Categories
Makanan Kesehatan

Manfaat Kimchi

Manfaat Kimchi

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Cara Mengatasi Kista Tanpa Operasi , Makanan Penambah Hormon , Manfaat Kulit Ayam Untuk Kesehatan , Manfaat Jahe Mentah , Minuman Penurun Panas Demam Alami , Buah Penurun Panas Demam , Manfaat Jahe Lemon , Manfaat Olahraga Lari Lintas Alam , Manfaat Tidur Siang , Manfaat Pohon Kina , Buah Yang Membuat Awet Muda , Manfaat Jambu Mete Untuk Maag , Manfaat Jagung , Makanan Yang Memudahkan Persalinan , Manfaat Kimchi , Buah Untuk Kesehatan Mata , Manfaat Minum Asam Jawa Saat Haid , Manfaat Badan di Kop
Manfaat Kimchi

Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채; Hanja: 沈菜) yang berarti “sayuran yang direndam.”

Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain. Berikut adalah Manfaat Kimchi :

1. Kimchi dapat membangkitkan selera makan

Bagi orang Korea, kimchi merupakan makanan pembuka untuk membangkitkan selera makan. Ibarat kata, kimchi seperti salad jika kita membandingkan dengan makanan barat.

2. Kimchi membantu menjaga kesehatan pencernaan

Selain mengandung kalori yang rendah kimchi juga mengandung serat tinggi. Hal ini tentu akan membantu organ pencernaan untuk menyerap makanan sehingga lebih mudah dan lebih cepat. Kimchi juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit umum dan sangat baik bagi menjaga kesehatan tubuh.

3. Sumber probiotik

Karena kimchi diolah melalui cara fermentasi, maka kimchi memiliki kandungan probiotik yang tinggi. Kandungan probiotik ini membantu menjaga tubuh agar tetap sehat dan membantu melawan semua infeksi. Selain itu kimchi juga mengandung vitamin dan mineral yang membantu untuk memperlancar aliran darah dan meningkatkan sistem imun tubuh dan juga meningkat pertumbuhan otot.

4. Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi kimchi secara rutin setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah. Karena bahan yang digunakan dalam pembuatan kimchi adalah kubis dan juga bawang putih. Kedua bahan makanan ini mengandung allicin dan selenium. Kedua zat ini berfungsi sebagai pengontrol kadar kolesterol dalam tubuh anda agar tetap rendah dan berfungsi untuk mencegah penyumbatan lemak pada dinding arteri atau pembuluh darah.

5. Membantu mendapatkan berat badan ideal

Anda heran mengapa badan wanita korea terlihat langsing dan tidak terlalu gemuk? Itu karena mereka terbiasa mengonsumsi kimchi. Dalam kimchi terdapat bakteri baik yang bernama Lactobacillus yang berfungsi untuk menekan nafsu makan dan membantu menurunkan kadar gula darah. Jadi kimchi menjaga bentuk tubuh agar tetap langsing. Selain itu kimchi memiliki serat tinggi yang membuat kita kenyang lebih lama.

6. Kaya akan antioksidan

Antioksidan dalam kimchi menjaga tubuh kita dari pengaruh radikal bebas yang dapat merusak kesehatan tubuh kita. Bahan-bahan seperti jahe, merica dan bawang putih membantu sistem imun dalam tubuh untuk mencegah masuknya penyakit. Selain itu membantu tubuh menjadi hangat dan mencegah penyakit flu untuk masuk dan menyerang tubuh.

7. Melawan kanker

Kimchi menjadi makanan yang dipercaya bisa melawan kanker. Itu karena kimchi memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang membantu dalam memerangi kanker. Jadi kimchi memiliki peranan dalam memerangi penyakit kanker dalam tubuh.

Itulah manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita mengonsumsi kimchi. Begitu banyaknya manfaat yang bisa diraih hanya dengan mengonsumsi kimchi. Namun dibalik semua manfaat itu kita perlu mengetahui apa saja kandungan dalam kimchi sehingga membuat kimchi menjadi salah satu makanan tersehat di dunia. Baiklah mari kita tengok apa saja kandungan yang terdapat dalam kimchi.

  • Dalam kimchi terdapat serat yang tinggi dan kalori yang rendah.
  • Selain itu terdapat kandungan bakteri baik yaitu bakteri lactobacillus yang berfungi untuk organ pencernaan.
  • Juga terdapat kandungan vitamin A, tiamin (B1), riboflavin (B2), vitamin C, kalsium, dan zat besi.
  • Dalam kimchi juga ditemukan allicin dan selenium yang berfungsi untuk mengontrol kolesterol tinggi dalam darah.