Categories
Tentang Pengobatan Tips Kesehatan

Mengatasi Telat Haid Dengan Alami

Mengatasi Telat Haid Dengan Alami

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat
Mengatasi Telat Haid Dengan Alami

Telatnya menstruasi atau datang belum seringkali membuat wanita kebingungan. Meski tak selalu terjadi karena kehamilan, telat datang bulan yang memiliki nama medis oligomenorrhea ini tetap saja membuat wanita risau. Wanita biasanya memiliki 11-13 kali masa datang bulan per tahun dengan oligomenorrhea yang terjadi 6-7 kali.

Berbagai faktor jadi penyebab telat datang bulan seperti kenaikan atau penurunan berat badan yang terjadi secara signifikan, kehamilan atau menyusui, keguguran atau persalinan, konsumsi alkohol, stres, hingga adanya penyakit tertentu seperti ketidakseimbangan hormon, anemia, dan fibroid uterus. Berikut ini kami akan memberikan anda cara Mengatasi Telat Haid Dengan Alami :

1. Jahe

Cara mengatasi telat datang bulan yang berlangsung tidak dalam waktu yang lama sekitar 1-3 minggu bisa kamu atasi dengan mengonsumsi jahe. Sebabnya jahe akan meningkatkan aliran darah. Minum air rebusan jahe yang sudah dicampur dengan sedikit gula atau madu untuk meningkatkan rasanya. Minum air rebusan jahe secara teratur juga berguna untuk meredakan rasa nyeri saat menstruasi.

2. Kunyit

Kunyit yang memiliki sifat menghangatkan berguna sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Mengonsumsi air rebusan kunyit bermanfaat untuk mengatur ketidakseimbangan hormon dan siklus menstruasi. Sifat anti inflamasi dan antispasmodic di dalamnya juga mampu mengatasi kram.

3. Biji ketumbar

Biji ketumbar bisa kamu manfaatkan sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Rebus beberapa sendok teh biji ketumbar, saring, dan minumlah 3 kali dalam sehari untuk mengatur siklus menstruasi.

4. Jus wortel

Wortel merupakan sayuran sumber zat besi yang baik dan bisa mengatur fungsi hormonal dengan tepat. Minumlah jus wortel untuk cara mengatasi telat datang bulan selama 3 bulan berturut-turut.

5. Adas

Adas juga bisa kamu gunakan untuk cara mengatasi telat datang bulan. Sebabnya adas akan meningkatkan aliran darah secara efetif. Lalu, sifat antispasmodic di dalamnya mampu meredakan nyeri menstruasi.

6. Biji wijen

Si kecil ini ternyata ampuh untuk cara mengatasi telat datang bulan atau siklus menstruasi yang tidak teratur. Minum air rebusan wijen setiap pagi saat perut kosong agar siklus menstruasi selalu tepat waktu.

7. kayu manis

Selain kunyit, kayu manis juga memiliki efek menghangatkan yang berguna sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Kemudian kandungan hydroxychalcone di dalamnya membantu untuk mengatur kadar insulin.

8. Pepaya mentah

Makan pepaya mentah sangatlah berguna untuk cara mengatasi telat datang bulan. Sebabnya pepaya akan mengontraksi otot di rahim yang kemudian berguna untuk menginduksi menstruasi.

9. Anggur

Konsumsilah anggur secara rutin sebagai cara mengatasi telat datang bulan.

10. Peterseli

Jangan buang peterseli yang biasanya digunakan sebagai garnish makanan. Sebabnya daun ini berguna sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Caranya adalah dengan menggiling peterseli dan kemudian dicampur dengan air untuk kemudian diminum.

Cara mengatasi telat datang bulan 1 bulan hingga 4 bulan

Selain telat selama beberapa minggu, kadang datang bulan juga bisa telat hingga berbulan-bulan. Umumnya 1-3 bulan. Well, kamu tak perlu panik. Kamu bisa mencoba cara mengatasi telat datang bulan yang lamanya bisa berbulan-bulan dengan cara alami berikut ini.

11. Saffron

Si rempah-rempah mahal ini ternyata berguna sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Kamu bisa mendapatkan manfaat sehatnya dengan minum air rebusan safron sebanyak 3 kali sehari selama beberapa hari.

12. pare

Memang tak banyak orang yang suka makan pare. Namun makan pare amatlah ampuh sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Selain dikonsumsi sebagai olahan sayur, kamu juga bisa membuat jus dari pare yang sebaiknya kamu minum 1-2 kali setiap hari selama beberapa minggu.

13. Cuka apel

Minum cuka apel membantumu sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Minumlah 1-2 sendok makan cuka apel untuk membuat jadwal menstruasi jadi teratur. Selain manfaat tersebut, minum cuka apel dengan teratur akan mengurangi kadar gula dalam darah.

14. Vitamin C

Vitamin C amatlah berkontribusi pada kesehatan tubuh, termasuk kesehatan menstruasi. Sebabnya vitamin C akan meningkatkan produksi estrogen yang berkontribusi dalam kesehatan menstruasi. Kamu bisa mendapatkan suntikan vitamin C ini dalam buah jeruk, apel, tomat, dan buah beri sebagai cara mengatasi telat datang bulan dengan alami.

15. Lidah buaya

Ambil daging lidah buaya segar dan kemudian campur dengan madu. Konsumsilah setiap hari sebelum sarapan selama 3 bulan sebagai cara mengatasi telat datang bulan. Sifat penyembuhan yang ada di dalam lidah buaya sangatlah luar biasa untuk mengembalikan siklus menstruasi yang kacau. Namun ingat, jangan mengonsumsi selama masa menstruasi berlangsung.

Itulah beberapa cara mengatasi telat datang bulan secara alami, ampuh, sehat, efektif, namun bisa kamu coba sendiri di rumah. Dengan mencoba bahan alami di atas, maka kamu bisa terhindar dari kontaminasi bahan kimia yang tidak diperlukan tubuh dan kemungkinan bisa menimbulkan komplikasi lanjutan.