Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan

Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan

Kita sering mengatakan bahwa kedelai dapat menjadi pengganti daging bagi mereka yang tergolong vegetarian. Kedelai merupakan gudang nutrisi dan Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari sejumlah produk berbasis kedelai seperti susu kedelai, tahu, tauge, kacang, saus dan tepung. Kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang banyak terdapat di Asia Timur. Mereka diklasifikasikan sebagai biji minyak. Kedelai dianggap sebagai protein lengkap karena adanya jumlah asam amino esensial. Manfaat kedelai ditemukan pada negara-negara seperti China dan Jepang, di mana masyarakatnya lebih kecil terkena penyakit jantung, osteoporosis, kanker payudara dan kelenjar prostat. Berikut sejumlah Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan .

1. Baik untuk jaga kesehatan jantung

5 Manfaat Kacang Kedelai bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Kacang sebagai bahan dasar pembuat tempe dan tahu ini mengandung lemak tak jenuh yaitu linolenat atau omega 3. Kandungan inilah yang senantiasa akan menjaga jantungmu tetap sehat. Selain itu, kacang kedelai juga mengandung isoflavon dan protein yang ampuh untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

5 Manfaat Kacang Kedelai bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Metabolisme tubuh sedang dalam keadaan tidak baik? Sebaiknya konsumsi kacang kedelai, ya! Kacang kedelai dikenal sebagai sumber protein yang baik untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuhmu. Protein pula yang akan membantu tubuh dalam membangun sel dan pembuluh darah sehingga tubuhmu gak gampang lemas.

3. Mencegah penyakit kanker

5 Manfaat Kacang Kedelai bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Konsumsi kacang kedelai secara teratur bisa membantu mencegah risiko berbagai penyakit kanker, lho! Kandungan antioksidan yang di dalamnya membantu tubuh untuk menghadang radikal bebas sehingga pembentukan sel-sel kanker dapat dicegah.

4. Ampuh turunkan berat badan

5 Manfaat Kacang Kedelai bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Sedang mencari minuman penunda lapar yang sehat? Kamu bisa konsumsi kacang kedelai ini. Manfaat ini bisa didapat karena kandungan protein dan serat yang terdapat pada kacang kedelai.

Tidak berhenti sampai disitu, kacang kedelai juga memiliki indeks glikemik yang rendah yang dapat membantumu untuk mengatasi kebiasaan suka ngemil. Alhasil, berat badan pun bisa turun secara perlahan.

5. Pencernaan menjadi lancar

5 Manfaat Kacang Kedelai bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Kandungan serat dan isoflavon yang terdapat di dalam kacang kedelai membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sulit buang air besar. Bagi kamu yang sering sembelit atau sulit BAB, sebaiknya konsumsi kacang kedelai atau olahannya secara rutin, seperti tempe, tahu, ataupun susu kedelai.

Ukurannya yang kecil gak lantas membuatmu menyepelekan kacang kedelai ini. Apalagi kacang ini kaya akan manfaat untuk tubuhmu. Selamat mencoba kacang kedelai!