Manfaat Daun Pandan

Manfaat Daun Pandan

Daun pandan adalah satu bahan makanan yang cukup sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk memberi aroma yang khas. Selain itu, daun pandan kerap kali dijadikan pewarna atau penambah rasa bagi beberapa jenis makanan dan minuman. Tahukah Anda manfaat daun pandan yang bisa didapatkan tubuh?. Nah berikut ini kami akan menjelaskan apasaja Manfaat Daun Pandan .

1. Menurunkan hipertensi

5 Manfaat Daun Pandan, Bisa Cegah Kanker

Pandanus atau yang biasa kita kenal sebagai daun pandan ini selain dijadikan sebagai bahan masakan, juga memiliki khasiat lain salah satunya bisa menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Si hijau yang kaya manfaat ini mengandung beberapa senyawa yang bertugas sebagai antibakteri yang baik bagi tubuh.

Adapun cara untuk mengolah daun pandan yaitu dengan merebus beberapa lembar daun tersebut dengan tiga gelas air lalu air rebusan tersebut diminum dua kali sehari, pagi dan malam secara teratur.

2. Menurunkan panas akibat demam

5 Manfaat Daun Pandan, Bisa Cegah Kanker

Selain untuk menurunkan hipertensi, daun pandan juga memiliki khasiat untuk menurunkan panas akibat demam.

Cara pengolahannya hampir sama seperti di atas, konsumsi air rebusan daun pandan setiap pagi dan malam hari masing-masing satu gelas sampai panas akibat demam mereda.

3. Melancarkan pencernaan

5 Manfaat Daun Pandan, Bisa Cegah Kanker

Jika tidak teratur buang air besar merupakan tanda kurangnya serat. Agar pencernaan lancar, kamu bisa mengonsumsi olahan daun pandan baik itu direbus maupun di jus.

Konsumsilah olahan daun pandan secara teratur, agar sistem pencernaanmu lancar dan terhindar dari sembelit.

4. Mencegah penyakit kanker

5 Manfaat Daun Pandan, Bisa Cegah Kanker

Ternyata daun pandan bisa juga lho mencegah penyakit kanker, karena daun pandan memiliki sifat apoptosis dan antimitotic yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker di tubuh.

Konsumsi olahan daun pandan secara rutin dan teratur, agar bisa mencegah tumbuhnya zat-zat yang menjadi penyebab utama kanker.

5. Menghilangkan stres dan gangguan kecemasan

5 Manfaat Daun Pandan, Bisa Cegah Kanker

Stres tentunya akan sangat berdampak buruk jika terus-terusan dibiarkan bahkan bisa mendatangkan berbagai penyakit lain yang lebih parah lagi bisa mengakibatkan depresi.

Untuk menangkalnya bisa menggunakan bahan sederhana seperti daun pandan. Aroma yang dimiliki daun pandan yang wangi disinyalir dapat menenangkan pikiran, jika dikonsumsi secara rutin maka bisa menangkal stres dan gangguan kecemasan.