Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Kurma adalah buah yang berasal dari tanah Arab. Meski begitu, kurma banyak terdapat di Indonesia dan mudah untuk ditemukan. Biasanya, kurma bisa Anda temukan di supermarket dan akan lebih banyak dijual ketika Bulan Ramadan tiba.

Buah ini identik dengan buah Bulan Ramadan karena sering disajikan sebagai kudapan ketika berbuka puasa. Rasanya yang manis membuat kurma banyak digemari orang. Namun, bukan hanya karena rasanya yang enak, kurma juga terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan.

Sebagian besar orang mengonsumsi kurma karena buah ini dipercaya memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Kurma dikenal bisa menjadi obat bagi banyak penyakit, mulai dari yang ringan hingga penyakit serius.

Namun, apa sih sebenarnya Manfaat Kurma Untuk Kesehatan ? . Bagi anda yang penasaran , yuk langsung simak ulasannya dibawah ini.

1. Mencegah anemia

Kurma
Kandungan kurma yang kaya akan zat besi yang tinggi sangat ampuh mencegah anemia. Kamu yang memiliki kecenderungan darah rendah disarankan untuk mengonsumsi kurma secara teratur. Kandungan zat besi yang ada di buah kurma bisa menggantikan zat besi yang hilang di tubuh. Selain itu manfaat kurma untuk tubuh lainnya adalah mengurangi perasaan lelah dan lesu.

2. Memelihara kesehatan jantung

Memelihara kesehatan jantung

Khasiat buah kurma lainnya adalah memelihara dan meningkatkan kesehatan jantung. Kurma mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk jantung. Selain zat besi kandungan buah kurma lainnya adalah magnesium yang bisa membantu tekanan darah. Buah kurma juga mengandung kallium yang berfungsi menurunkan tekanan darah.

3. Mengurangi kadar kolestrol

Mengurangi kadar kolestrol

Mungkin kamu kaget dengan manfaat kurma yang satu ini. Buah yang kecil ini ternyata juga bisa mengurangi kadar kolestrol jahat di dalam tubuh. Mengonsumsi kurma secara teratur bisa mengurangi tingkat kolestrol LDL dalam tubuh.

4. Memperbaiki sel kulit rusak

Memperbaiki sel kulit rusak

Manfaat buah kurma bagi tubuh lainnya adalah memperbaiki sel kulit yang rusak. Manfaat yang satu ini juga baik untuk memelihara kecantikanmu loh. Kurma ternyata juga memiliki kandungan asam panthothenic yang termasuk dalam kelompok vitamin B. Asam panthothenic ini berfungsi efektif mencegah kerusakan kulit yang dipicu radikal bebas. Kulit akan terasa lebih kenyal dan bersinar setelah kamu rutin mengonsumsi kurma.

5. Menjaga elastisitas kulit

Menjaga elastisitas kulit

Kurma juga bisa menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C pada kurma lah yang bisa mengatasi dua masalah kulit yang sering dialami oleh wanita. Pasti enggak mau dong kulit yang tidak elastis dan ada tanda-tanda penuaan dini.

6. Mencegah diabetes

Mencegah diabetes
Image: https://www.trufflesandtrends.com

Kurma memang memiliki rasa yang sangat manis tapi ternyata buah ini bisa mencegah diabetes loh. Alasannya kurma memiliki kandungan gula alami yang baik untuk tubuh. Kandungan serat dalam kurma ternyata malah bisa membantu mengontrol gula darah. Penelitian ini pernah diterbitkan di Nutrition Journal tahun 2011 dalam penelitian ini kurma memiliki kandungan yang bisa mencegak meningkatkan kada gula darah setelah dimakan.

7. Mengatasi masalah pencernaan

Mengatasi masalah pencernaan

Kurma juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan serat dalam kurma yang cukup tinggi dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harianmu. Mengonsumsi 2 buah kurma setiap hari bisa melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan siste pencernaan. Kurma ini juga bisa mengatasi sembelit, diare, bahkan mengurangi risiko kanker usus.

8. Membantu mengatasi kebotakan

Membantu mengatasi kebotakan

Bukan hanya buahnya saja, manfaat biji kurma juga ternyata baik loh untuk mengatasi kebotakan. Banyak percaya kalau biji kurma ini bisa mengatasi kebotakan dengan cara yang alami. Khasiat biji kurma yang satu ini sudah lama diketahui dan kamu juga bisa langsung mencobanya. Kamu hanya perlu mencampurkan biji kurma yang sudah dibersihkan dengan miyak zaitun.

Kurma juga mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan mempertahankan imun tubuh. Makanya enggak ada salahnya untuk rajin mengonsumsi buah kurma untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus kecantikan.