Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan Tentang Pengobatan

Manfaat Cordyceps Militaris

Manfaat Cordyceps Militaris

Mengenal Cordyceps, Jamur yang Berpotensi Tangkal Corona ...

Cordyceps merupakan sejenis jamur yang tumbuh di pegunungan Himalaya dan dataran tinggi Tibet. Pada awalnya, tumbuhan herba ini dianggap memiliki kandungan nutrisi yang efektif dipakai sebagai penambah stamina. Saat ini, manfaat cordyceps juga diklaim dapat meringankan gangguan pernapasan dan membantu memelihara kesehatan.

Cordyceps sinensis dikenal sebagai tanaman obat tradisional kuno yang banyak digunakan di Tibet sejak abad ke-15. Tumbuhan ini adalah jamur yang melekat sebagai parasit pada ulat dan berasal dari dataran tinggi Sikkim Utara, India. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas apasaja Manfaat Cordyceps Militaris. Untuk itu bagi anda yang penasaran, maka simaklah ulasannya dibawah ini.

1. Meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh

sistem kekebalan tubuh manusia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cordyceps dapat membantu melindungi Anda dari penyakit yang berhubungan dengan sistem imun. Selain itu, berdasarkan ulasan ilmiah pada tahun 2017, jamur ini juga bermanfaat bagi sistem imun karena dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengobatan penyakit, seperti artritis, HIV, dan Crohn’s disease. 

Penelitian lain pada tahun 2015 juga menemukan cordyceps militaris dapat secara efektif meningkatkan mekanisme perlindungan tubuh dari serangan patogen (sel yang terinfeksi virus atau bakteri) dan racun. Ditambah lagi, penelitian ini menemukan bahwa jamur ini aman untuk dikonsumsi.

2. Bantu meningkatkan metabolisme saat beraktivitas fisik

olahraga untuk pemalas

Penelitian yang dilakukan di Xinxiang Medical College  menemukan bahwa cordyceps dapat meningkatkan produksi molekul adenosine triphosphate (ATP) dalam tubuh yang penting untuk menyalurkan energi ke seluruh otot. Apabila otot mendapatkan energi yang dibutuhkan ketika bekerja, ketahanan tubuh dapat meningkat selama Anda bergerak.

Ketika produksi molekul ATP meningkat, tubuh lebih efektif dalam memanfaatkan oksigen, terutama ketika beraktivitas fisik, contohnya seperti saat berolahraga.

3. Jamur cordyceps militaris dapat digunakan untuk mengurangi reaksi peradangan

jamur cordyceps

Karena dasar dari jamur cordyceps militaris ini merupakan protein, penelitian menunjukkan ketika cordyceps masuk ke dalam sel tubuh, protein-protein yang meningkatkan reaksi peradangan di tubuh akan menurun. Namun, efek antiradang dari jamur masih harus diteliti lebih lanjut.

Studi lain yang meneliti manfaat cordyceps sebagai antioksidan menemukan bahwa jamur ini dapat secara efektif mengobati penyakit yang berhubungan dengan imunitas. Efek terapi dari jamur cordyceps juga dapat menekan penyakit autoimun dan alergi.

4. Menurunkan risiko penyakit pada saluran pernapasan

sistem pernapasan manusia

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak dari cordyceps militaris dan salah satu kandungannya, yaitu cordycepin, dapat meningkatkan hidrasi sekaligus melancarkan pembersihan lendir pada permukaan saluran pernapasan. Hal ini lalu dapat berpengaruh pada pencegahan berbagai penyakit pada saluran pernapasan, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis (menyebabkan pengidap sulit bernapas).

Selain itu, pada beberapa studi telah ditemukan bahkan jamur satu ini dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, termasuk salah satunya adalah kanker paru-paru.

Mungkin belum banyak orang yang mempertimbangkan jamur ini sebagai suplemen untuk membantu mendukung kesehatan. Namun, dengan manfaat yang disediakan oleh jamur cordyceps, suplemen yang mengandung ekstrak jamur ini seharusnya masuk ke dalam salah satu pilihan suplemen sebagai sumber antioksidan.

Selain itu, jamur ini dapat membantu meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh, serta melindungi terjadinya gangguan kesehatan pada saluran pernapasan, seperti penyakit paru-paru. Jamur cordyceps militaris dapat menjadi alternatif pengobatan atau perawatan kesehatan herbal yang aman.