Manfaat Jamur Lingzhi

Manfaat Jamur Lingzhi

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Kenali Obat Keputihan Tradisional , Cara Mencegah Terkena Biang Keringat , Cara Menurunkan Hormon Prolaktin , Obat Demam Tradisional , Obat Tradisional Multiple Sclerosis , Obat Tradisional Ginjal Bocor , Obat Cacingan Tradisional , Obat Tradisional Parkinson , Obat Tradisional Alergi Telur , Obat Tradisional Lumpuh Kaki Alami , Waspadai Efek Samping Daun Sirsak , Bahaya Vaping , Khasiat Kunyit Asam , Manfaat Jamur Lingzhi , Totok Wajah Untuk Mengobati Migrain , Mengenal Akupresur Dan Manfaatnya , Obat Tradisional Angioedema , Obat Tradisional Parkinson , Obat Tradisional Eksim Yang Ampuh , Obat Tradisional Tangan Kesemutan , Obat Mata Minus Tradisional , Obat Tradisional Darah Rendah

Manfaat Jamur Lingzhi

Jamur Lingzhi, atau yang punya nama latin Ganoderma lucidum, dipercaya oleh masyarakat negeri Cina, Korea, Jepang, dan beberapa negara di Asia lainnya dapat memberikan begitu banyak manfaat kesehatan, termasuk umur panjang. Apa kata dunia medis soal Manfaat Jamur Lingzhi ?. Berikut ini akan kami berikan informasi terlengkap mengenai jamur lingzhi . so disimak ya .

Melalui sebuah penelitian, diketahui bahwa di dalam jamur Lingzhi ini terkandung karbohidrat, lemak, serat, air, protein, serta vitamin dan mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, zinc, fosfor, selenium, dan magnesium. Kandungan lain yang merupakan molekul bioaktif dalam jamur yang memiliki nama Latin Ganoderma lucidum ini adalah polisakarida, peptidoglikan, dan triterpenoid.

Dengan aneka kandungan di atas, beberapa hal di bawah ini merupakan potensi manfaat jamur Lingzhi untuk kesehatan, yaitu:

  • Antikanker
    Jamur Lingzhi kaya akan asam lemak, asam amino, alkaloid, steroid, enzim, triterpenoid, dan polisakarida. Triterpenoid dan polisakarida adalah senyawa yang berkontribusi pada sifat antikanker jamur Lingzhi.
    Sejumlah uji penelitian klinis menemukan bahwa banyak sel kanker yang mati berkat jamur ini. Penelitian lain menunjukkan bahwa jamur Lingzhi dapat menurunkan jumlah dan ukuran tumor di usus besar, serta mencegah kanker kolorektal dan kanker prostat. Menurut penelitian lain, senyawa bioaktif yang disebut polifenol dan flavonoid pada jamur ini juga diyakini dapat membantu terapi antiinflamasi terhadap melanoma dan kanker payudara.
    Meski tampak menjanjikan untuk pencegahan dan pengobatan banyak jenis kanker dan penyakit lainnya, penelitian tersebut masih perlu banyak uji klinis lebih lanjut untuk memastikan efektivitas jamur Lingzhi sebagai bagian terapi pengobatan kanker.
  • Menurunkan kadar lemak dan gula darah
    Jamur Lingzhi kaya akan triterpenoid yang merupakan senyawa pemicu rasa pahit dari jamur ini. Zat ini pulalah yang diprediksi memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain bisa menurunkan lemak, trigliserida, dan memiliki efek antioksidan. Triterpenoid juga telah ditemukan memiliki manfaat kesehatan berupa antiradang dan antitumor. Polisakarida yang terkandung di dalam jamur Lingzhi memiliki sifat antitukak, memperkuat imunitas tubuh, dan menurunkan kadar gula darah.
  • Membantu mengatasi tekanan darah tinggi
    Secara tradisional, jamur Lingzhi biasa dikonsumsi sebagai suplemen untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Untuk potensi ini, hingga saat ini belum ada penelitian klinis untuk membuktikannya. Hal yang perlu diperhatikan, orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan penstabil tekanan darah, antikoagulan atau pengencer darah, disarankan menghindari konsumsi jamur Lingzhi karena jamur ini bisa menyebabkan pengenceran darah.
  • Menjaga kesehatan saluran cerna dan hati
    Studi terbaru mengungkapkan bahwa jamur Lingzhi bermanfaat untuk kesehatan usus dan saraf. Sebuah studi pada mencit (tikus kecil) menunjukkan bahwa jamur ini berdampak positif bagi bakteri baik di usus, sehingga bisa mengurangi risiko gangguan metabolik yang dapat menimbulkan obesitas.
    Penelitian lain pada mencit juga menunjukkan bahwa ekstrak jamur Lingzhi dapat melindungi organ hati dari kerusakan akibat paparan alkohol dan zat beracun.
    Akan tetapi manfaat ini masih terbatas pada studi penelitian pada hewan. Untuk memastikan efeknya pada manusia, masih diperlukan penelitian klinis lebih lanjut.
  • Antipenuaan
    Sebuah penelitian menunjukkan, ada sejumlah komponen pada jamur Lingzhi yang diketahui memiliki efek antipenuaan. Komponen tersebut adalah polisakarida, triterpen, peptida, dan peptida polisakarida. Senyawa antioksidan yang terkandung pada jamur ini juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari dampak radikal bebas.

Masih banyak riset yang perlu dilakukan untuk membuktikan manfaat jamur Lingzhi bagi kesehatan. Karena masih terbatasnya data mengenai tingkat keamananan dan efektivitas jamur ini, jika Anda ingin mengonsumsi jamur Lingzhi dalam bentuk suplemen atau obat herbal, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.