Categories
Makanan Kesehatan

Manfaat Pucuk Pepaya

Manfaat Pucuk Pepaya

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Manfaat Rebusan Cengkeh , Manfaat Daun Bidara , Manfaat Makan Bubur Kacang Hijau , Manfaat Kelapa Merah Untuk Kesehatan , Manfaat Sendok untuk Kecantikan , Penyebab Beruntusan di Dahi , Mengatasi Jerawat Dengan Cuka Apel , Alasan Terjadinya Rahim Turun , Manfaat Jengger Ayam Jago , Cara Mengatasi Sakit Tulang Belakang , Manfaat Pucuk Pepaya , Penyakit Yang Disebabkan Kuman Gigi , Manfaat Kulit Apel Hijau
Manfaat Pucuk Pepaya

Siapa yang tak kenal daun pepaya. Manfaatnya sudah disarankan turun temurun oleh nenek moyang karena dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Meski memiliki rasa yang cukup pahit, namun daun pepaya juga kerap diolah menjadi menu masakan yang khas dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa khasiat daun pepaya yang dipercaya masyarakat adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan nafsu makan, menghilangkan jerawat dan mencegah penyakit kanker. Berikut ini kami akan membahas lebih lanjut mengenai Manfaat Pucuk Pepaya :

  1. Menambah Nafsu Makan

Manfaat pucuk pepaya untuk menambah nafsu makan ini sebenarnya sangat berguna sebagai solusi alami anak yang memiliki kesulitan makan. Hanya saja Anda mungkin perlu sedikit memutar otak untuk mengolah daun pepaya yang rasanya memang pahit dan mungkin tidak disukai anak menjadi olahan lezat bagi anak.

  1. Atasi Malaria dan Demam Berdarah

Pucuk daun pepaya sudah dikenal sebagai anti-malaria. Sebagian perusahaan farmasi bahkan menggunakan ekstrak daun ini untuk mengobati penyakit DBD. Ditemukan bahwa kandungan dalam daun pepaya dapat meningkatkan produksi trombosi di dalam darah. Untuk penggunaan di rumah pucuk daun pepaya bisa Anda buat sebagai jus. Rasanya mungkin tidak seenak jus pepaya tapi Anda bisa menambahkan madu sebagai pemanis.

  1. Atasi Keputihan dan Nyeri Haid

Masalah keputihan ataupun nyeri haid ini merupakan masalah yang sering dialami kaum hawa dewasa ini. Sudah banyak sekali obat yang diproduksi untuk masalah ini akan tetapi tidaks semua obat cocok untuk dikonsumsi. Cara paling aman dan efektif tentu saja menggunakan obat herbal. Salah satunya adalah dengan menggunakan ekstrak pucuk daun pepaya. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Cuci bersih beberapa lembar pucuk daun pepaya
  • Siapkan 1 liter air
  • Siapkan akar alang-alang dan pulasari
  • Rebus semua bahan dengan air sampai mendidih
  • Saring air rebusan sebelum diminum

Cara kedua:

  • Siapkan 1 lembar daun pucuk pepaya
  • Siapkan asam jawa dan garam
  • Siapkan 1 gelas air
  • Rebus semua bahan hingga mendidih
  • Saring air rebusan sebelum diminum

Anda dapat mengkonsumsi air ekstrak pucuk daun pepaya tersebut setidaknya satu kali sehari untuk mengatasi masalah keputihan dan nyeri pada haid.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Tanaman buah pepaya memang sering dikaitkan dengan obat alami masalah pencernaan. Selain buah, pucuk daunnya pun dapat digunakan sebagai herbal alami untuk atasi masalah pencernaan. Ditemukan bahwa pada daun pepaya mengandung zat karpin yang memiliki kemampuan mengeliminasi bakteri jahat pada sistem pencernaan.

  1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Dalam sebuah penelitian dibuktikan bahwa daun pepaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Rupanya hal tersebut dikarenakan kandungan acetogenin yang terdapat pada getah putih daun pepaya.

  1. Atasi Ketombe

Senyawa karpain yang ditemukan pada daun pepaya cukup efektif untuk mengurangi ketombe, minyak, dan kotoran yang menempel pada rambut. Banyak juga produk sampo yang mulai menggunakan ekstrak daun pepaya untuk masalah ketombe. Anda bisa meracik sendiri ramuan anti ketombe dari daun pepaya ini di rumah. Caranya cukup dengan merebus beberapa lembar daun pepaya. Nah, air rebusan inilah yang dapat Anda gunakan untuk mencuci rambut Anda.

  1. Melembutkan Kulit

Anda memiliki kulit yang kering dan kasar? Jangan khawatir, manfaat pucuk daun pepaya yang satu ini berguna untuk mengatasi masalah kulit kering dan kasar Anda.

  1. Anti Penuaan

Daun pepaya mengandung cukup banyak unsur amino yang baik untuk menghambat tanda-tanda penuaan. Anda dapat menjadikan daun pepaya ini sebagai masker wajah alami. Caranya dengan menjemur beberapa daun pepaya hingga kering kemudian haluskan. Setelah daun menjadi halus tambahkan sedikit air dan oleskan ke seluruh permukaan kulit wajah Anda.

  1. Atasi Masalah Kulit Wajah

Seperti yang kita sadari bahwa wajah sangat rentan terhadap berbagai masalah kulit wajah seperti jerawat, bintik-bintik hitam, dan terlihat kusam akibat kotoran yang menempel. Untuk masalah-masalah ini Anda dapat menggunakan masker pucuk daun pepaya di sebagai solusi alami. Selain hemat biaya caranya pun tidak terlalu sulit. Senyawa karpain pada daun pepaya sangat ampuh melawan mikroorganisme yang memberi dampak buruk bagi kulit. Caranya keringkan beberapa daun pepaya dan tumbuk/blender hingga halus sambil diberikan sedikit air. Oleskan ke seluruh kulit wajah dan diamkan selama 10-30 menit. Setelah masker dirasa kering bilas dengan air. Rasakan sendiri hasilnya untuk kulit wajah lebih bersih.

Tips Hilangkan Rasa Pahit

Seperti yang mungkin kita ketahui banyak orang tidak menyukai daun pepaya karena rasanya yang pahit. Penulis memiliki beberapa tips yang mungkin berguna untuk menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya, diantaranya:

  • Rebus daun pepaya yang telah dibersihkan dengan daun jambu biji. Setelah direbus bilas dengan air. Nah daun pepaya hasil rebusan ini dapat diolah sesuai dengan keinginan Anda.
  • Rebus daun pepaya dengan garam sampai daun menjadi layu, kemudian bilas dengan air. Setelah itu rebus lagi daun pepaya sampai matang untuk diolah sesuai dengan resep yang Anda miliki.

Bahaya Daun Pepaya

Disamping manfaat yang dimiliki daun pepaya rupanya juga memiliki beberapa resiko yang berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi berlebih, diantaranya:

  1. Getah pada daun pepaya dapat bersifat irritant, dermatogenic, dan vesicant pada kulit yang sensitif. Untuk beberapa orang yang alergi mungkin dapat melukai dan merusak jaringan kulit.
  2. Beberapa senyawa pada daun pepaya dapat memicu gastritis (radang dinding lambung), rhinitis, dan asma.
  3. Dapat menimbulakn begah dan perut kembung apabila daun pepaya dikonsumsi berlebih. Hal ini disebabkan kandungan vitamin C dan gas yang tinggi pada daun pepaya.
  4. Enzim papain pada daun pepaya dapat mengubah protein menjadi asam amino dan daunnya bersifat dingin sehingga sangat berbahaya apabila dikonsumsi wanita yang sedang mengandung.

Demikianlah manfaat dari pucuk atau daun muda tanaman pepaya yang dapat memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh, juga resiko dampak negatifnya apabila dikonsumsi secara berlebih atau pada kondisi tertentu.