Categories
Makanan Kesehatan

Manfaat Omega 9 Untuk Kesehatan

Manfaat Omega 9 Untuk Kesehatan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Manfaat Rebusan Cengkeh , Manfaat Daun Bidara , Manfaat Makan Bubur Kacang Hijau , Manfaat Kelapa Merah Untuk Kesehatan , Manfaat Sendok untuk Kecantikan , Penyebab Beruntusan di Dahi , Mengatasi Jerawat Dengan Cuka Apel , Alasan Terjadinya Rahim Turun , Manfaat Jengger Ayam Jago , Cara Mengatasi Sakit Tulang Belakang , Manfaat Pucuk Pepaya , Penyakit Yang Disebabkan Kuman Gigi , Manfaat Kulit Apel Hijau , Manfaat Daun Durian Belanda , Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan , Cara Mendeteksi Penyakit Ginjal , Pengertian Dehidrasi , Makanan Sehat Untuk Kulit , Efek Samping Bawang Putih , Bahaya Obat Nyamuk Bakar Dan Semprot , Faktor Penyebab Asma , Makanan Penurun Darah Tinggi , Makanan Peninggi Badan Alami , Penyebab Kulit Kering , Manfaat Rutin Minum Susu Almond , Efek Samping Minum Jeruk Nipis Setiap Hari , Gejala Migrain , Cara Mencuci Wajah Dengan Benar , Penyebab Obesitas , Manfaat Kembang Kantil , Manfaat Makan Bawang Merah , Manfaat Omega 9 Untuk Kesehatan , Cara Mengatasi Pusing Saat Berdiri , Manfaat Tahu Bagi Kesehatan , Cara Melancarkan Peredaran Darah
Manfaat Omega 9 Untuk Kesehatan

Pada dasarnya, omega 3, 6 dan 9 adalah asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel dan mengendalikan peradangan. Ketiga jenis nutrisi ini dapat Anda peroleh dari bahan makanan nabati dan daging ikan laut.

Namun ketiga jenis asam lemak tak jenuh ini sebenarnya tidak harus diperoleh dalam porsi sama besar sekaligus. Masing-masing memiliki peran dan manfaat yang berbeda bagi tubuh. Selain itu, mengonsumsi salah satunya terlalu banyak mungkin menempatkan Anda pada risiko masalah tertentu. Berikut ini adalah beberapa Manfaat Omega 9 Untuk Kesehatan :

1. Menurunkan Kolesterol Dalam Tubuh

Omega 9 yang diproduksi oleh tubuh maupun didapatkan dari berbagai jenis makanan bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Kolesterol menjadi sumber beberapa jenis penyakit seperti jantung, stroke, pengerasan pembuluh darah dan berbagai pemicu penyakit lainnya.

Kolesterol juga termasuk dalam jenis lemak meskipun lemak ini tidak dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah banyak sehingga sangat tidak baik bila berlebihan.

2. Meningkatkan Respon Peradangan

Peradangan yang terjadi dalam tubuh menyebabkan beberapa jenis penyakit yang memang dipicu dari peradangan. Semua bagian tubuh termasuk darah memiliki resiko peradangan. Namun tubuh biasanya memiliki respon terhadap peradangan dan termasuk antisipasi dari antibodi. Jadi manfaat omega 9 dalam tubuh akan membantu mengirimkan sinyal khusus dan membuat tubuh bisa melawan penyakit.

3. Menurunkan Resiko Pengerasan Arteri

Pengerasan arteri sering menjadi penyebab dari stroke dan juga penyakit jantung lain. Penyakit ini bisa disebabkan oleh gaya hidup yang buruk maupun pola makan yang banyak mengandung lemak buruk. Namun terkadang penyakit yang mengganggu arteri juga bisa disebabkan karena kondisi pembuluh darah yang tidak sehat.

Omega 9 memiliki sistem yang sangat bagus untuk mencegah penumpukan plak dan pengerasan arteri serta melindungi tubuh dari penyakit jantung.

4. Menurunkan Resiko Resistensi Insulin

Resistensi insulin menjadi penyebab penyakit diabetes tipe 1, dimana tubuh bisa menghasilkan insulin tapi tubuh tidak bisa menggunakan insulin sesuai kebutuhan. Hal ini menyebabkan beberapa penderitanya bisa mengalami penumpukan insulin maupun kekurangan insulin. Kondisi ini akan membuat penderita diabetes harus terus mendapatkan bantuan suntikan insulin.

Omega 9 mampu menurunkan resiko resistensi insulin karena tubuh membentuk reaksi yang sangat bagus terhadap kadar kolesterol yang normal.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Penumpukan kolesterol dalam tubuh memiliki efek yang sangat buruk, salah satunya adalah melemahkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya maka sistem kekebalan tubuh akan menurun dan tubuh mudah sakit. Ketika tubuh memiliki kadar kolesterol yang normal dan juga jantung yang sehat maka kekebalan tubuh akan lebih baik dan tubuh bisa melawan berbagai jenis penyakit tertentu.

6. Menurunkan Resiko Kanker

Resiko kanker selalu tetap meningkat ketika tubuh memiliki banyak kandungan kolesterol. Kolesterol memicu perkembangan radikal bebas yang ada dalam tubuh karena sel-sel tubuh tidak mampu melawan sel jahat yang menyebabkan kerusakan pada sel yang sehat.

Manfaat omega 9 memang bisa membantu menurunkan resiko kanker karena tubuh menerima kolesterol yang dibutuhkan termasuk kolesterol baik. Resiko penumpukan kolesterol juga sangat rendah sehingga resiko kanker juga menurun.

Top Untuk Kanker

7. Meningkatkan Penyerapan Vitamin

Berbagai jenis vitamin memiliki fungsi yang berbeda untuk tubuh. Vitamin diperlukan secara khusus untuk organ tubuh terutama karena membantu perkembangan organ tubuh dan mempertahankan fungsi organ agar seimbang.

Omega 9 membantu tubuh dalam menyerap berbagai jenis vitamin yang masuk ke tubuh termasuk vitamin yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Omega 9 memiliki peranan yang sangat baik karena bisa membuat semua jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh memang terpenuhi.

8. Menjaga Respon Syaraf

Syaraf kita memiliki peran yang sangat penting terutama untuk memberikan respon dalam keseimbangan otot, jaringan tubuh dan otak. Omega 9 membantu tubuh dalam menjaga respon syaraf termasuk membentuk ingatan yang baik dan kecerdasan otak. Bila dibandingkan dengan omega 3 dan omega 6, mungkin omega 9 memang berperan lebih kecil, tapi mampu mendukung kesehatan syaraf yang baik untuk anak-anak hingga orang tua.

9. Mencegah Stroke

Manfaat omega 9 mengurangi penumpukan kolesterol arteri dan pembuluh darah. Omega 9 bekerja dengan menurunkan kolesterol jahat yang cepat memblok arteri. Arteri yang terkena blok oleh kolesterol biasanya tidak dapat berfungsi dengan baik dan bila terus terjadi maka bisa menyebabkan kerusakan fungsi yang biasanya ditunjukkan dengan gejala stroke. Orang tua memiliki resiko yang lebih berat terkena stroke karena kebiasaan konsumsi makanan yang tidak sehat.

10. Menurunkan Resiko Arthritis

Artritis atau penyakit yang menyebabkan nyeri sendi parah memang sering terjadi pada orang tua. Penyakit ini juga disebabkan karena peradangan yang menyerang pada bagian sendi. Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung omega 9 sejak masih kecil memang sangat bagus terutama untuk mencegah peradangan sendi saat usia lanjut.

11. Menjaga Kesehatan Tubuh

Omega 9 memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini sebenarnya dipengaruhi dari berbagai manfaat yang berhubungan dengan kesehatan jantung dan sistem syaraf. Kolesterol telah meningkatkan berbagai jenis resiko penyakit dan omega 9 membuat tubuh menjadi lebih sehat. Karena itu konsumsi berbagai jenis makanan dengan kandungan omega 9 layak untuk anak-anak hingga orang tua.

Sumber Makanan Omega 9

Omega 9 bisa didapatkan oleh tubuh dalam bentuk zat makanan lain dan kemudian tubuh akan memproduksi omega 9 tersebut. Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung omega 9 tetap disarankan karena manfaat omega 9 yang sangat lengkap terutama untuk perlindungan kesehatan jantung dan tubuh.

Beberapa jenis makanan yang mengandung omega 9 adalah sebagai berikut :

  • Alpukat
  • Minyak Canola
  • Kacang Mete
  • Kacang Almond
  • Kacang Pistachio
  • Minyak Zaitun
  • Minyak Biji Chia
  • Kuaci Biji Matahari
  • Kacang Tanah
  • Kacang Macadamia

Untuk mendapatkan manfaat yang penuh dari berbagai jenis makanan tersebut, maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang segar. Hindari menyimpan semua jenis makanan dengan kandungan omega 9 tinggi di tempat yang panas, dan lebih baik jika Anda menyimpannya di dalam kulkas.

Hal ini disebabkan karena manfaat omega 9 yang terkandung dalam biji dan kacang-kacangan mudah rusak. Selain itu sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi berbagai jenis makanan sumber omega 9 bersamaan dengan jenis lemak jenuh seperti daging merah.