Categories
Makanan Kesehatan Minuman Kesehatan

Manfaat Kayu Manis Cina

Manfaat Kayu Manis Cina

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Manfaat Rebusan Daun Jeruk Nipis , Manfaat Bawang Merah , Manfaat Telur Itik , Cara Menghentikan Perdarahan Luka , Obat Mimisan Alami  , Ciri Ciri Radang Tenggorokan Parah , Gejala Sinusitis Akut dan Kronis , Penyebab Anosmia Paling Berbahaya , Bahaya Mie Instan Yang Mematikan , Bahaya Formalin Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Jeruk Lemon , Manfaat Daun Pandan , Manfaat Coklat Bagi Kesehatan , Manfaat Air Beras Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Naga , Manfaat Daun Tespong , Bahan Alami Mengatasi Gatal , Obat Tidur Alami , Obat Pertolongan Pertama Yang Aman , Obat Pelancar Haid , Manfaat Kembang Kol , Manfaat Daun Selada , Manfaat Minyak Ikan , Manfaat Buah Anggur , Makanan Penderita Kolesterol Tinggi , Bahaya Ikan Tuna , Tips Awet Muda Untuk Pria , Cara Mengobati Rematik Secara Alami , Khasiat Lidah Buaya Untuk Kulit , Makanan Pencegah Kanker Getah Bening , Efek Samping Jahe , Bahaya Infeksi Saluran Kencing , Ciri Ciri Gagal Ginjal , Ciri Ciri Lelaki Subur , Manfaat Pare Untuk Kolesterol , Menepuk Nepuk Wajah untuk Kecantikan , Manfaat Minum Jus Tomat Sebelum Tidur , Makanan Untuk Badan Tidak Lemas , Khasiat Buah Mengkudu , Bahaya Mencabut Bulu Kemaluan , Efek Minuman Bersoda Bagi Wanita Menstruasi , Tanda Tanda Kanker Serviks , Cara Menjaga Kesehatan Ginjal , Manfaat Kayu Manis Cina , Cara Menghilangkan Mata Bintitan , Manfaat Bunga Serai Merah
Manfaat Kayu Manis Cina

ayu manis Cina termasuk dalam Familia Lauraceae dan mempunyai tinggi 8-17 m yang kulit batangnya berwarna cokelat keabu­abuan dan wangi. Tanaman ini berasal dari Cina dan biasa ditanam sebagai tanaman obat atau tanaman rempah. Berikut ini kami akan memberikan apa saja Manfaat Kayu Manis Cina :

  1. Mencegah Pertumbuhan Bakteri dan Patogen

Manfaat air rebusan kayu manis cina adalah memiliki aktivitas anti mikroba. Sifat antimikroba ini sudah dibuktikan dari sebuah Universitas Amerika Serikat dimana kandungan Cinnamaldehyde dalam kayu manis cina bisa mencegah pertumbuhan bakteri rongga mulut hingga mencapai 50%. Selain itu, rempah ini juga sangat efektif digunakan untuk mencegah patogen lain seperti di area lidah, menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri, dermatofit dan juga jamur filamen.

  1. Anti Diabetes

Kayu manis cina juga sudah digunakan sejak lama untuk mengatasi penyakit diabetes karena memiliki sifat anti diabetes yang berasal dari Cinnamaldehyde. Dari hasil penelitian membuktikan jika mengkonsumsi kayu manis cina bisa mengurangi tingkatan glukosa plasma sekaligus meningkatkan kadar insulin plasma dalam tubuh. Selain itu, kandungan dalam rempah ini juga bisa mengurangi kolesterol total, hemoglobin glikosilasi dan juga trigliserida.

  1. Sebagai Penambah Rasa

Menambahkan kayu manis cina ini adalah masakan, permen, minuman, permen karet, kue, es krim dan berbagai makanan lainnya juga menjadi kegunaan kayu manis cina selanjutnya. Selain itu, karena aroma yang dihasilkan cukup kuat, maka manfaat kulit kayu manis cina juga sering digunakan dalam bahan pembuatan parfum.

  1. Menurunkan Kolesterol

Kandungan dalam kayu manis cina ini juga sangat baik dikonsumsi sebagai teh untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi seperti trigliserida sebanyak 23% dan juga LDL yakni kolesterol jahat sebanyak 27% sehingga tidak hanya baik dikonsumsi penderita diabetes, namun juga sangat ampuh untuk mengatasi penyakit lain yang disebabkan karena kolesterol terlalu tinggi.

  1. Mencegah Penggumpalan Darah

Kayu manis cina juga berkontribusi pada penggumpalan darah dengan cara membatu penipisan darah  serta mencegah penggumpalan platelet. Untuk itu, kayu manis cina bisa digunakan sebagai anti koagulan.

  1. Meningkatkan Memori dan Melindungi Otak

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kayu manis cina ini juga dikatakan bisa memperbaiki aktivitas otak. Rempah ini bisa meningkatkan proses kognitif dan sudah terbukti ampuh dalam penelitian dalam meningkatkan memori dan juga kecepatan visual motor khususnya untuk anda yang sering bekerja di depan komputer. Untuk itu, kayu manis cina ini bisa digunakan sebagai solusi herbal mengatasi berbagai penyakit neurodegeneratif seperti parkinson, alzheimer, tumor otak dan meningitis.

  1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Dalam pengobatan tradisional Cina, jenis kayu manis ini juga sering digunakan sebagai solusi diare, sakit perut, mual, muntah dan berbagai gangguan pencernaan lainnya. Ini bisa terjadi karena dalam kayu manis cina bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencerna berbagai jenis buah, susu dan produk turunan susu sehingga nutrisi bisa diserap lebih mudah dan bagian yang tidak terpakai segera bisa dikeluarkan dari dalam tubuh.