Manfaat Makan Brokoli

Manfaat Makan Brokoli

Image result for brokoli

Manfaat brokoli hijau mampu menekan risiko penyakit kanker karena kandungan antioksidan yang sangat besar di dalam brokoli. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa mengonsumsi brokoli secara teratur setiap hari dapat melindungi tubuh dari bakteri perut yang berakibat pada gangguan pencernaan, salah satunya penyakit maag. Selengkapnya simak Manfaat Makan Brokoli  lainnya yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh Anda.

  1. Menurunkan Berat Badan

Brokoli itu rendah lemak dan kalori lho, maka mengonsumsinya di kala diet mampu menjadi cara menguruskan berat badan yang jitu. Terlebih dengan kandungan seratnya menjadikan perut tak gampang lapar dan keinginan untuk ngemil apalagi makan lebih banyak dapat ditekan deh.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Brokoli pun adalah sumber makanan yang mengandung vitamin A tinggi selain wortel, jadi untuk cara menjaga kesehatan mata silakan mengonsumsi brokoli juga ya. Brokoli pun menawarkan kandungan lutein yang fungsinya mencegah mata rusak akibat terpapar sinar matahari, jadi untuk penglihatan yang lebih baik jangan lewatkan makan brokoli.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Untuk yang punya risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi, brokoli adalah sayuran yang pas dinikmati sebagai pengontrol tekanan darah. Mineral magnesium dan kaliumnyalah yang mampu membantu agar tekanan darah tak gampang melonjak.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Penebalan arteri bisa menyebabkan kesehatan jantung terganggu, oleh karena itu demi meminimalisir risiko ini bisa mengonsumsi brokoli yang kaya lutein karotenoid. Brokoli juga membawa kandungan folat serta vitamin B6 yang siap menurunkan risiko penyakit stroke dan juga serangan jantung lho.

  1. Menutrisi Ibu Hamil

Brokoli punya kandungan asam folat tinggi yang tentunya dibutuhkan para ibu hamil. Jadi kalau ibu hamil secara rutin mengonsumsi sayuran satu ini, kesehatan ibu hamil akan terjaga dengan baik dan bayi akan lahir dengan sehat sekaligus terhindar dari kecacatan.

  1. Mencegah Kanker Payudara

Tak hanya mampu menjadikan payudara lebih padat, berisi, dan kencang, makan brokoli juga sanggup mencegah payudara dari kanker. Antioksidan di dalam brokolilah yang mampu memperkecil risiko kanker payudara dan kandungan fitoestrogennya akan membuat jaringan payudara tumbuh dan sehat.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Brokoli adalah sayuran pelindung kulit dari bahaya sinar matahari langsung dengan kandungan fitonutriennya. Ingat, brokoli pun dianggap sebagai jenis sayur pencerah kulit dengan kandungan vitamin K, asam folat, serta vitamin A-nya. Tak hanya itu, vitamin E, vitamin B kompleks serta vitamin C-nya membantu proses regenerasi kulit sehingga jaringan kulit yang rusak akan tergantikan secara alami.

  1. Mendetoksifikasi Tubuh

Di dalam tubuh kita terdapat berbagai bahan kimia dan toksin dari segala macam asupan makanan atau minuman yang masuk sehari-hari. Brokoli adalah sayur yang mampu menjadi penetralisir sehingga bahan kimia yang tak lagi dibutuhkan di dalam tubuh dapat dihilangkan secara alami. Bahkan dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi, brokoli bisa menjadi penambah daya tahan tubuh.

Supaya kandungan nutrisi di dalam brokoli tidak hilang, pastikan untuk memasaknya dengan benar. Kukus atau tumislah brokoli beberapa menit saja dan hindari memasaknya terlalu lama supaya manfaat makan brokoli bisa dirasakan secara optimal.