Categories
Makanan Kesehatan Tips Kesehatan

Manfaat Daun Mimba Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Mimba Bagi Kesehatan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Khasiat Lengkuas Untuk Kesehatan , Manfaat Daun Mimba Bagi Kesehatan
Manfaat Daun Mimba Bagi Kesehatan

Mimba atau Daun Mimba atau Azadirachta indica A. Juss. adalah daun-daun yang tergolong dalam tanaman perdu/terna yang pertama kali ditemukan didaerah Hindustani, di Madhya Pradesh, India. Mimba datang atau tersebar ke Indonesia diperkirakan sejak tahun 1.500 dengan daerah penanaman utama adalah di Pulau Jawa.

Tumbuh di daerah tropis, pada dataran rendah. Tanaman ini tumbuh di daerah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Madura pada ketinggian sampai dengan 300 m dpl, tumbuh di tempat kering berkala, sering ditemukan di tepi jalan atau di hutan terang. Berikut adalah Manfaat Daun Mimba Bagi Kesehatan :

1. Mengobati penyakit diare

Selain daun jambu biji, daun mimba juga bisa mengobati penyakit diare. Kalau kamu terkena diare, kamu bisa mengatasinya dengan cara menjadikan daun mimba sebagai ramuan herbal.

Caranya, sediakan sebanyak segenggam daun mimba lalu ditambah dengan kulit batang mimba sebesar ukuran 2 jari kemudian potonglah jadi kecil-kecil, setelah itu rebuslah bersama dengan 600 ml air. Lalu didihkan sampai warna airnya berubah, baru kemudian diangkat dan tunggu sampai dingin. Terakhir, saring dahulu dan minumlah 2 kali dalam sehari.

2. Meningkatkan nafsu makan

Gak cuma temulawak, salah satu khasiat daun mimba juga bisa meningkatkan nafsu makan. Kamu bisa mengonsumsinya tiap hari secara rutin dengan cara direbus. Dengan begitu, nafsu makan kamu akan meningkat secara perlahan dan alami.

3. Mengobati tubuh saat masuk angin

Ketika kamu masuk angin sebab cuaca yang gak stabil dan imunitas tubuh sedang rendah, daun mimba pun bisa jadi solusinya.

Caranya, sediakan beberapa lembar daun mimba kemudian jemurlah sampai kering. Setelah itu, rebuslah bersama dengan rimpang jahe lalu didihkan sampai matang. Terakhir, saring terlebih dahulu kemudian diminum ketika masih hangat. Konsumsilah secara teratur sampai kondisi tubuh mulai membaik.

4. Membersihkan luka dan menyembuhkan penyakit kulit

Daun mimba juga bisa menjadi alternatif dari Betadine yang ampuh mengobati luka luar seperti luka memar atau luka gores. Caranya dengan memanfaatkan air rebusan daun mimba untuk mencuci dan membersihkan bagian yang luka.

Di samping itu, daun mimba yang memiliki sifat antibakteri juga bisa mengobati penyakit kudis, kurap maupun penyakit kulit lainnya dengan mengonsumsi air rebusannya 2 kali sehari secara rutin.

5. Mencegah dan memperlambat pertumbuhan sel kanker

Ekstrak dari daun mimba yang diberikan secara teratur dan efektif diyakini mampu menekan sifat karsinogen dalam tubuh.

Oleh karena itu, daun mimba dipercaya berpotensi untuk mencegah kanker serta memperlambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker.

Itulah beberapa khasiat daun mimba dalam mencegah dan mengobati berbagai penyakit.