Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan

Manfaat Kembang Kantil

Manfaat Kembang Kantil

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Manfaat Rebusan Cengkeh , Manfaat Daun Bidara , Manfaat Makan Bubur Kacang Hijau , Manfaat Kelapa Merah Untuk Kesehatan , Manfaat Sendok untuk Kecantikan , Penyebab Beruntusan di Dahi , Mengatasi Jerawat Dengan Cuka Apel , Alasan Terjadinya Rahim Turun , Manfaat Jengger Ayam Jago , Cara Mengatasi Sakit Tulang Belakang , Manfaat Pucuk Pepaya , Penyakit Yang Disebabkan Kuman Gigi , Manfaat Kulit Apel Hijau , Manfaat Daun Durian Belanda , Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan , Cara Mendeteksi Penyakit Ginjal , Pengertian Dehidrasi , Makanan Sehat Untuk Kulit , Efek Samping Bawang Putih , Bahaya Obat Nyamuk Bakar Dan Semprot , Faktor Penyebab Asma , Makanan Penurun Darah Tinggi , Makanan Peninggi Badan Alami , Penyebab Kulit Kering , Manfaat Rutin Minum Susu Almond , Efek Samping Minum Jeruk Nipis Setiap Hari , Gejala Migrain , Cara Mencuci Wajah Dengan Benar , Penyebab Obesitas , Manfaat Kembang Kantil , Manfaat Makan Bawang Merah
Manfaat Kembang Kantil

Kantil (Cempaka Putih) merupakan tanaman yang mempunyai bunga berwarna putih dan berbau harum dengan tinggi pohon mencapai 30 meter. Bunga kantil yang mempunyai nama latin Michelia alba dan masih berkerabat dekat dengan bunga jeumpa(cempaka kuning) ini merupakan tanaman khas (fauna identitas) provinsi Jawa Tengah.

Mitos yang berkembang di masyarakat, aroma bunga kantil yang khas sangat disukai oleh kuntilanak, sejenis makhlus halus berjenis kelamin perempuan. Kuntilanak, menurut mitos ini, sering menjadikan pohon kantil (cempaka putih) sebagai rumah tempat tinggalnya. Terlepas dari mitos tersebut, kantil mempunyai nilai tradisi yang erat bagi masyarakat Jawa, terutama Jawa Tengah baik dalam prosesi perkawinan maupun kematian. Nah berikut ini kami akan memberikan anda apasaja Manfaat Kembang Kantil :

  • Pelengkap upacara adat

Kembang kantil umumnya digunakan sebagai hiasan sanggul ataupun hiasan senjata leluhur seperti keris pada berbagai upacara adat pernikahan masyarakat Jawa dan Bali.

  • Bahan pewangi rambut

Biasanya, kembang kantil diselipkan di daerah rambut wanita agar dapat memberikan aroma harum pada rambut.

  • Menghilangkan bau badan

Aroma harum yang dihasilkan oleh kembang kantil dapat berfungsi untuk menghilangkan bau badan yang umumnya disebabkan oleh keringat dan bakteri yang menempel di dalam tubuh. Hal ini dapat dilakukan dengan cara  merebus kembang kantil di dalam air, kemudian hasil rebusan tersebut diminum untuk menghilangkan bau badan. Ataupun air rebusan kembang kantil digunakan sebagai air mandi, dengan atau tanpa dicampurkan dengan daun sirih.

  • Mengobati gangguan vertigo

Kembang kantil dipercaya dapat mengatasi gangguan vertigo, yaitu suatu kondisi sakit kepala dimana penderita mengalami sensasi berputar-putar pada bagian kepala. Hal ini dapat dilakukan dengan cara merebus 5 – 7 kuntum kembang kantil dengan 500 ml air, kemudian air direbus hingga tersisa 200 ml. Air tersebut diminum selagi hangat dan kemudian vertigo akan menghilang.

  • Membantu mengobati gangguan pencernaan

Kembang kantil dipercaya dapat membantu mengobati perut kembung, mencegah penyakit asam lambung seperti maag. Bahkan, kembang kantil dapat membantu menyehatkan lambung, menjaga kesehatan pencernaan, serta mencegah mual yang mungkin terjadi. Caranya adalah sangat mudah, yaitu 5 kuntum kembang kantil, 5 gram kulit jeruk keprok kering, 3 butir kapulaga (manfaat kapulaga untuk kesehatan adalah menurunkan risiko penyakit gastrointestinal), 15 gram jahe direbus bersamaan dengan 700 ml air hingga tersisa 300 ml, kemudian campuran disaring dan diminum selagi hangat.

  • Membantu mengobati masalah keputihan dan melancarkan haid

Keputihan seringkali dialami oleh wanita yang disebabkan oleh infeksi jamur. Masalah keputihan dapat diatasi dengan mengonsumsi kembang kantil. Kembang kantil dapat mengatasi jamur yang menjadi penyebab utama keputihan. Selain itu, kembang kantil dipercaya dapat membantu melancarkan haid. Haid yang tidak lancar umumnya dapat disebabkan oleh stres dan faktor kelelahan. Kembang kantil dapat membantu mengurangi stres yang menjadi faktor penyebab tidak lancarnya haid. Caranya adalah 30 gram kembang kantil kering direbus dengan air secukupnya, bersamaan dengan 60 gram jail (direndam dahulu hingga lembut), 15 gram kulit delima kering (manfaat delima merah adalah meningkatkan kesuburan) dan air rebusan diminum selagi hangat, sedangkan jali dimakan.

  • Mengatasi peradangan saluran pernapasan

Kembang kantil dapat membantu mengobati berbagai gangguan pernapasan, termasuk sinusitis. batuk rejan dan batuk berdahak, serta radang tenggorokan. Namun, untuk pengobatan batuk, dapat dilakukan dengan ramuan yang lebih kental, yaitu air yang digunakan harus lebih sedikit. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah, yaitu merebus 30 gram kembang kantil bersamaan dengan 15 gram jahe, 30 gram daun mint, 2 batang daun bawang putih yang direbus bersamaan dengan 800 ml air hingga tersisa 400 ml air, kemudian air campuran diminum 2 kali sehari masing-masing sebanyak 200 ml.

  • Membantu mengatasi gangguan dada

Kembang kantil dapat digunakan untuk mengatasi sesak dada yang seringkali dirasakan. Caranya adalah 15 gram kembang kantil kering direbus bersamaan dengan 500 ml air hingga tersisa 300 ml air, kemudian air diminum selagi hangat.

  • Membuat awet muda

Kembang kantil dipercaya dapat menyebabkan awet muda, sehingga perawakan terlihat tidak bertambah tua. Kandungan gizi dalam kembang kantil dipercaya dapat menghambat seseorang untuk terlihat tua.

  • Membantu mengatasi pembesaran prostat

Kembang kantil dapat membantu mengatasi pembesaran prostat yang umumnya terjadi pada pria yang sudah lanjut usia. Caranya adalah sangat mudah, yaitu dengan merebus 30 gram kembang kantil kering, bersamaan dengan 30 gram daun kumis kucing segar, dan 30 gram daun sendok segar dengan air sebanyak 700 ml, kemudian rebus hingga tersisa air 300 ml, air campuran ramuan diminum selagi hangat.

Berbagai manfaat bunga cempaka putih untuk kesehatan akan sangat berguna bagi Anda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang mendera tubuh. Unik untuk dicoba, bukan? Ayo, segera buktikan khasiatnya.