Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan

Manfaat Kembang Kol

Manfaat Kembang Kol

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Manfaat Rebusan Daun Jeruk Nipis , Manfaat Bawang Merah , Manfaat Telur Itik , Cara Menghentikan Perdarahan Luka , Obat Mimisan Alami  , Ciri Ciri Radang Tenggorokan Parah , Gejala Sinusitis Akut dan Kronis , Penyebab Anosmia Paling Berbahaya , Bahaya Mie Instan Yang Mematikan , Bahaya Formalin Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Jeruk Lemon , Manfaat Daun Pandan , Manfaat Coklat Bagi Kesehatan , Manfaat Air Beras Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Naga , Manfaat Daun Tespong , Bahan Alami Mengatasi Gatal , Obat Tidur Alami , Obat Pertolongan Pertama Yang Aman , Obat Pelancar Haid , Manfaat Kembang Kol , Manfaat Daun Selada
Manfaat Kembang Kol

Kembang kol atau bunga kol merupakan tumbuhan yang termasuk dalam kelompok botrytis dari jenis Brassica oleracea (suku Brassicaceae). Sebagai sayuran, tumbuhan ini lazim dikenal sebagai kubis bunga yang merupakan terjemahan harafiah dari bahasa Belanda bloemkool. Kata blumbol juga dikenal secara lazim.

Kubis bunga berbentuk mirip dengan brokoli. Perbedannya, kubis bunga memiliki kepala bunga yang banyak dan teratur dengan padat. Hanya “kepala” kembang kol yang lazim dimakan (dalam literatur berbahasa Inggris disebut white curd). Pada dasar kepala tersebut terdapat daun-daun hijau yang tebal dan tersusun rapat. Kubis bunga juga mirip dengan kubis romanesco.

Kembang kol merupakan sumber vitamin dan mineral dan lazimnya dimakan dengan dimasak terlebih dahulu, meskipun dapat pula dimakan mentah maupun dijadikan acar. Berikut adalah Manfaat Kembang Kol :

1. Menjaga kesehatan jantung

Di dalam bunga kol terdapat kandungan vitamin K  yang bersifat anti radang. Dengan mengkonsumsinya sirkulasi darah pada tubuh kita akan lancar dan sehat. Selain itu juga ada senyawa glucoraphanin yang berperan sebagai penjaga saluran darah agar tidak tersumbat. Dengan begitu kesehatan jantung kita kan terjaga dan tidak mudah diserang penyakit.

2. Memperkuat tulang

Vitamin C yang ada dalam kembang kol sangat baik dalam hal memproduksi kolagen yang mampu melindungi melindungi sendi dan tulang dari kerusakan akibat oeradangan. Tidak hanya itu vitamin K yang ada di dalamnyapun sangat baik dalam mencegah kehilangan atau pengurangan massa tulang, baik untuk pria ataupun wanita.ena di dalam bunga kol tersebut.

3. Meningkatkan kinerja otak

Ternyata dengan mengkonsumsi kembang kol, maka kecerdasan otak anda akan meningkat, karena kembang kol memiliki kandungan berupa kolin dan fosfor yang efektif dalam memperbaiki daya dari membran sel dengan tujuan untuk menjaga fungsi sistem otak dan saraf penghubung sinyal. Selain itu ada juga kandungan yang berupa kalium dan vitamin B6 yang sangat ampuh dalam menjaga kesehtan otak kita.

4. Mengatasi stroke

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa sayuran dan buah-buahan yang memiliki daging putih sangat ampuh untuk penyembuhan stroke. Kembang kol termasuk ke dalam bagian sayur yang berdaging putih. Dalam kembang kol terdapat senyawa allicin yang dapat membantu membersihkan hati dan darah, sehingga kemungkinan terserang stroke sangatlah kecil.

5. Mengobati diabetes

Bagi anda yang sedang mengidap penyakit diabetes, disarankan bagi anda untuk mengkonsumsi bunga kol. Karena dalam bunga kol terdapat kandungan kalium yang mampu membantu dalam mengatur metabolisme glukosa dalam darah. selain itu kalium juga mampu merangsang pankreas untuk mensekresika hormon insulin untuk mengambil tindakan dalam mengangkat gula berlebih dalam tubuh. Selain kalium, vitamin B6 yang ada di dalam bunga kol sangat efektif dalam meningkatkan toleransi glukosa pada tubuh pasien penderita diabetes.

6. Memperkuat sistem kekbalan tubuh

Kembang kol merupakan sayuran yang kaya akan antioksidan dan nutrisi yang bersifat memperkuat imun. Selain sebagai antioksidan yang baik, kembang kol juga memiliki kandungan vitamin C yang mampu mencegah berbagai macam infeksi dan memperkuat mekanisme pertahann tubuh dengan menghambat pertumbuhan kuman atau bakteri penyebab penyakit.

7. Mengatasi kanker

Dalam kembang kol terdapat senyawa kimia yang bernama indole 3 carbinol, senyawa ini dianggap mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker karena bekerja sebagai agen anti esterogen. Kanker yang bisa dicegah dengan kembang kol antara lain, kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat.

8. Mengatasi sembelit

Jika anda sering mengalami sembelit sebaiknya anda segera mengkonsumsi kembang kol, karena sayuran ini kaya kan serar yang baik untuk tubuh dan mampu mengurangi kadar kolesterol sehingga anda aman dari sembelit.

9. Memperlancar pencernaan

Kembang kol memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang mampu membantu menjaga pencernaan tetap sehat dan lancar serta meningkatkan pengeluaran racun dari dalam tubuh. Kehadiran senyawa glukosinolat, glucoraphanin dan sulforaphane pada kembang kol melindungi lapisan perut atau organ-organ pencernaan dari serangan kuman dan bakteri.

Untuk Ibu Hamil

1. Memberikan asupan nutrisi baik bagi bayi

Bagi ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi kembang kol secara teratur karena sangat baik bagi kesehatan janin, hal ini disebabkan kandungan nutrisi yang baik bagi jani dalam bunga kol seperti folat, vitamin A, vitamin B serta vitamin C

2. Memperlancar proses kelahiran

Dengan mengkonsumsi bunga kol secara teratur mampu meningkatkan daya tahan ibu dan bayi, sehingga ketika kontraksi terjadi ibu tidak akan terlalu bekerja keras karena sang bayipun juga membantu sang ibu dengan melakukan dorongan.

Untuk Kecantikan

1. Menangkal radiasi ultraviolet

Bagi anda yang suka travelling seperti ke pantai dan lainnya. Anda tak usah takut denagn sengatan sinar matahari. Anda bisa menangkal pancaran ultraviolet dengn hanya mengkonsumsi kembang kol secara teratur. Komponen sulforaphane yang ada dalam kembang kol sangat efektif melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, seperi radang, kanker kulit dan kerusakan sel.

2. Melangsingkan badan

Badan yang ideal dan langsing adalah kebutuhan bagi seorang wanita agar terlihat cantik. Untuk itu bagi anda yang mungkin memiliki berat badan lebih, anda bisa menurunkannya dengan mengkonsumsi kembang kol. Dalam sayuran ini terdapat senyawa indoles, yang memiliki efek anti obesitas. Selain itu kembang kol juga membantu menstimulus thermogenesis untuk pembakaran lemak dan mencegah obesitas.

3. Awet muda

Keriput atau penuaan dini adalah suatu aib bagi wanita. Untuk itu bagi anda yang ingin selalu terlihat awet muda, anda bisa mengkonsumsi kembang kol secara tertaur, karena kandungan antioksidan di dalamnya dipercaya mampu menangkal radikal bebas penyebab timbulnya tanda-tanda penuaan dini.

Efek Samping Kembang Kol

Itulah beberapa manfaat yang ada di dalam kembang kol. Meskipun banyak manfaat yang akan kita dapatkan dari mengkonsumsi kembang kol, kita tidak boleh berlebihan dalam menggunakannya, karena kembang kol memiliki efek samping bagi pengguna yang berlebihan, anatara lain

  • Gas perut

Karbohidrat yang ada di dalam kembang kol sangatlah kompleks dan tidak bisa dipecahkan secara sempurna dalm saluran pencernaan. Bakteri yang akan memakan karbohidrat sisa yang belum dipecah, sehingga bisa menyebabkan kemnbung dan keluar gas yang berbau seperti hidrogen dan karbondioksida.

  • Purin

Dalam bunga kol mengandung zat yang bernama purin, zat ini sangat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan, karena purin akan terpecah menjadi asam urat dalam tubuh.

  • Anafilaksis

Anafilaksis adalah nama lain dari alergi berat. Bagi anda yang mengkonsumsi kembang kol secara berlebih akan mengalami alergi. Alergi yang akan terjadi seperti pembengkakakan pada bagian tubuh, gatal-gatal dan sesak nafas.