oleh semua orang dan memiliki harga yang sangat terjangkau. Tak hanya sekedar rasanya yang manis, Madu TJ juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

 

Categories
Makanan Kesehatan Minuman Kesehatan Tips Kesehatan

Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan

Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan

RUANG CERITA: Olahan Bunga Telang, Rasa Lezat dengan Warna Menawan

Manfaat bunga telang, mungkin tidak diketahui banyak orang. Sebab, bunga berwarna biru ini, dikenal sebagai tanaman hias yang tumbuh di pekarangan.

Bunga yang memilki nama medis Clitoria ternatea ini, berasal dari negara-negara di Asia Tenggara. Namun, manfaatnya sampai digunakan untuk pengobatan Ayurveda di India. Ini menjadi salah satu bukti, bahwa manfaat bunga telang, tidak hanya untuk mempercantik taman belakang, tapi juga untuk kesehatan. Berikut merupakan artikel Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan yang wajib anda ketahui sebelum mengonsumsinya.

1. Melancarkan Haid

Darah yang kotor bisa jadi pemicu timbulnya berbagai gangguan penyakit seperti, masalah haid.

Ramuan kembang telang ini bisa dipercaya melancarkan haid.

Olahan bunga telang memanfaatkan akar dari kembang telang putih yang direbus lalu, meminumnya secara rutin.

Ramuan ini dipercaya mampu untuk mencuci darah, lho.

2. Mengobati Bronchitis

Bronchitis atau peradangan pada saluran pernapasan bisa diatasi dengan ramuan herbal.

Salah satunya berasal dari akar tanaman bunga telang.

Caranya yaitu, merebus selama 30-60 gram akar telang dengan 4 gelas air bersih.

Rebus hingga airnya tinggal separuh saja.

Konsumsi air rebusan kembang telang tersebut dalam kondisi dingin pada pagi dan malam hari masing-masing 1 gelas.

3. Bunga Telang Bisa Mengurangi Rasa Cemas

Kembang telang memiliki efek meredam gangguan kesehatan mental dan anti depresan.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi berjudul Clitoria Ternatea and The CNS yang menunjukkan dampak biologis dari stres pada tikus setelah dikonsumsi dalam dosis 400mg/kg.

4. Menjaga Kesuburan Wanita

Selanjutnya yaitu, manfaat bunga telang untuk kesuburan wanita.

Kamu hanya tinggal menyeduh secangkir teh kembang telang menjadi minuman mengejutkan dan warna cantik dari kelopak bunganya.

Saat diseduh, kembang telang kering ini akan mengeluarkan warna biru dengan tambahan perasan air lemon hingga warnanya berubah menjadi merah keunguan.

5. Manfaat Bunga Telang untuk Mata

Kembang telang juga bisa digunakan sebagai obat untuk gangguan penglihatan seperti, mata merah atau sakit mata lainnya.

Selain itu, khasiatnya dipercaya mampu membantu penglihatan lebih cerah.

Caranya dengan mencampurkan 5 kembang telang dengan 50ml air.

Proses ini akan menciptakan air berwarna biru yang kental.

Setelah itu, saringlah air tersebut agar terhindar dari pecahan-pecahan bunga.

Barulah kamu dapat menggunakan perasan air yang telah disaring sebagai obat mata.

6. Kembang Telang Dapat Mengobati Bisul (Abses)

Manfaat kembang telang sudah lama dipakai sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan bisul atau abses.

Masyarakat sering menumbuk bunga biru ungu ini dengan gula aren untuk dibalurkan pada tubuh yang sakit.

Lakukanlah cara ini hingga sembuh.

7. Dapat Menetralkan Sistem Pencernaan (Detoksifikasi)

Manfaat bunga telang dan cara membuatnya untuk detoksifikasi sangatlah mudah.

Teh herbal ini bisa menghilangkan racun-racun yang terdapat dalam sistem pencernaan.