Categories
Makanan Kesehatan Tips Kesehatan

Manfaat Jagung

Manfaat Jagung

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Cara Mengatasi Kista Tanpa Operasi , Makanan Penambah Hormon , Manfaat Kulit Ayam Untuk Kesehatan , Manfaat Jahe Mentah , Minuman Penurun Panas Demam Alami , Buah Penurun Panas Demam , Manfaat Jahe Lemon , Manfaat Olahraga Lari Lintas Alam , Manfaat Tidur Siang , Manfaat Pohon Kina , Buah Yang Membuat Awet Muda , Manfaat Jambu Mete Untuk Maag , Manfaat Jagung , Makanan Yang Memudahkan Persalinan , Manfaat Kimchi , Buah Untuk Kesehatan Mata , Manfaat Minum Asam Jawa Saat Haid , Manfaat Badan di Kop
Manfaat Jagung

Jagung (Zea mays ssp. mays) adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Pada masa kini, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetika, dan kimia.

Jagung merupakan tanaman model yang menarik , khususnya di bidang biologi dan pertanian. Sejak awal abad ke-20, tanaman ini menjadi objek penelitian genetika yang intensif, dan membantu terbentuknya teknologi kultivar hibrida yang revolusioner. Dari sisi fisiologi, tanaman ini tergolong tanaman C4 sehingga sangat efisien memanfaatkan sinar matahari. Dalam kajian agronomi, tanggapan jagung yang dramatis dan khas terhadap kekurangan atau keracunan unsur-unsur hara penting menjadikan jagung sebagai tanaman percobaan fisiologi pemupukan yang disukai. Berikut ini kami akan membahas mengenai Manfaat Jagung :

1. Dapat melancarkan pencernaan

Mengkonsumsi jagung dengan wajar terutama direbus atau dikukus dapat mencegah serangan konstipasi atau sembelit. jagung mengandung serat  yang cukup baik untuk menstabilkan asam lambung. namun jika jagung dikonsumsi secara berlebihan bagi seseorang yang mempunyai lambung yang sensitif maka akan mengalami kenaikan asam lambung yang menimbulkan rasa nyeri yang berkepanjangan.

2. Menyehatkan fungsi lambung

Seseorang yang rajin mengkonsumsi jagung rebus dengan takaran yang tidak lebih dari diua buah ukuran sedang, maka nutrisi pada lambung dapat menyehatkan fungsi lambung dan mampu membersihkan usus dari bakteri yang ada dalam makanan lain yang telah dikonsumsi sebelum anda mengkonsumsi jagung.

3. Menstabilkan kadar asam lambung

Mengkonsumsi jagung tidak berlebihan mampu menjaga kadar asam lambung agar tidak mengalami peningkatan walupun perut terasa sangat kenyang setelahnya, karena kaarbohidrat pada jagung cepat memberi efek kenyang. nmaun jika para penderita asam lambung mengkonsumsi jagung terlalu banyak maka akan menyebabkan iritasi dan kerusakan pada dinding lambung lalu meningkatkan asam lambung.

4. Jagung rendah lemak dan gula

Jagung rendah lemak dan gula maka dari itu aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes, namun tetap harus dalam kadar yang wajar jika ingin mengkonsumsinya . mengkonsumsi jagung  terlalu berlebihan dan anda mengabaikan nasi sebagai bahan makanan pokok sehari hari maka orang yang sehat (tidak mempunyai penyakit maag) bisa terserang penyakit maag.

5. Konsumsilah jagung secara wajar

Pada sebagian orang penderita maag atau asam lambung alergi terhadap enzim atau zat mineral yang ada pada jagung, karena dapat menyebabkan produksi HC  didalam lambungnya meningkat tajam , kondisi tersebut dapat merusak dann mengikis dinding lambung yang nantinya menimbulkan nyeri pada bagia perut dan sekitar dada.

6. Dapat mencegah peningkatan asam lambung

Seorang penderita asam lambung tidak dianjurkan membiarkan perutnya dalam keadaann kelaparan, walaupun mungkin anda sedang terlibat aktifitas kerja .sedapat mungkin isilah perut anda dengan makanan karbohidrat yang aman agar asam lambung tidak mengalami peningkatan.

lambung yang kosong cepat menyebabkan asam lambung naik. maka konsumsilah jagung rebus 1 sampai 2 buah. maka peningkatan asam lambung bisa dihindari.

7. Mencegah asam lambung naik ke Esofogus

Banyak penderita asam lambung yang mengalami peningkatan asam lambung yang berat yaitu  naiknya asam lambung menuju kerongkongan (Esofogus) yang menyebabkan efek panas dan terbakar disekitar kerongkongan dan meningkatkan rasa tidak nyaman pada jaringan perut dan ulu hati.

Untuk menghindari kondisi itu sebaiknya konsumsilah jagung manis rebus. selain lezat dapat menekan rasa lapar disela sela kesibukan anda didalam aktifitas rutin kerja tanpa menimbulkan iritasi lambung dan tanpa khawatir asam lambung anda akaan naik kembali.

 

8. Menetralkan makanan yang berkadar sangat asam

Seseorang yang menyantap makanan yang rasanya sangat asam dalam komposisi yang berlebihan misalnya mangga muda asam yang sedang dibuat menjadi rujakan,  dapat mengiritasi lambung dan memnpercepat peningkatan asam lambung. namun setelahnya anda bisa segera mengkonsumsi satu buah jagung rebus untuk mencegah asam pada makanan tadi mengganggu asam lambung dan mencegah kerusakan padaa dinding lambung akibat serangan zat asam hasil dari makanan yang anda konsumsi.

Tahukah anda jika lambung dapat dibagi menjadi 3 bagian yang mempunyai bentuk berbeda beda tetapi mempunyai tugas yang saling berkesinambungan ketika aktifitas cerna sedang berlangsung

  1. Bagian Kardia yaitu terletak diatas rongga perut dimana awal makanan masuk dari kerongkongan lalu menuju usus kemudian lambung.
  2. Bagian Fundus yaitu terletak dibagian tengah rongga perut dimana proses penggilingan makanan akan segera dilakukan.
  3. Bagian Pilorus yaitu terletak dibagian bawah yang kinerjanya saling berkaitan dengan usus 12 jari  dan proses penyerapan nutrisi makanan.

Banyak orang mengeluh asam lambungnya  naik dan merasakan nyeri dan rasa tidak nyaman disekitar ulu hati setelah mengkonsumsi makanan tertentu , namun Apa sebenarnya fungsi dari asam lambung?

  • Lambung sebenarnya salah satu anggota dari sistem saluraan pencernaan yang berada diatas rongga perut yang dindingnya dilapisi Epithelium yang mengandung banyaak kelenjar pencernaan yang bertugas melancarkan aktifitas cerna.
  • Fungsi lambung adalah melancarkan dan mempercepat reaksi antar pepsi, zat protein, lemak, nutrisi  dan air yang ada pada makanan , yang nantinya sari dari makanan tersebut akan diolah oleh beberapa enzim pencernaan untuk kemudian diserap pembuluh darah arteri dan vena lalu diedarkan keseluruh jaringan tubuh.

Lambung mempunyai getah lambung yang dapat menstabilkan zat zat makanan yang memicu naiknya asam lambung  sehingga naiknya asam lambung dapat dihindari.

  • Lambung memproduksi getah lambung yang bertanggung jawab mencerna daan menstabilkan zat zat yang ada pada makanan termasuk jagung agar nutrisi yang didalamnya dapat diserap dan diedarkan keseluruh tubuh tanpa membuat kadar asam  lambung naik.
  • Getah lambung mempunyai zat asam lemak yang didalamnya mencakup adanya zat HCL, enzim lipase dan hormon gastria yang mempunyai tugas membantu melancarkan proses cerna didalam lambung dan usus secara teratur dan saling berkesinambungan.
  • Didalam getah lambung terdapat enzim lipase yang bertanggung jawab untuk memecah dan mencerna lemak trigliserida agar berubah menjadi asam lemak yang sederhana . Sedangkan hormon gastria dapat membanttu mengatur dan mengontrol kelenjar pada lambung agar mengeluarkan getah lambung.

Apa Manfaat asam lambung bagi lambung ?

  • Asam lambung memiliki zat asam yang mengandung abti bakteri alami yang mampu membunuh, memblokir dan menggagalkan aktifitas bakteri, virus dan kuman atau bibit penyakit yang terbawa melalui makanan yang kita konsumsi.
  • Lambung dilapisi oleh lendir atau sering disebut mukus, yang jika didalam lambung berjumlah sedikit atau terlalu banyak maka kondisi lambung akan terganggu karena asam lambung meningkat tajam. kadar mukus yangb terlalu renadah aatu tinggi mammpu menagkibatkan iritasi, peradangan dan luka pada dinding lambung. kondisi ini memicu seseorang terkena penyakit maag.

Tahukah anda bahwa dinding lambung mempunyai beberapa jenis dan bekerja saling berkaitan untuk menstabilkan asam lambung bagi para penderita asam lambung ketika tanpa sengaja mengkonsumsi jagung secara berlebihan.

  • Jenis Mucosa yaitu mampu menghasilkan cairan enzim asaam lambung dan hormon untuk kelancaran proses cerna didalam lambung daan berguna untuk menjaga kadar asam lambung tidak mudah meningkat ketika didalam lambung terdapat makanan yang mempunyai kadar asam yang tinggi.
  • Jenis Submucosa yaitu didalamnya terdapat pembuluh daarah arteri daan vena yang dapaat menyalurkan berbagai jenis nutrisi dan mineral  serta oksigen kjedalam sel sel jaringan perut sekaligus melancarkan proses penyerapan urea dan karbon dioksidaa dari sel sel itu sendiri.
  • Jenis Mulcularis yaitu lambung yang dilapisioleh lapisan otot otot yang halus tetapi kuat yang mampu mengatur dan mngontrol jaringaan pencernaan mekanis secara sistematik.
  • Jenis Peristaltik yaitu semacam gerakan yang terjadi pada sistemn pencernaan yang bertugas mengatur dan mengontrol makanan didalam lambung ketika proses penggilingan makanan sedang berlangsung.

 

Asam lambung biasanya akan meningkat dan menimbulkan rasa tidak nyaman disekitar ulu hati jika lambung mengalami kontraksi hebat atau penekanan dinding lambung akibat iritasi atau luka yang disebabkan dari zat pada makanan tertentu misalnya makanan pedas, makanan dengan kandungan asam yang tinggi  atau yang mengandung lemak tinggi.