Manfaat Daun Jambu Biji

Manfaat Daun Jambu Biji

Jika kita memiliki pohon jambu biji, kita tentu akan menunggu-nunggu kapan buah yang sangat nikmat untuk dimakan ini bisa muncul. Disamping nikmat, jambu biji juga kaya akan nutrisi yang sangat menyehatkan tubuh. Namun, tahukah anda jika selain jambu biji, daun dari jambu biji juga akan sangat baik bagi pengobatan beberapa jenis penyakit. Manfaat daun jambu biji bagi kesehatan ini sangat melimpah karena pada daun jambu biji terdapat kandungan yang bisa menyembuhkan penyakit layaknya anti bakteri, anti oksidan, hingga anti peradangan.

Untuk Anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat daun jambu biji untuk kesehatan, berikut ini adalah Manfaat Daun Jambu Biji yang wajib anda ketahui .

1. Sebagai perawatan anti penuaan

6 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui Orang

Manfaat pertama dari daun jambu biji adalah berguna sebagai anti-aging, karena kandungan antioksidannya yang tinggi, bahkan melebihi kandungan dalam jambu biji sendiri. Tingginya antioksidan tersebut membuat daun jambu biji mampu melawan radikal bebas, yang merusak sel-sel kulit serta menimbulkan keriput.

Tak hanya itu. Daun jambu biji juga memiliki lycopene yang merupakan senyawa yang mampu mengembalikan kesehatan kulit, dan melindungi kulit dari sinar UV matahari. Untuk mendapatkan manfaat satu ini, kamu bisa menggunakan air rebusan daun jambu biji, dan membasuhkannya pada wajah secara teratur.

2. Menenangkan kulit berjerawat

6 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui Orang

Sebuah penelitian juga telah menemukan bahwa daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan tersebut sangat tepat bagi kamu yang mencari perawatan alami untuk membuat jerawatmu lebih kalem.

Selain anti-inflamasi, daun jambu biji pun terkenal sebagai anti-bakteri. Ini membuat daun jambu biji mampu mencegah bakteri penyebab jerawat agar tak masuk ke dalam kulit. Cukup dengan mengoleskan pasta daun jambu biji secara rutin, kulit tak hanya akan terbebas dari jerawat, namun juga akan mendapat efek halus yang bertahap.

3. Bagus juga untuk merawat alergi dan kulit iritasi

6 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui Orang

Perlu diketahui, gejala alergi sebenarnya terjadi akibat produksi histamin oleh tubuh untuk melawan benda asing, yang juga menyebabkan peradangan. Nah, jambu biji sendiri memiliki senyawa bersifat anti-alergi, yang membantu menekan produksi histamin, sehingga gatal, alergi, bengkak, serta kemerahan pada kulit teriritasi dapat berkurang.

Jika kamu tertarik mencoba perawatan alergi melalui cara satu ini, rebus daun jambu biji kering, kemudian setelah dingin usapkan pada daerah kulit bermasalah. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

4. Mampu melawan komedo dan noda gelap

6 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui Orang

Nggak cukup hanya sebagai anti bakteri dan anti inflamasi. Daun jambu biji pun juga memiliki kandungan sebagai toning agent, yang ternyata dapat menyamarkan bintik hitam di wajah, serta membersihkan kotoran yang tertinggal di wajah yang menyebabkan timbulnya komedo.

Untuk kasus komedo yang terlanjur ada di wajah, kamu bisa menggunakan pasta tumbukan daun jambu biji sebagai scrub, terutama pada T-zone untuk mengangkat sel kulit mati penyebab komedo.

5. Meratakan skin tone dan mencerahkannya

6 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui Orang

Yup, karena kemampuannya mengangkat sel kulit mati, daun jambu biji juga ampuh mengobati hiperpigmentasi pada kulit dan membuatnya tampak cerah merata. Apalagi antioksidan di dalamnya, yang juga membantu mengecilkan ukuran pori dan membuatnya bercahaya.

6. Mengurangi masalah rambut rontok dan berminyak

6 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui Orang

Selain bermanfaat bagi kesehatan kulit, daun jambu biji juga berguna mengatasi masalah rambut seperti mengurangi kerontokan rambut. Berkat sifat antioksidannya, serta kaya akan vitamin B6 yang berperan menciptakan enzim metabolisme sel (termasuk dalam folikel rambut), daun jambu biji bahkan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Dengan cara mengaplikasikan air rebusannya yang telah dingin, atau membuat masker yang dicampur dengan air lemon, ramuan ini tak hanya untuk menyelesaikan masalah rontok melainkan juga dapat mengurangi masalah rambut berminyak lho!