Categories
Makanan Kesehatan

Manfaat Cabai Pelangi

Manfaat Cabai Pelangi

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat , Cara Mengobati Eksim Basah , Ciri-Ciri Penyakit Bronkitis , Manfaat Air Kelapa Untuk Tubuh , Khasiat Alpukat , Manfaat Sagu , Cara Menghaluskan Kulit Wajah , Cara Menangani Gigi Ngilu , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Efek Samping Minyak Kelapa , Manfaat Buah Semangka , Manfaat Kalium , Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh , Manfaat Tanaman Herbal Pegagan , Efek Samping Threading Alis , Ciri Ciri Depresi Berat , Makanan Berkarbohidrat Tinggi , Amankah Infus Whitening , Bahaya Minum Teh , Efek Memakan Tape Singkong , Macam Gangguan Pencernaan Pada Lambung , Manfaat Kulit Durian Bagi Kesehatan , Manfaat Pete Untuk Kesehatan , Manfaat Cabai Pelangi , Penyebab Nyeri Haid Yang Sangat Sakit , Pertolongan Pertama Pada Luka Memar , Efek Samping Biotin
Manfaat Cabai Pelangi

Cabai, Cabe atau Lombok dikenal sebagai hasil panen dari tanaman yang menghasilkan buah cabai dengan rasa pedas, dan dapat dikategorikan sebagai sayuran atau bumbu. Berbagai macam cabai memiliki karakter yang berbeda-beda, di lihat dari tingkat kepedasan, bentuk, dan warnanya. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Manfaat Cabai Pelangi , yuk simak ulasan yang akan kami berikan berikut ini :

  1. Menurunkan Berat Badan

Capsaicin yang terkandung di dalam cabai pelangi bisa meningkatkan thermogenesis yaitu sebuah proses yang mengubah sumber energi menjadi panas. Capsaicin ini bisa meningkatkan panas dengan cara protein otot yang menghentikan kalsium normal kemudian memompa ke retikulum sarkoplasma dan menghentikan siklus relaksasi otot. Metabolisme nantinya akan dilakukan oleh lambung yang kemudian akan terus memproses nutrisi lambung sehingga membantu untuk menurunkan berat badan.

Obesitas sendiri merupakan kondisi kesehatan serius yang bisa membuat seseorang terkena penyakit kronis seperti diabetes dan jantung. Ada beberapa bukti jika capsaicin yang terkandung dalam cabai pelangi dan jenis cabai lainnya bisa membantu penurunan berat badan dengan cara mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak sehingga cabai ini bisa dikonsumsi untuk mengurangi berat badan.

  1. Mengurangi Rasa Sakit

Capsaicin yang merupakan senyawa tanaman bioaktif utama dalam cabai pelangi ini memiliki sifat yang unik yakni bisa mengurangi rasa sakit. Ini bisa menginduksi sensasi terbakar meski tidak menyebabkan luka bakar yang nyata. Mengkonsumsi cabai ini akan membuat reseptor rasa sakit tidak lagi sensitif pada bentuk rasa sakit yang lain.

  1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manusia membutuhkan jumlah oksigen dan manfaat zat besi yang sesuai agar bisa mempertahankan kinerja kognitif yang baik. Menambahkan cabai pelangi pada makanan bisa mengurangi gangguan kognitif seperti demensia dan penyakit alzheimer khususnya pada usia lanjut.

  1. Mengurangi Resiko Kanker

Cabai pelangi merupakan sumber antioksidan khususnya pada capsaicin dan juga zat kimia pemberi rasa panas sehingga bisa digunakan sebagai solusi kanker. Kandungan dalam cabai pelangi bisa menghambat pertumbuhan sel kanker di usus besar dan juga prostat. Likopen juga merupakan antioksidan yang sangat membantu untuk mencegah terjadinya kanker kandung kemih dan leher rahim.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cabai pelangi mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan untuk menetralisir radikal bebas. Vitamin C dalam cabai pelangi bisa mencegah penyakit kudis sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cabai pelangi juga mengandung vitamin B kompleks seperti niacin dan riboflavin. Niacin dikenal bisa meningkatkan kolesterol baik untuk mengurangi masalah kardiovaskular dan beberapa penyakit lain seperti kesulitan tidur, demensia, dermatitis, solusi diare dan berbagai penyakit lainnya.

  1. Memperbaiki Masalah Pencernaan

Cabai pelangi mengandung capsaicin yang bisa membuat darah mengalir ke seluruh tubuh dengan baik. Nantinya, kandungan dalam cabai ini bisa membantu merangsang lambung untuk menghasilkan cairan yang dibutuhkan dalam menenangkan masalah perut sekaligus membunuh H. Pylori yakni masalah gastrointestinal yang menyebabkan bakteri.