Categories
Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan , Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh , Efek Jarang Mandi Pagi dan Sore , Bahaya Mandi Malam Hari , Cara Menjaga Kesehatan
Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan

Pagi hari adalah sumber kebahagiaan; cahaya matahari yang tidak terlalu panas ditambah dengan udara sejuk di pagi hari merupakan hal menyenangkan yang selalu ditunggu-tunggu ketika kita bangun dari tidur. Salah satu cara untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat di sepanjang hari adalah dengan mandi di pagi hari.

Ya, setiap orang memiliki alasan beragam ketika melakukan aktivitas mandi. Entah hanya untuk membersihkan diri, melepas penat, menghilangkan keringat dan kotoran, hingga untuk meningkatkan semangat; yang pasti adalah, tanpa disadari, mandi dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk menjalankan aktivitas di sepanjang hari.

Namun sayangnya, di antara waktu mandi yang biasa kita lakukan; mandi di pagi hari adalah aktivitas yang terkadang sering kita abaikan. Entah karena terburu-buru untuk beraktivitas atau memang karena tidak suka terkena air dingin di pagi hari. Padahal, mandi bukanlah sekadar aktivitas biasa; karena faktanya, mandi di pagi hari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut adalah beberapa Manfaat Mandi Pagi Bagi Kesehatan :

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang sering melakukan rutinitas mandi pagi dengan air dingin, maka peredaran darah akan semakin lancar. Selain itu tubuh akan menjadi lebih segar, rileks, dan bugar.

  1. Meningkatkan Sel Darah Putih

Hasil studi di Inggris menunjukkan bahwa mandi pagi dapat meningkatkan sel darah putih dalam tubuh anda. Jika sel darah putih meningkat, maka dapat membuat daya tahan serta kemampuan tubuh anda meningkat. Tubuh anda tidak rentan terhadap virus penyakit.

  1. Terhindar dari Penyakit Rheumatik

Penyakit rheumatik dapat bersumber dari dampak bahaya mandi malam hari bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya, mandi pagi akan menghindarkan anda dari penyakit rheumatik yang sering mengganggu aktivitas anda.

  1. Mengurangi Tingkat Stress

Dengan membasahi tubuh menggunakan air di pagi hari akan membuat pasokan oksigen dengan jumlah yang cukup untuk tubuh anda. Kebutuhan oksigen yang terpenuhi akan mampu mengurangi tingkat stress yang sedang anda alami.

  1. Menurunkan Resiko Darah Tinggi

Mandi pagi dapat menurunkan resiko darah tinggi, varises, serta mengerasnya pembuluh darah. Hal itu dikarenakan mandi pagi akan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

  1. Mengurangi Kadar Gula Darah

Pada proses detokfikasi, kadar gula dalam darah akan diseimbangkan oleh suhu air jika anda rutin mandi pagi. Dengan ini akan menghindarkan anda dari penyakit diabetes.

  1. Meningkatkan Kesuburan

Mandi pagi bermanfaat meningkatkan produksi hormone testoteron pada pria serta hormone estrogen pada wanita. Hal ini dapat meningkatkan kesuburan serta gairah pergaulan.

  1. Menjaga Kelembapan serta Kesegaran Kulit

Air dingin di pagi hari mengandung karbondioksida yang bermanfaat mengeluarkan racun pada tubuh anda. Sehingga dengan mandi pagi akan menjaga kelembapan serta kesegaran kulit anda.

  1. Memperbaiki Kesehatan Jaringan Tubuh

Kebiasaan mandi pagi akan membuat jaringan tubuh anda membaik. Hal ini dikarenakan kandungan oksigen yang dimiliki oleh air di pagi hari.

  1. Meningkatkan Kesehatan Rambut Kepala

Mandi pagi dapat memperkuat akar rambut yang pada akhirnya membuat rambut tidak mudah rontok dan kusam.

  1. Meredakan Depresi

Ternyata mandi pagi dilakukan oleh pejuang samurai Jepang pada zaman dulu. Mereka biasa menyebutnya dengan misogi. Hal itu menjadikan rilek, dan lebih tenang serta meredakan depresi.

  1. Meningkatkan Energi dan Pikiran

Dengan air dingin pada pagi hari akan membuat tubuh menjadi segar. Hal itu akan mengakibatkan energi dan pikiran anda meningkat.

  1. Meningkatkan Gerakan Limfatik

Sistem limfatik berperan penting dalam mengangkut sel darah putih untuk melawan infeksi. Mandi pagi dapat mendorong sistem kerja limfatik pada tubuh anda.

  1. Merangsang Penurunan Berat Badan

Bagi anda yang mengalami obesitas disarankan untuk rutin mandi pagi. Mandi pagi dapat mendorong produksi energi pembakaran lemak serta mempercepat metabolism tubuh anda.

  1. Mengatur Suhu Tubuh

Mandi pagi dapat bermanfaaat untuk mengatur suhu tubuh dan bermanfaat untuk mengaktifkan sistem penyembuhan tubuh.