Categories
Makanan Kesehatan Tips Kesehatan

Manfaat Jambu Mete Untuk Maag

Manfaat Jambu Mete Untuk Maag

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Cara Mengatasi Kista Tanpa Operasi , Makanan Penambah Hormon , Manfaat Kulit Ayam Untuk Kesehatan , Manfaat Jahe Mentah , Minuman Penurun Panas Demam Alami , Buah Penurun Panas Demam , Manfaat Jahe Lemon , Manfaat Olahraga Lari Lintas Alam , Manfaat Tidur Siang , Manfaat Pohon Kina , Buah Yang Membuat Awet Muda , Manfaat Jambu Mete Untuk Maag , Manfaat Jagung , Makanan Yang Memudahkan Persalinan , Manfaat Kimchi , Buah Untuk Kesehatan Mata , Manfaat Minum Asam Jawa Saat Haid , Manfaat Badan di Kop
Manfaat Jambu Mete Untuk Maag

Jambu Monyet yang memiliki nama latin Anacardium occidentale linn ini biasa juga disebut Jambu Mete / Jambu Mede. Biji jambu ini kerap dimanfaatkan sebagai camilan dengan rasanya yang gurih. Namun, siapa sangka bahwa selain bijinya, buah, kulit, dan daun jambu monyet ini juga bisa dimanfaatkan. Kebanyakan, bagian – bagian jambu monyet tersebut digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk penyakit disentri, diabetes melitus, sakit perut, hipertensi, radang gusi, sakit gigi, dan sebagaianya.

Banyak penelitian telah membuktikan kebenaran khasiat jambu monyet ini sebagai obat tradisional herbal. Kebanyakan, buah, kulit, atau daun jambu monyet ini dimanfaatkan dengan cara direbus, kemudian diseduh dengan air hangat dan diminum.

Satu hal yang juga menjadi khasiat buah jambu monyet namun belum banyak diketahui orang adalah kemampuannya dalam mengobati penyakit maag akut. Ya, maag memang penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Data dari Depkes RI mengungkapkan bahwa penyakit maag atau gastritis menempati posisi 9 dari 50 peringkat pertama pasien rawat jalan di seluruh rumah sakit yang ada di Indonesia. Jumlah ini setidaknya memberi kita gambaran bahwa penyakit maag merupakan ancaman yang nyata bagi kita semua. Untuk itu, pencarian akan obat altenatif untuk penyakit ini pun terus dilakukan.

Dalam mengobati maag, jambu monyet cukup mudah diolah, yakni buah jambu monyet yang sudah matang dihancurkan, diberi sedikit garam dan air hangat, kemudian diminum. Ramuan ini mesti dikonsumsi setiap pagi, dan niscaya penyakit maag akan berkurang.

Meski belum ada penelitian yang mendukung hal ini, namun masyarakat di pulau Jawa sejak dahulu banyak yang memanfaatkan jambu monyet / jambu mede sebagai obat maag herbal. Hal ini mungkin cukup rasional di mana dalam buah jambu monyet terdapat kandungan astringen untuk memacu aktifitas enzim, sehingga meredakan sakit  yang berhubungan dengan organ pencernaan. Di kemudian hari, diharapkan ada penelitian yang dapat mengklarifikasi hal ini sehingga jambu monyet bisa menimbulkan harapan baru bagi penderita maag akut di dunia sebagai obat herbal yang aman dikonsumsi. Berikut ini Manfaat Jambu Mete Untuk Maag :

  • Jambu mete memiliki kandungan anti bakteri, yang mana sangat berkhasiat untuk menumpas bakteri Helicobacter pylori yang menjadi penyebab munculnya gejala maag paling umum.
  • Mencegah peningkatan asam lambung, yang pada umumnya dialami oleh penderita maag lantaran jarang makan dan jika terus berlanjut tanpa ada penanganan yang baik bisa menimbulkan masalah yang lebih serius seperti gastritis.
  • Seperti halnya manfaat daun salam untuk maag, kandungan vitamin C di dalam jambu mete sangat dibutuhkan penderita maag untuk mengatasi bakteri penyebab maag dan menetralisir racun dengan alami.
  • Menyembuhkan maag dan gastritis secara bertahap, karena banyak memiliki kandungan anti oksidan dan anti bakteri yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan termasuk maag.
  • Salah satu manfaat jambu mete untuk maag lainnya adalah membantu organ lambung untuk pulih dan dapat berfungsi secara normal kembali, dalam mencerna makanan yang dikonsumsi.
  • Mengurangi pembengkakan yang terjadi pada lambung akibat maag, juga dapat membantu mencegah terjadinya infeksi dari bakteri bila saja di dalam lambung terdapat luka.
  • Dengan kembalinya fungsi lambung dengan bantuan manfaat jambu mete untuk penyakit, maka secara tidak langsung juga dapat melancarkan pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi dari makan ke dalam sel tubuh.

Cara mengolah jambu mete untuk maag dan lambung

Setelah mengetahui tentang apa saja khasiat dan manfaat jambu mete untuk penyakit maag dan lambung, tentunya harus tahu bagaimana cara mengolah jambu mete agar dapat mengatasi maag dan gangguan lambung. Terdapat dua cara mengolah jambu mete seperti berikut ini:

1. Jus jambu mete

Tidak jauh berbeda dengan penggunaan manfaat buah naga bagi penderita maag perlu disiapkan 2 buah jambu mete matang, air lemon atau jeruk nipis secukupnya, ½ sendok the garam, 2 sendok makan madu dan air secukupnya. Masukkan semua bahan ke dalam blender, lalu blender sampai halus dan tercampur rata.

2. Ramuan jambu mete

Selain dibuat jus, jambu mete juga bisa diolah menjadi ramuan untuk mengatasi penyakit maag dan lambung. Cara membuat ramuan jambu mete ini adalah dengan mempersiapkan bahan-bahannya dahulu yaitu 2 buah jambu mete yang telah matang, air hangat dan garam secukupnya. Pertama jambu mete harus dihancurkan kasar, lalu masukkan air hangat dan garam. Setelah tercampur rata, saring lalu minum air saringannya.

Dengan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa tidak hanya banyak manfaat daun jambu mete untuk kesehatan tubuh, jambu metenya sendiri pun bisa dimanfaatkan untuk kesehatan seperti mengatasi maag dan gangguan lambung. Demikian informasi mengenai beberapa manfaat jambu mete untuk maag dan lambung beserta cara mengolahnya. Semoga bermanfaat.