Manfaat Madu Untuk Bumil

Manfaat Madu Untuk Bumil

Image result for madu

Saat hamil, anda tentu ingin memberikan segala nutrisi terbaik untuk Si Kecil yang sedang tumbuh di dalam perut Anda. Untuk itu, Moms pasti mengonsumsi semua makanan kaya nutrisi yang baik untuk Anda dan janin. Salah satu makanan yang dikenal baik untuk tubuh adalah madu.

Ya, si manis yang satu ini tidak hanya enak, namun juga memiliki banyak manfaat. Tetapi di lain sisi, ibu hamil banyak yang ragu untuk mengonsumsi madu, karena madu tergolong makanan mentah yang bisa mengandung bakteri. Berikut adalah Manfaat Madu Untuk Bumil.

1. Meredakan Gangguan Pencernaan

Pada kehamilan, pencernaan memang menjadi hal utama yang terasa tidak nyaman, apalagi kalau sudah memasuki trimester ketiga. Cobalah mengonsumsi segelas susu hangat yang dicampur dengan sesendok madu karena dijamin rasa tak nyaman di pencernaan akan mereda.

2. Mengatasi Insomnia

Para bumil yang punya masalah dengan gangguan tidur semacam insomnia, coba deh minum madu yang dicampur pada susu. Cukup satu sendok teh madu dicampurkan merata pada secangkir susu hangat dan meminumnya setiap malam sebelum tidur akan membuat tidur jauh lebih nyenyak.

3. Mengurangi Alergi Musiman

Bagi pemilik gangguan kesehatan seperti alergi musiman, bumil tak lagi perlu khawatir apa yang harus dikonsumsi. Madu murni apalagi yang lokal ada kandungan serbuk sari yang kalau meminumnya setiap hari justru menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh terhadap alergi musiman.

4. Meredakan Stres

Perubahan mood, suasana hati atau semacamnya pastinya sering terjadi pada bumil yang membuat ketidaknyamanan tersendiri. Sesendok makan madu setiap hari yang diminum langsung atau dicampur bersama segelas susu hangat akan memberikan relaksasi alami. Efek rileks inilah yang mampu membuat bumil jadi lebih cepat dan lelap saat tidur.

5. Melawan Flu

Madu mengandung sifat antivirus sehingga bagi bumil yang khawatir akan penyakit flu atau masuk angin, minumlah madu. Selama hamil, pastikan untuk tidak minum obat sembarangan, semacam antibiotik atau obat dengan kandungan yang berat karena bisa jadi berbahaya bagi janin. Cukup sesendok madu dicampurkan ke dalam segelas air putih atau air jahe (boleh juga air lemon), minumlah rutin agar flu cepat reda dan lendir juga jadi berkurang secara alami.

6. Meredakan Batuk

Selain flu dan masuk angin, madu juga baik untuk para bumil yang mengalami batuk. Karena perlu menghindari obat-obatan kimia, selama batuk cobalah mengonsumsi madu murni yang bisa dicampur dalam air hangat biasa, air jahe, atau air lemon supaya tenggorokan bisa lebih lega serta mencegahnya dari radang yang lebih buruk.

7. Menjadi Penyembuh Luka

Karena bumil tidak boleh menggunakan sembarang obat, bahkan obat luar/oles sekalipun, maka madu adalah bahan alami yang bisa diandalkan. Untuk rasa nyeri atau luka pada waktu hamil, olesi saja bagian luka tersebut dengan madu murni daripada meminum obat-obat khusus pereda nyeri yang bisa saja membahayakan janin.

8. Mengatasi Maag/Luka Lambung

Untuk gangguan pencernaan pada lambung, jangan cemas dan terburu panik. Bumil bisa coba minum madu 1-2 sendok makan per hari untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah maag ataupun luka pada lambung yang bikin nyeri apalagi terus-terusan mual atau muntah.

Manfaat ibu hamil minum madu begitu besar bukan? Namun untuk keamanan sang bumil dan janin, batasi konsumsi 3-5 sendok makan saja setiap hari. Sesendok madu setara dengan 60 kalori sementara bumil memerlukan asupan kalori 1800-2400 kalori per hari, jadi konsumsinya jangan sampai berlebihan ya.