Manfaat Jamur Tiram Baik

Manfaat Jamur Tiram Baik

Selama ini banyak orang mengenal jamur tiram hanya sebagai makanan pelengkap atau jajanan ringan. Padahal, manfaat jamur tiram tidak sebatas itu. Jamur ini menyimpan banyak potensi untuk mendukung kesehatan tubuh.

Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang banyak dijual di pasaran. Jamur ini mengandung banyak zat yang penting bagi tubuh, di antaranya serat, beta glucan, vitamin B, mineral, kalium, dan beberapa jenis karbohidrat. Jamur ini baik dikonsumsi karena bebas lemak, rendah kalori, dan bebas kolesterol. Berikut adalah Manfaat Jamur Tiram Baik  :

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh anak yang efektif dan alami, penting untuk memberinya asupan yang tepat seperti jamur tiram. Menurut hasil studi American Society for Nutrition, imun tubuh anak jadi lebih kuat dengan mengonsumsi jamur tiram.

  1. Meningkatkan Energi

Anak-anak memiliki energi yang besar, suka menjadi aktif, gemar bermain dan seperti tak ada capeknya. Jamur tiram adalah salah satu cara untuk meningkatkan energi secara alami begitu juga dengan stamina. Jamur ini juga dikenal baik dalam mendukung produksi enzim oksidasi dan hidrolisis dalam tubuh sehingga energi terbentuk lebih.

  1. Melindungi dan Menyehatkan Usus

Pada usus si kecil, cacing jenis nematode paling mudah masuk ke usus anak-anak yang dapat membahayakan sistem pencernaan. Oleh sebab itu, asupan seperti jamur tiram bagi anak akan melawan serta membasmi habis nematode di dalam usus karena adanya zat antimikroba sekaligus antibakteri pada jamur tersebut. Segala bentuk iritasi dan luka jaringan tubuh jadi sembuh lebih cepat juga.

  1. Mencegah Serangan Bakteri

Pada masa pertumbuhan, daya tahan tubuh anak belumlah begitu sempurna dan kuat. Itulah kenapa pada usia tumbuh kembang anak masih sering terserang bakteri dan semacamnya. Karena jamur tiram berkandungan vitamin C, asam amino, kalsium, sekaligus protein nabati, semuanya itu baik bagi tubuh si kecil; terlebih karena jamur tiram menawarkan sifat antioksidan dan antibakteri.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Mengonsumsi jamur tiram secara teratur juga akan menjadi peningkat metabolisme yang efektif. Kaya fosfor dan vitamin B12 serta berbagai nutrisi lainnya akan memampukan anak tidak cepat lelah saat beraktivitas karena metabolisme yang bekerja maksimal, sekaligus menjaga berat badannya tetap stabil.

  1. Menguatkan Tulang

Jika mencari asupan makanan penguat tulang dan gigi yang baik untuk anak, jangan lupa bahwa jamur tiram adalah salah satu yang bisa orangtua hidangkan bagi anak. Kaya mineral kalsium serta vitamin D, kedua nutrisi ini siap menjadikan si kecil tumbuh lebih kuat ditambah dengan penyerapan zat besi yang lebih optimal.

  1. Menurunkan Resiko Jantung Lemah

Jamur tiram memiliki kandungan lemak serta kolesterol yang rendah namun kaya berbagai macam mineral yang sangat bagus dalam menjaga kesehatan jantung anak. Kandungan niacin pada jamur tiram akan membuat tekanan darah tetap normal dan stabil sehingga menurunkan pula risiko jantung lemah.

  1. Menyehatkan Hati/Liver

Jamur tiram menawarkan kandungan nutrisi yang siap menangkal racun pada organ hati. Tak hanya itu, mengonsumsi jamur tiram juga sangat bermanfaat dalam mengeluarkan racun dari jaringan liver. Maka dengan kata lain, mengonsumsi jamur tiram akan mencegah hepatitis dan kerusakan hati lainnya.

Untuk si kecil, orangtua yang ingin menyajikan hidangan dengan jamur tiram sebagai bahan utama perlu mencari jamur tiram yang pasti bertekstur dan segar ya. Pastikan juga agar asupannya secukupnya saja dan tak berlebihan karena segala yang berlebihan pun tak baik untuk kesehatannya.

Image result for Jamur Tiram