Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan

Manfaat Sarang Walet

Manfaat Sarang Walet

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Makanan Yang Mengandung Vit C Tinggi , Makanan Kaya Serat Alami , Infeksi Saluran Kencing , Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh , Bahaya Kafein , Cara Menghilangkan Bekas Luka , Cara Merawat Lensa Kontak , Pertolongan Pertama Untuk Luka Bakar , Penyakit Paling Mematikan di Dunia , Ciri Ciri Darah Tinggi dan Cara Mencegahnya , Cara Menghilangkan Mata Panda , Penyebab Menstruasi Tidak Lancar , Manfaat Terapi Lintah , Risiko Ciuman Bibir , Tanda Tubuh Kekurangan Gizi , Deodoran Memicu Kanker Payudara , Penyebab Pendarahan Otak , Cara Mengatasi Sakit Gusi Dirumah , Manfaat Vitamin D , Manfaat Sarang Walet , Kista Ganglion , Tanda Penyakit Reproduksi Pria , Cara Menghilangkan Selulit
Manfaat Sarang Walet

Sarang burung walet telah lama diolah menjadi makanan eksotis yang memiliki harga jual fantastis. Namun tunggu dulu. Selain rasanya yang lezat, sarang walet ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Apa saja Manfaat Sarang Burung Walet untuk kesehatan? Yuk, simak ulasannya berikut ini :

Berpotensi Mencegah Obesitas

Di dalam sebuah penelitian, didapatkan hasil bahwa sarang burung walet merupakan bahan makanan yang memiliki aktivitas antioksidan dan anti peradangan. Penelitian dilakukan pada tikus yang mengonsumsi makanan tinggi lemak. Tikus tersebut diteliti selama tiga bulan untuk melihat bagaimana dampak efek antioksidan dan anti peradangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarang burung walet memiliki khasiat positif untuk mencegah terjadinya obesitas yang berkaitan dengan peradangan dan stres oksidatif pada tikus. Hal ini membuka peluang untuk menjadikan sarang burung walet sebagai suplemen pencegah obesitas pada manusia. Tentu saja hasil riset ini masih membutuhkan uji lebih lanjut guna mendapatkan hasil yang dapat diterapkan pada manusia.

Mungkin Bisa Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Diabetes

Penelitian lain yang juga menggunakan tikus sebagai bahan percobaan menunjukkan khasiat positif dari sarang burung walet. Studi kali ini menyoroti pemakaian sarang burung walet guna menurunkan risiko seseorang dari penyakit kardiometabolik terutama terkait dengan insulin, seperti diabetes. Hal ini terutama terjadi saat defisiensi estrogen terjadi, biasanya saat mengalami menopause.

Para penderita defisiensi estrogen memang telah banyak melakukan terapi pergantian hormon untuk meningkatkan kualitas kehidupan mereka. Hanya saja, terapi ini ternyata memiliki efek samping yang tidak ringan sehingga pemakaiannya tetap harus dibatasi.

Hasil studi ini kemudian menunjukkan bahwa sarang burung walet memberikan efek lebih besar dibandingkan pemakaian estrogen dalam hal peningkatan sensitivitas insulin, glukosa, dan menjaga keseimbangan lipid. Manfaat yang satu ini juga memerlukan pembuktian lebih lanjut.

Potensial Dijadikan Obat Osteoarthritis

Salah satu potensi yang ditemukan para ilmuwan dalam sebuah penelitian adalah potensi sarang burung walet untuk dijadikan pengobatan penyakit osteoarthritis. Potensi tersebut didapat dari komponen tertentu pada sarang burung walet yang ditengarai bisa mengurangi perkembangan osteoarthritis dan membantu meregenerasi tulang rawan. Penelitian ini baru dalam tahapan penelitian di laboratorium.

Meski memiliki aneka potensi yang bermanfaat bagi kesehatan, namun berhati-hatilah dalam mengonsumsi sarang burung walet, terutama bagi anak-anak, karena sarang burung walet mengandung protein yang bersifat menyerupai protein penyebab alergi pada telur.