Categories
Minuman Kesehatan

Manfaat Jus Nanas

Manfaat Jus Nanas

Portion of fresh Pineapple Juice in a glass

Apakah Anda menyukai buah nanas? Buah kuning dengan daging yang berair ini tak hanya lezat, namun juga menyegarkan. Anda pun dapat menemukannya dengan mudah, baik di swalayan ataupun di pasar. Umumnya, nanas dimakan secara langsung ataupun dijadikan jus. Tak kalah dengan buahnya, manfaat jus nanas juga baik untuk tubuh karena kandungan nutrisinya yang melimpah. Nah , berikut ini kami akan memberitahu apasaja sih Manfaat Jus Nanas untuk kesehatan.

1. Kandungan Nutrisi Jus Nanas

Jus nanas biasanya terbuat dari campuran nanas dan sedikit air. Rasanya sangat menyegarkan apalagi jika ditambahkan es batu.

Selain menyegarkan, jus nanas juga sangat menyehatkan. Dalam 240 ml jus nanas menyimpan banyak sekali kandungan nutrisi. Utamanya mengandung 132 kalori.

Selain itu, jus nanas juga dilengkapi dengan kandungan protein sebanyak 1 gram, lemak 1 gram, karbohidrat 33 gram, gula 25 gram, serat 1 gram, dan lainnya. Jus nanas juga mengandung zat mangan, koper, potasium, magnesium, folat, vitamin B6, dan vitamin C.

2. Dapat Menjaga Sistem Imunitas Tubuh

Jus nanas dilengkapi kandungan nutrisi yang berperan sebagai zat antioksidan. Dimana zat tersebut berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan tubuh terserang beragam penyakit.

Vitamin C yang terdapat di dalam jus nanas juga bermanfaat untuk menjaga sistem imunitas tubuh sehingga tubuh tak mudah terserang penyakit. Tak hanya vitamin C, jus nanas juga mengandung bromelain, campuran enzim alami yang dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

Bromelain juga dapat digunakan untuk meningkatkan pemulihan dari infeksi. Seperti pneumonia, sinusitis, dan bronkitis. Jadi, jus nanas dapat dikonsumsi sebagai pilihan lain untuk kesehatan tubuh.

3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Salah satu kandungan nutrisi yang terdapat pada jus nanas adalah serat. Setidaknya ada 1 gram serat yang terkandung di dalam 240 ml jus nanas. Kandungan serat tersebut sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Enzim bromelain juga berfungsi sebagai protease. Dimana membantu untuk memecah protein menjadi bagain kecil. Seperti asam amino dan peptida kecil yang kemudian dapat lebih diserap dalam usus Anda.

Sebuah penelitian juga menunjukkan kalau bromelain dapat membantu mengurangi peradangan usus. Jadi tak ada salahnya untuk mengonsumsi jus nanas jika Anda mengalami gangguan pencernaan. Niscaya jus nanas dapat melancarkan feses keluar sehingga tak terjadi sembelit.

4. Menangkal Penyakit Jantung

Tak hanya sebagai minuman yang baik untuk imunitas tubuh dan kesehatan pencernaan saja, jus nanas punya manfaat lain. Salah satunya menangkal penyakit jantung yang merupakan penyakit kronis dan berbahaya.

Penyakit jantung dapat menimbulkan beragam penyakit lainnya seperti kolesterol dan darah tinggi. Adanya kandungan bromelain pada jus nanas tenryata dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan disebutkan bahwa bromelain dapat membantu dalam mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu dapat digunakan sebagai pencegah pembentukan gumpalan darah serta serangan jantung. Jadi untuk Anda yang ingin menangkal penyakit jantung, tak ada salahnya mengonsumsi jus nanas.

5. Dapat Melawan Kanker

Satu lagi manfaat yang bisa dirasakan ketika mengonsumsi jus nanas yaitu melawan kanker. Lagi-lagi bromelain berperan penting dalam manfaatnya untuk melawan kanker. Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat membantu mencegah pembentukan tumor. Bromelain tersebut berperan dalam mengurangi ukuran tumor bahkan dapat mematikan sel-sel kanker. Selain enzim bromelain, jus nanas juga dilengkapi zat antioksidan yang tinggi.

Zat antioksidan yang tinggi tersebut dapat berperan untuk menangkal radikal bebas. Dimana radikal bebas yang menyerang tubuh dapat menyebabkan beragam penyakit kronis. Salah satunya penyakit kanker yang mematikan.