Manfaat Kacang Almond Untuk Bumil

Manfaat Kacang Almond Untuk Bumil

Image result for almond

Selama proses kehamilan, ibu hamil perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi harian dengan memilih gizi yang terdapat pada asupan makanan sehat setiap hari. Asupan makanan sehat ini meliputi cemilan sehat kaya nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu hamil sehingga gizi dan nutrisinya bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin.
Sayangnya, masih banyak ibu hamil yang merasa kebingungan untuk memilih cemilan sehat yang tepat. Diantara banyak cemilan sehat, kacang almond bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi keinginan ngemil sembari mencukupi gizi untuk ibu dan janin. Walaupun jarang terdengar, almond banyak punya manfaat untuk ibu hamil dan kesehatan janin. Seperti berikut ini kami akan memberikan anda informasi seputar Manfaat Kacang Almond Untuk Bumil yang wajib anda ketahui .

Kandungan Nutrisi Almond

Pohon almond atau yang memiliki nama latin Prunus dulcis berasal dari wilayah Timur Tengah. Kacang almond umumnya diolah menjadi susu, minyak, mentega, tepung, pasta, dan makanan ringan.

Kacang almond menjadi salah satu jenis kacang paling populer karena rasanya yang enak serta memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah kandungan nutrisi kacang almond dalam takaran 28 gram, yaitu:

  • 6 gram protein
  • 14 gram lemak (9 gram lemak tidak jenuh tunggal)
  • 3,5 gram serat
  • 37% Vitamin E dari RDI (Referensi Asupan Harian)
  • 32% Mangan dari RDI
  • 20% Magnesium dari RDI

Selain itu, kacang almond juga mengandung vitamin B2, vitamin A, kalsium, sodium, seng, zat besi, tembaga, asam fitat, asam folat dan fosfor dalam jumlah yang cukup. Kandungan nutrisi kacang almond tersebut menjanjikan beberapa manfaat kacang almond untuk ibu hamil.

Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Terdapat banyak kandungan nutrisi kacang almond yang baik untuk kesehatan ibu hamil hingga kacang almond menjadi makanan ringan paling dianjurkan di masa kehamilan. Berikut ini adalah manfaat kacang almond untuk ibu hamil, yaitu:

  1. Membantu Perkembangan Otak Bayi

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil yang pertama adalah untuk membantu perkembangan otak bayi serta mencegah cacat saraf pada bayi.

Kacang almond mengandung asam folat dalam jumlah yang cukup untuk membantu perkembangan sistem saraf dan otak bayi. Kacang almond juga mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Anda membutuhkan sekitar 400 mikrogram asam folat selama masa prenatal untuk mendukung tumbuh kembang bayi Anda. Selain kacang almond, makanan yang mengandung asam folat adalah kacang-kacangan lainnya seperti, buncis, kacang kedelai, lima kacang, kacang merah, lentil, dan kacang haricot.

  1. Melancarkan Metabolisme

Manfaat almond untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah melancarkan metabolisme. Kacang almond mengandung sumber karbohidrat dan lemak sehat yang bermanfaat untuk meningkatkan respon metabolisme, mengurangi stres oksidatif, peradangan, serta mengontrol kadar gula darah.

Kacang almond juga baik dikonsumsi apabila ibu hamil mengalami obesitas atau diabetes karena kacang almond dapat mengurangi berat badan ibu hamil tetapi tetap membantu menambah berat bayi sesuai dengan perkembangannya.

  1. Menambah Massa Otot Bayi

Kacang almond mengandung nilai protein yang cukup untuk membantu perkembangan massa otot bayi dalam pertumbuhannya, serta membantu bayi agar lahir dengan berat badan yang sehat.

Manfaat protein bagi ibu hamil juga untuk menambah energi dan kekuatan agar ibu hamil dapat menangani rasa sakit saat proses melahirkan.

  1. Mencegah Hipertensi pada Ibu Hamil

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah untuk mencegah hipertensi. Hipertensi adalah tekanan darah tinggi yang umum terjadi di masa kehamilan, namun hipertensi pada ibu hamil tidak boleh dibiarkan karena dapat menyebabkan preeklamsia.

Preeklamsia adalah masalah kehamilan yang dapat menghambat pertumbuhan janin. Sementara itu, kandungan kalsium pada kacang almond dapat membantu mengurangi risiko hipertensi. Manfaat kalsium lainnya adalah untuk membantu perkembangan tulang dan gigi.

  1. Memelihara Kesehatan Ibu dan Bayi

Kacang almond mengandung vitamin B2 atau riboflavin. Manfaat riboflavin adalah untuk memproduksi energi, membantu perkembangan kognitif, serta memelihara kesehatan secara umum.

Berdasarkan pakar kesehatan dari Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, manfaat vitamin B2 adalah untuk meningkatkan kesehatan kulit, mata, saluran pencernaan, sel darah, serta organ-organ vital lainnya dalam tubuh manusia.

  1. Membantu Pertumbuhan Janin

Apa lagi Manfaat kacang almond untuk ibu hamil? Khasiat kacang almond adalah untuk membantu pertumbuhan janin agar tetap sehat. Kandungan magnesium pada kacang almond dapat membantu perkembangan sistem saraf pusat pada janin.

Magnesium adalah salah satu mineral penting untuk ibu hamil dan janin. Manfaat magnesium lainnya adalah untuk mengurangi risiko janin tumbuh lambat dan preeklampsia.

  1. Membantu Mengontrol Berat Badan Ibu Hamil

Secara umum, ibu hamil mengalami penambahan berat badan secara drastis yang juga dipengaruhi dengan faktor mengidam, sehingga ibu hamil sulit mengontrol berat badan. Bila ibu hamil mengkonsumsi kacang almond sebagai makanan ringan, kandungannya dapat menekan risiko kenaikan berat badan.

Almond mengandung protein dan serat tinggi. Berdasarkan penelitian, kacang almond membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga sangat direkomendasikan sebagai daftar makanan ringan sehat untuk ibu hamil.

  1. Mengandung Vitamin D

Manfaat susu almond untuk ibu hamil adalah untuk memenuhi asupan vitamin D harian ibu hamil. Berdasarkan sebuah studi, ibu hamil dianjurkan untuk mendapatkan 4.000IU asupan vitamin D per hari demi mendukung tumbuh kembang bayi.

Manfaat vitamin D adalah untuk membantu kesehatan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh, menyerap kalsium, pembelahan sel, mencegah preeklampsia, serta mendukung agar bayi lahir sehat.

  1. Mengandung Vitamin A

Kacang almond mengandung vitamin penting yang dibutuhkan dalam masa kehamilan, yaitu vitamin A. Manfaat vitamin A adalah untuk membantu perkembangan janin, kesehatan sistem peredaran darah, sistem pernapasan, kesehatan mata, serta sistem saraf pusat.

Manfaat susu almond untuk ibu hamil juga untuk meningkatkan perbaikan jaringan pasca kelahiran, melawan infeksi, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Mengandung Zat Besi

Manfaat kacang almond untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk memenuhi kebutuhan zat besi bagi ibu hamil dan janin. Zat besi dibutuhkan untuk memproduksi ekstra hemoglobin selama masa kehamilan.

Bila Anda kekurangan zat besi di masa kehamilan, akibatnya adalah Anda akan mengalami anemia defisiensi besi yang meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan kecil atau lahir lebih dini.

Kacang almond merupakan rekomendasi makanan ringan atau camilan sehat untuk ibu hamil. Anda dapat mengkonsumsinya dalam berbagai olahan seperti kacang almond panggang, susu almond, atau campuran untuk oatmeal. Selain enak, terdapat beberapa manfaat kacang almond untuk ibu hamil.

Bahaya Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Walaupun ada beberapa manfaat kacang almond untuk ibu hamil, penelitian tersebut masih harus dikembangkan dan Anda mungkin tetap harus berkonsultasi ke dokter sebelum Anda mengkonsumsi makanan, obat, vitamin, atau herbal apapun selama masa kehamilan.

Di balik manfaat almond untuk ibu hamil, Anda harus waspada terhadap bahaya kacang almond untuk ibu hamil berikut ini, yaitu:

  1. Overdosis Vitamin E

Bahaya kacang almond untuk ibu hamil yang pertama adalah overdosis vitamin E. Almond mengandung 48% vitamin E dari asupan yang direkomendasikan per hari. Sementara Anda mungkin mendapat asupan vitamin E dalam sumber makanan lain seperti sayur dan buah.

Apabila Anda mengkonsumsi vitamin E terlalu banyak setiap harinya, kemungkinan besar itu akan meningkatkan risiko overdosis vitamin E. Overdosis vitamin E dapat menyebabkan diare, sakit kepala, dan penglihatan kabur.

  1. Kembung atau Sembelit

Bahaya kacang almond untuk ibu hamil lainnya adalah dapat menyebabkan kembung atau sembelit. Almond mengandung serat yang tinggi yang sebenarnya bagus untuk pencernaan, namun apabila Anda tidak biasa mengkonsumsi jumlah serat sebanyak itu, maka Anda akan mengalami kembung atau sembelit.

Berdasarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, rekomendasi konsumsi kacang almond adalah sebanyak 1 ons. Jangan memakan kacang almond lebih dari dosis yang dianjurkan karena akan menyebabkan bahaya kacang almond untuk ibu hamil.