Categories
Tentang Kesehatan

Manfaat Kalium

Manfaat Kalium

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat , Cara Mengobati Eksim Basah , Ciri-Ciri Penyakit Bronkitis , Manfaat Air Kelapa Untuk Tubuh , Khasiat Alpukat , Manfaat Sagu , Cara Menghaluskan Kulit Wajah , Cara Menangani Gigi Ngilu , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Efek Samping Minyak Kelapa , Manfaat Buah Semangka , Manfaat Kalium
Manfaat Kalium

Kalium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang K dan nomor atom 19. Dari bahasa Neo-Latin kalium. Ia pertama kali diisolasi dari potas (en), abu tanaman, asal nama bahasa Inggrisnya. Dalam tabel periodik, kalium adalah salah satu logam alkali. Semua logam alkali memiliki satu elektron valensi di kelopak elektron terluarnya, yang mudah dilepaskan untuk membentuk ion bermuatan positif – sebuah kation, yang jika bergabung dengan anion membentuk garam. Kalium di alam hanya terdapat pada garam ionik. Unsur kalium adalah logam alkali, lunak, berwarna putih keperakan yang teroksidasi dengan cepat di udara dan bereaksi hebat dengan air, menghasilkan panas yang cukup untuk menyalakan hidrogen yang dipancarkan dalam reaksi dan terbakar dengan api berwarna ungu. Ia ditemukan terlarut dalam air laut (yaitu 0,04% kalium berdasarkan berat), dan merupakan bagian dari banyak mineral. Nah berikut ini kami akan membagikan informasi seputar Manfaat Kalium :

1. Mencegah Stroke

Manfaat pertama dari asupan kalium yang optimal bagi tubuh kita adalah dapat membantu untuk mencegah terjadinya stroke. Stroke merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan banyak sekali gangguan kesehatan, seperti kelumpuhan, bahkan dapat menyebabkan kematian. Karena itu, dengan asupan kalium yang optimal, anda dapat mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung kalium.

Pencegahan stroke ini juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi :

  • manfaat labu siam
  • manfaat daun salam
  • manfaat semut jepang

2. Mencegah Gula darah Rendah

Kalium juga memiliki fungsi yang sangat baik ketika mengalami kondisi dimana gula darah anda terlalu rendah. Gula darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan anda tidak memiliki tenaga untuk beraktivitas, karena itu dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalium, gula darah anda akan naik, dan anda pun bisa beraktivitas secara normal.

Untuk mengatasi gula darah rendah ini juga dapat mengkonsumsi :

  • manfaat ubi jalar
  • manfaat kelengkeng
  • manfaat kentang

3. Mencegah Gangguan otot

Manfaat kalium lainnya yang sangat baik untuk tubuh adalah dapat mencegah munculnya gangguan otot. Gangguan otot ini bisa saja berupa kram otot, ataupun otot “kejepit” dimana keda hal ini akan sangat menyakitkan. Untuk mengurangi resiko terjadinya gangguan otot ini, maka tentu saja asupan kalium anda per harinya harus tercukupi dengan baik.

pencegahan gangguan otot lainnya secara alami, juga bisa menggunakan :

  • manfaat daun binahong
  • manfaat daun kumis kucing
  • manfaat kapulaga

4. Mencegah Kram

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, kalium juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mencegah kram. Ketika mengalami kram, tubuh akan terasa sangat kaku dan juga sulit bergerak karena terasa sakit. Karena itu, selalu penuhi asupan kalium anda agar anda terhindar dari gangguan kram.

Bagi yang sering mengalami kram, juga dapat menerapkan khasiat bahan-bahan berikut untuk mengatasinya yakni :

  • manfaat bayam
  • manfaat minum air putih
  • manfaat minyak kayu putih

5. Menjaga Fungsi otak

Kalium juga sangat baik untuk membantu menjaga fungsi otak. Dengan terjaganya fungsi otak dengan baik, maka sdah pasti hal ini akan membantu meningkatkan proses berpikir dan juga proses kognitif anda, serta dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus, yang akan bermanfaat bagi anda ketika melakukan aktivitas.

Selain asupan kalium, beberapa kegiatan mampu mengoptimalkan fungsi otak seperti :

  • manfaat bermain catur
  • manfaat bermain piano
  • manfaat bermain gitar

6. Menormalkan Tekanan Darah

Anda mengalami gejala tekanan darah rendah atau juga darah tinggi? kalau begitu, coabalah untuk mengkonsumsi bahan makanan yang memiliki kandungan kalium. Kalium memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu menormalkan tekanan darah anda.

Kondisi tekanan darah normal ini juga bisa dipicu dengan konsumsi anda, seperti :

  • manfaat bunga pepaya
  • manfaat buah pala
  • manfaat ketumbar

7. Mengatasi Kegelisahan dan Stres

Stress dan gelisah merupakan salah satu hal yang disebabkan oleh gejala-gejala psikologis. Namun demikian, anda dapat mengatasi gejala stress dan juga gelisah dengan cara mengkonsumsi bahan makanan yang memiliki kandungan manfaat kalium yang tinggi. Hal ini dapat membantu mengatasi dan meredakan stress dan gelisah yang muncul pada diri anda.

8. Kekuatan otot

Kalium juga memiliki manfaat yang dangat baik untuk membantu meningkatkan kekuatan otot anda. Bagi anda para atlet, atau anda yang bekerja dengan menggunakan otot, maka asupan kalium adalah salah satu hal yang paling penting, disamping asupan protein bagi tubuh anda.

Tidak hanya kalium, namun sejumlah latihan juga perlu untuk membangun kekuatan otot seperti :

  • manfaat push up
  • manfaat sit up
  • manfaat skot jump

9. Membantu Metabolisme

Manfaat berikutnya dari kalium adalah dapat membantu untuk meningkatkan metabolisma tubuh anda. Metabolisme tubuh dapat membantu anda, untuk membakar lemak dan juga membantu anda dalam melakukan aktivitas. Apabila metabolisme tubuh anda berkurang, maka anda dapat merasakan gejala lemas dan juga pusing.

Faktor metabolisme yang baik ini memang bergantung pada apa yang kita makanan. Untuk itu konsumsi makanan berikut ini :

  • manfaat daun singkong
  • manfaat okra
  • manfaat beras ketan

10. Mencegah Gangguan Jantung dan Ginjal

Manfaat Kalium juga sangat baik untuk kesehatan ginjal dan juga kesehatan jantung. Hal ini terbukti bahwa kalium dapat mencegah munculnya gangguan pada jantung dan juga ginjal kita. Namun demikian, tetap saja pola hidup dan juga pola makan yang sehat dan juga bergizi harus diterapkan agar kesehatan ginjal dan juga jantung menjadi lebih optimal.

11. Menjaga Keseimbangan air

Kalium juga dapat membantu untuk menjaga keseimbangan dan juga kadar air di dalam tubuh kita. Ya, tubuh kita terdiri dari banyak sekali air, sehingga harus tetap terjaga keseimbangannya agar tidak mengalami dehidrasi, yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan kita sendiri.

Untuk tetap menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, kita juga bisa mengkonsusi :

  • manfaat air kelapa
  • manfaat air alkali
  • manfaat  banyak minum air putih

12. Sebagai Elektrolit

Kalium juga memiliki fungsi dan manfaat yang sangat baik sebagai cairan elektrolit di dalam kita, sangat kita butuhkan sehari – hari.

13. Mengoptimalkan Sistem saraf

Manfaat kalium yang lainnya adalah, dapat membantu mengoptimalkan fungsi dari sistem syaraf kita. Dengan asupan kalium yang optimal, maka sistem syaraf di dalam tubuh kita akan menjadi lebih baik dan juga menjadi lebih optimal, yang dapat meningkatkan respons kita terhadap banyak hal.