Categories
Makanan Kesehatan Minuman Kesehatan Tentang Kesehatan Tentang Pengobatan

Manfaat Rebusan Cengkeh

Manfaat Rebusan Cengkeh

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Manfaat Rebusan Cengkeh , Manfaat Daun Bidara , Manfaat Makan Bubur Kacang Hijau , Manfaat Kelapa Merah Untuk Kesehatan
Manfaat Rebusan Cengkeh

Cengkeh adalah sejenis bunga kering dari tanaman syzygium aromaticum. Cengkeh memiliki nama lain yakni cloves. Cengkeh memang berupa bunga dari pohon myrtaceae. Cengkeh dalam keadaan segar berwarna merah ketika mekar dan berwarna coklat kehitaman apabila dikeringkan, berbentuk seperti bunga kecil, dan beraroma wangi. Cengkeh banyak ditemui di Indonesia dan berasal dari nusantara. Cengkeh memiliki rasa sedikit pedas sehingga banyak digunakan untuk beberapa jenis masakan pedas ala Eropa. Cengkeh banyak digunakan sebagai bahan utama pembuat rokok kretek karena mampu menambah aroma ketika dihisap. Cengkeh banyak dijual dalam bentuk kering atau bubuk. Sangat jarang ditemui cengkeh yang dijual dalam keadaan segar. Cengkeh memiliki banyak khasiat dan mudah ditemui di pasaran. Berikut ini kami akan memberikan anda apasaja Manfaat Rebusan Cengkeh :

1. Meredakan peradangan tenggorokan

Salah satu khasiat rebusan cengkeh adalah membantu menyembuhkan peradangan di tenggorokan yang bisa menyebabkan gangguan pernafasan. Hal ini disebabkan karena cengkeh memiliki efek ekspektoran yang bersifat anti inflamasi untuk mengurangi peradangan yang terjadi.

2. Menjaga kebersihan mulut

Selain manfaat cengkeh untuk gigi agar tetap sehat, air rebusan cengkeh juga difungsikan untuk berkumur. Air cengkeh dapat menyegarkan mulut dan membersihkan mulut, juga dapat mencegah permasalahan gusi dan gigi seperti sariawan atau sakit igi karena kandungan zat eugenol yang berkhasiat sebagai antiseptik.

3. Menjaga kesehatan organ hati

Zat eugenol dalam air rebusan cengkeh juga dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan organ hati. Kandungan eugenol ini bisa membantu mengurangi gejala terjadinya sirosis hati, namun perlu berhati-hati karena jika dikonsumsi tanpa aturan atau dosis tinggi malah bisa merusak hati.

4. Mencegah penyakit kanker

Air rebusan cengkeh kaya akan antioksidan dari zat eugenol dan berbagai vitamin yang bisa menangkal radikal bebas. Khasiat inilah yang membuat rebusan cengkeh bermanfaat seperti manfaat buah mengkudu yaitu untuk mencegah kanker.

5. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat rebusan cengkeh selanjutnya adalah mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan senyawa yang ada di dalam cengkeh memiliki khasiat besar dalam meningkatkan penyerapan gula dan sekresi insulin di dalam tubuh, yang mana insulin berfungsi untuk memindahkan gula yang ada dalam darah ke sel tubuh.

6. Mengatasi penyakit maag

Di dalam air rebusan cengkeh mengandung minyak esensial alami cengkeh yang bisa meredakan penipisan lendir di dalam lambung, yang mana merupakan penyebab maag. Dengan mengkonsumsi rebusan cengkeh dapat meningkatkan produksi lendir yang dapat mencegah maag dan penyakit lambung lainnya.

7. Menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat

Air rebusan cengkeh memiliki kandungan mangan yang mana aktif menjaga kekuatan tulang. Kandungan ini juga bisa mengatasi pengeroposan tulang yang bisa mengakibatkan osteoporosis maupun patah tulang. Untuk hasil yang lebih optimal, rebusan cengkeh bisa dikombinasikan dengan manfaat kayu manis untuk tulang.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Karena kaya akan zat antioksidan dan anti bakteri, air rebusan cengkeh juga bisa berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh akan terjaga kesehatannya, juga dapat terhindar dari serangan penyakit yang mengancam seperti infeksi virus atau bakteri.

9. Membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit

Salah satu manfaat minyak cengkeh adalah karena kemampuannya yang aktif untuk mengatasi bakteri jahat dalam tubuh. Misalnya seperti E. coli penyebab gangguan pencernaan atau bakteri lain contohnya penyebab penyakit gigi dan mulut. Untuk itu, air rebusan bisa dikonsumsi maupun digunakan untuk berkumr.

10. Menyembuhkan penyakit campak

Dengan mengkonsumsi air rebusan cengkeh juga bisa membantu mengatasi penyakit campak, yang mana paling sering dialami seseorang pada masa kanak-kanak. Untuk mendapatkan khasiat ini, cukup mengkonsumsi air rebusan dengan teratur dan telaten namun tetap tidak berlebihan.