Categories
Tips Kesehatan

Manfaat Pijat Perut Untuk Kesehatan

Manfaat Pijat Perut Untuk Kesehatan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Pengobatan Batu Empedu Secara Alami , Fakta Kesehatan Makanan Fermentasi , Makanan Penguat Daya Tahan Tubuh , Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi , Alasan Membuatmu Disukai Nyamuk , Makanan Berpotensi Keracunan , Cara Memasak Yang Berbahaya , Cara Mengeluarkan Dahak Dengan Mudah , Manfaat Odol , Kerugian Air Kelapa , Makanan Yang Menyembuhkan Anemia , Penyebab Miss V Gatal , Jerawat Hilang Dengan Cara Alami , Cara Mengatasi Batuk Berdahak , Cara Mendetoksifikasi Usus , Cara Mengatasi Hidung Tersumbat , Cara Mengobati Sariawan , Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan , Makanan Yang Mencerahkan Wajah , Cara Mengobati Amandel , Efek - Efek Dari Bulu Mata Palsu , Efek BB Glow , Penyebab Sakit Perut Kiri Bawah , Alergi Makanan Umum , Cara Menjauhkan Anak dari Rokok , Deteksi Penyakit Dari Rambut , Cara Mengobati Asam Urat Dengan Bahan Alami , Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan , Cara Mengobati Campak , Cara Mengobati Rematik Di Rumah , Membuat Kulit Putih Permanen , Cara Menghilangkan Bekas Jerawat , Cara Menyembuhkan Gatal Gatal Di Badan , Cara Menyembuhkan Sakit Gigi , Cara Mengatasi Biduran , Makanan Yang Mampu Meredakan Sakit Kepala , Obat Dan Pengobatan Psoriasis , Cara Menyembuhkan Nyeri Sendi , Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik , Cara Mengatasi Darah Tinggi Secara Alami , Cara Mengatasi Mata Bengkak , Cara Memanjangkan Bulu Mata , Cara Menghilangkan Bekas Koreng , Cara Menjernihkan Mata Dengan Alami , Cara Memutihkan Gigi Secara Alami , Cara Memutihkan Selangkangan , Cara Menghilangkan Bau Mulut , Cara Menghilangkan Bau Ketiak , Cara Ampuh Mencegah Leukimia , Cara Membersihkan Miss V Yang Benar , Bahaya Memakai Softlens Saat Tidur , Manfaat Menari Untuk Tubuh , Obat Alami Asam Urat , Manfaat Buah Manggis , Cara Mengatasi Perut Kembung , Gejala Lambung Luka , Cara Mengatasi Rasa Gelisah Yang Berlebihan , Tips Merawat Kuku Supaya Sehat , Manfaat Pijat Perut Untuk Kesehatan , Hal Yang Menyebabkan Sakit Perut
Manfaat Pijat Perut Untuk Kesehatan

Setelah bangun tidur di pagi hari, Anda dapat melakukan sejumlah kebiasaan yang menyehatkan. Mungkin Anda belum pernah mencoba pijat perut, tapi aktivitas ini sangat banyak manfaatnya.

Memijat perut sendiri adalah cara yang baik untuk merangsang sistem pencernaan. Anda hanya perlu menggerakkan tangan dalam gerakan melingkar setelah mengolesi setetes minyak esensial yang dicampur dengan minyak kelapa. Mulailah memijat dengan sedikit menekan pusar dengan jari telunjuk. Lalu, pijat dengan perlahan area di sekitar perut menggunakan kedua tangan Anda. Lakukan gerakan melingkari pusar ini dengan tangan hingga 50 kali dan pijatan pun selesai. Berikut adalah Manfaat Pijat Perut Untuk Kesehatan :

1. Meredakan sembelit

Otot-otot perut yang tegang rentan membuat Anda mengalami susah buang air besar alias sembelit. Selain memperbanyak makan makanan tinggi serat, gangguan kesehatan ini ternyata juga bisa diatasi dengan pijat perut.

Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada jurnal Gastroenterology Nursing tahun 2016 melibatkan dua kelompok peserta yang sama-sama terkena sembelit setelah operasi. Bedanya, satu kelompok diberikan pijat perut, sementara kelompok lainnya tidak mendapatkan pijat perut.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang menerima pijatan di bagian perut, merasa gejala sembelitnya berkurang. Mereka juga mengaku tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk buang air besar setelah perutnya dipijat. Secara tidak langsung, manfaat pijat perut dapat membantu melancarkan buang air besar Anda.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Penelitian terbaru yang diterbitkan pada jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice mengungkapkan bahwa manfaat pijat perut dapat melancarkan sistem pencernaan pada pasien yang menjalani operasi tabung endotrakeal.

Tabung endotrakeal adalah tabung pernapasan yang dimasukkan ke dalam trakea pasien untuk membuka jalan napas, supaya udara dapat mencapai paru pasien.

Hasil ini ditemukan setelah pasien rutin mendapatkan pijat perut selama 15 menit sebanyak dua kali sehari selama tiga hari. Tidak hanya melancarkan pencernaan, mereka juga mengalami penurunan jumlah cairan perut, lingkar perut, serta durasi buang air besar secara drastis.

Namun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

3. Mengurangi perut kembung

Bagi Anda yang sering mengalami perut kembung, coba atasi dengan pijat perut. Sebuah penelitian tahun 2015 menemukan bahwa tekanan lembut yang disertai dengan gerakan memutar di perut efektif mengeluarkan gas dan kelebihan cairan di perut.

Hal ini berlaku pula bagi pasien yang sering mengalami perut kembung sebagai efek samping pengobatan kanker.

Manfaat ini bisa Anda dapatkan jika melakukan pijat perut selama 15 menit dua kali sehari selama tiga hari. Tidak hanya membantu mengeluarkan gas dari perut, efek menenangkan dari pijat perut juga dapat menurunkan gejala depresi dan kecemasan.

4. Meredakan gejala PMS

Sebagian wanita rutin melakukan pijat perut karena percaya terapi ini dapat meredakan kram perut dan gejala PMS lainnya. Faktanya, pijat perut memang dapat menyembuhkan kram perut menjelang haid, lho.

Wanita yang rutin melakukan pijat perut 5 menit selama 6 hari berturut-turut menjelang menstruasi cenderung lebih jarang mengalami kram perut, ketimbang pada wanita yang tidak melakukan pijat perut. Namun demikian, masih diperlukan penelitian yang lebih banyak untuk membuktikan hal ini.

Supaya efeknya lebih maksimal, gunakan minyak lavender atau minyak esensial lainnya untuk membantu meredakan gejala PMS lebih cepat.