Manfaat Es Krim Bagi Kesehatan

Manfaat Es Krim Bagi Kesehatan

Es krim adalah jenis makanan populer yang digemari hampir setiap orang terutama anak-anak, karena menawarkan beragam rasa dan aneka kreasi es krim yang menggugah selera. Selain menjadi hidangan yang nikmat, manfaat es krim juga dapat menyegarkan susana saat berkumpul bersama keluarga atau pun dengan sahabat. Dingin, manis, dan enak, begitulah kata-kata yang bisa menggambarkan es krim. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Manfaat Es Krim Bagi Kesehatan.

1. Mengandung kalsium

manfaat es krim

Seperti yang kamu ketahui bahwa kalsium memiliki banyak manfaat bagi anggota tubuh kita seperti gigi dan tulang. Konsumsi es krim dan produk susu lainnya secara teratur dapat mengurangi resiko terkena osteoporosis. Osteoporosis banyak ditemukan pada wanita pasca menopause pada usia 40-50 tahun, terutama wanita berkulit terang dan memiliki riwayat keluarga osteoporosis. Dengan asupan kalsium yang cukup, tulang kita tidak akan mudah rapuh dan keropos.

Es krim yang dibuat dengan produk susu notabene kaya akan kalsium dan nutrisi untuk memperkuat tulang dan baik untuk gigi. Jadi bukan berarti makan es krim membuat gigi berlubang lho! Itu sih karena faktor malas sikat gigi.

2. Mengandung flavonoid

manfaat es krim

Flavonoid itu berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Hal ini terkait dengan pencegahan terjadinya penuaan dini. Selain itu juga baik bagi jantung yakni dapat mengurangi peradangan arteri jantung. Selain dua manfaat di atas, flavonoid juga memiliki beberapa manfaat lainnya bagi tubuh kita.

3. Mengandung banyak vitamin

manfaat es krim

Es krim memiliki banyak kandungan vitamin A, B12, serta D dan K. Vitamin A baik untuk kesehatan mata, vitamin B12 untuk saraf, memori, dan sel darah, vitamin D menyerap kalsium dan nutrisi dari makanan , vitamin K meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

4. Mengurangi rasa stress

manfaat es krim

Tekanan yang membuat stress atau depresi merupakan salah satu hal yang banyak dialami oleh pria dan wanita dari berbagai kalangan usia. Banyak alasan membuat seseorang stress, mulai dari tekanan hidup, beban pekerjaan, dan faktor-faktor lainnya.

Es krim dianggap dapat membantu kamu yang sedang stress. Begini lho penjelasannya! Es krim itu akan merangsang thrombotonin, yaitu hormon kebahagiaan dan penghilang stress. Fungsi hormon ini adalah untuk menenangkan hati, mengurangi rasa stress, serta memperbaiki suasana hati kamu. Selain itu, es krim terbuat dari susu yang mengandung L-triptophane yang merupakan obat penenang alami dan membantu dalam merelaksasi sistem saraf.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

manfaat es krim

Banyak yang mengaitkan es krim dengan flu. Padahal, faktanya flu dapat terjadi akibat serangan bakteri atau virus saat sistem imun tubuh sedang menurun. Sebenarnya es krim dipercaya dapat meningkatkan sistem imun tubuh.  Menariknya lagi, salah satu perusahaan es krim di Amerika pernah menciptakan sebuah es krim dengan aneka bahan yang diklaim dapat untuk meredakan gejala flu. Unik, kan!

6. Es krim tidak membuat gemuk

manfaat es krim

Pada umumnya dalam 100 gram es krim dengan vanilla mengandung sekitar 207 kalori, 11 gram lemak, dan 21 gram gula. Sedangkan es krim dengan rasa cokelat memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi yaitu sekitar 216 kalori, 11 gram lemak dan 25 gram gula.

Mengenai soal porsinya, berdasarkan AKG (Angka Kecukupan Gizi) tahun 2013 menyebutkan bahwa kebutuhan orang dewasa berkisar antara 2000 hingga 2700 kalori. Konsumsi camilan sekitar 20 persen dari kebutuhan, artinya konsumsi camilan hanya boleh sekitar 400 sampai 540 kalori.

Nah, konsumsi es krim juga sering dikaitkan dengan kenaikan berat badan. Sebenarnya peningkatan berat badan itu dapat terjadi karena asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dibandingkan dengan asupan yang keluar. Ketidakseimbangan inilah yang membuat berat badan kamu naik. Bukan karena hanya makan es krim dapat membuat gemuk.

Pada dasarnya dalam mengonsumsi es krim maupun berbagai makanan lainnya memang dapat mengakibatkan tubuh menjadi gemuk jika konsumsinya berlebihan atau lebih dari kebutuhan harian yang dianjurkan.

Jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat, es krim dapat saja menjadi sumber vitamin yang baik. Pilihlah es krim yang rendah gula dan lemak. Selain itu perhatikan juga kebersihan sebelum mengonsumsi es krim. Selain itu, tentunya mengonsumsi es krim dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan.