Categories
Makanan Kesehatan Minuman Kesehatan Tips Kesehatan

Manfaat Pohon Kina

Manfaat Pohon Kina

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Cara Mengatasi Kista Tanpa Operasi , Makanan Penambah Hormon , Manfaat Kulit Ayam Untuk Kesehatan , Manfaat Jahe Mentah , Minuman Penurun Panas Demam Alami , Buah Penurun Panas Demam , Manfaat Jahe Lemon , Manfaat Olahraga Lari Lintas Alam , Manfaat Tidur Siang , Manfaat Pohon Kina
Manfaat Pohon Kina

Pohon kina yang memiliki nama latin Cinchona calisaya, termasuk pohon yang sudah langka. Biasanya, salah satu tanaman herbal ini dapat ditemukan di hutan hujan tropis. Untungnya, Indonesia menjadi salah satu tempat yang masih banyak ditanami pohon kina.

Kandungan yang menjadi andalan tanaman herbal ini terletak pada kulit batang pohon kina yang mengandung senyawa alkaloid penting, yaitu kinin, kinidin, sinkonin, dan sinkonidin. Zat-zat inilah yang telah banyak dimanfaatkan untuk tujuan pengobatan maupun ilmu pengetahuan. Berikut adalah Manfaat Pohon Kina :

1. Meningkatkan nafsu makan

Pohon kina dapat digunakan sebagai obat untuk meningkatkan tingkat nafsu makan pada seseorang atau bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan pada anak-anak dengan menggunakan kulit pohon kina atau ekstrak yang dicampur dengan beberapa sayuran yang akan dimakan. Mengalami sulit makan sangat tidak baik untuk keseahtan tubuh. Jadi selain dengan pohon kina gunakan manfaat ketumbar untuk menambah nafsu makan.

2. Sebagai anti kejang otot

Seseorang yang memiliki pekerjaan berat dimana membutuhkan ototnya untuk bekerja terlalu berlebih biasanya akan mengalami kejang pada otor makadari itu anda dapat menggunakan kulit pohon kina yang sudah dihaluskan dan dioleskan pada otot yang kejang.

3. Menurunkan demam

Dengan memanfaatkan kulit pohon kina yang sudah direbus dan meminum air rebusannya dapat membantu dalam menurunkan demam pada seseorang. Kulit pohon kina memang sangat efektif untuk mengatasi demam dengan cepat. Selain pohon kina, obat kimia sepertimanfaat paracetamol juga efektif untuk menurunkan demam

4. Menjaga kesehatan jantung

Adanya kandungan senyawa alkanoid yang terdapat pada pohon kina dapat membantu dalam melindungi jantung sesorang. Khususnya menjaga dalam pembekuan darah dan menetralkan jantung dari bakteri juga kuman.

5. Mengatasi diare

Jika anda mengalami diare mungkin anda dapat memanfaatkan air rebusan dari kulit kayu kina untuk diminum sehingga diare yang anda alami akan segera sembuh. Mengatasi diare juga dapat memanfaatkan manfaat jambu biji. Jadi tidak hanya kulit pohon kina saja yang baik untuk kesehatan perut agar tidak diare, tetapi jambu biji pun dapat digunakan untuk mengatasinya.

6. Mencegah Kanker

Seperti yang kita tahu bahwa kanker merupakan suatu jenis penyakit yang lumayan berat, tidak ada orang yang mau untuk terkena penyakit ini selain pengobatannya juga susah resiko seseorang bisa meninggal juga akan besar maka dari itu kita perlu menjaga diri agar tidak terkena penyakit kanker yaitu salah satu caranya dengan mengkonsumsi pohon kina dari air rebusan kulitnya. Dengan adanya sidat anti inflamasi yang dikandungnya maka resiko terkena penyakit kanker akan sedikit. Dengan memanfaatkan manfaat daun kelor juga dapat memberikan efek anti kanker karena memiliki sifat anti inflamasi pula.

7. Mengatasi malaria

Adanya kandungan senyawa alkaloid  dan zat kinin dari pohon kina bisa digunakan untuk membunuh parasit malaria yang berada dalam aliran darah penderita malaria  selain itu juga bisa digunakan untuk mengganggu pertumbuhan dan reproduksi parasit malaria sehingga pohon kin dapat digunakan sebagai obat untuk penderita malaria.