Manfaat Bunga Pukul Empat

Manfaat Bunga Pukul Empat

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Manfaat Bunga Pukul Empat , Obat Tradisional Asma Akut , Obat Pertolongan Pertama Alami , Jenis Obat Sinusitis Alami , Macam Macam Obat Herbal , Tips Mencegah Hipertensi Di Usia Muda , Efek Menggunakan Tisu Basah Di Wajah , Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui , Manfaat Green Coffee Bagi Tubuh , Kenali Pityriasis Rosea , Tips Merawat Gigi Behel , Kenali Otitis Media , Kenali Melena , Kenali Rheumatoid Arthritis , Kenali Toksoplasmosis , Cara Menyehatkan Mata

Manfaat Bunga Pukul Empat

Bunga pukul empat asal Amerika Selatan ini mempunyai banyak warna, di antaranya merah, kuning, juga putih. Perbedaan warna antara satu dengan yang lain dilatar belakangi oleh gen, misalnya R= gen untuk bunga warna merah dan r= gen untuk bunga warna putih, jika keduanya disilangkana maka akan menghasilkan bunga warna merah muda.

Disebut sebagai bunga pukul empat karena biasanya mekar saat pukul empat sore, hal itu dikarenakan adanya rangsangan cahaya, gerakan ini dinamakan dengan fotonasti. Tanaman ini termasuk dalam kelas Dicotyledones, yaitu kelas tumbuhan yang mempunyai biji keping dua, mempunyai kelopak dengan kelipatan 4 sampai 5, serta urat daunnya yang menjari.Selain sebagai tanaman hias, bunga ini berfungsi juga sebagai pembatas pagar. Kita bisa menjumpainya di dataran rendah maupun perbukitan yang banyak mendapat sinar matahari.

Bunga pukul empat warna putih dipadu dengan merah muda sebagai hasil dari penyilangan

Bunga pukul empat selain indah, juga mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Kandungannya yang berupa betaxanthis, zat asam lemak serta zat asam minyak dapat digunakan sebagai obat pelancar sirkulasi darahdan peluruh air seni (diuretik). Selain itu, bunga yang mempunyai nama binomial ”mirabilis jalapa” ini bisa meredakan radang amandel, radang tenggorokan, batuk berdarah, kanker, batu ginjal, batu empedu, dan kencing manis. Salah satu di antara manfaatnya yang sangat penting bagi wanita adalah dapat mengatasi keputihan, cukup rebus bunga pukul empat dengan kulit delima kering atau lidah buaya, kemudian minum. Meskipun banyak manfaatnya, wanita hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya dan untuk perebusannya dilarang menggunakan alat-alat yang terbuat dari besi. Berikut ini kami akan memberikan anda beberapa Manfaat Bunga Pukul Empat :

Manfaat bunga pukul empat untuk jerawat mampu mengatasi infeksi kulit wajah. Kandungan didalamnya berupa betaxanthis, zat asam lemak, zat asam minyak, senyawa ini digunakan sebagai diuretik untuk melancarkan sirkulasi darah dan peluruh air seni. Bunga ini juga bisa meredakan radang amandel, radang tenggorokan, obat batuk berdarah, herba kanker, herba batu ginjal, batu empedu, herba kencing manis, juga dipercaya mampu mengobati keputihan.
Bunga pukul empat digunakan sebagai obat diuretik, pencahar, dan untuk penyembuhan luka. Akar bunga pukul emapt diyakini sebagai afrodisiak, diuretik dan pencahar. Daun tanaman digunakan untuk mengurangi peradangan, air rebusan daun bunga pukul empat digunakan untuk mengobati abses. Daun digunakan untuk mengobati luka, bubuk benih digunakan sebagai kosmetik dan pewarna.
Adapun manfaat bunga pukul empat untuk obat herba jerawat dan kulit terbakar digunakan kedalam ramuan herba adalah sebagai berikut:
  1. Ambil beberapa buah yang sudah tua, kemudian pecahkan. Isinya berupa tepung yang dapat dijadikan sebagai bedak untuk mengobati jerawat. Penggunaannya dapat dicampurkan dengan menambahkan sedikit air hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada jerawat dan kulit yang terbakar.
  2. Untuk mengobati radang amandel, radang prostat, adalah sebagai berikut: Sediakan akar bunga pukul empat yang masih segar sebanyak 10 gram. Giling hingga halus dan tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Ramuan ini dikompreskan pada bagian yang sakit.
  3. Untuk mengobati prostatitis, radang amandel, kencing manis, kencing berlemak, keputihan, erosi mulut rahim, dan radang sendi akut, adalah sebagai berikut: Rebus 15 gram akar kering/segar bunga pukul empat, ditambah dengan 4 gelas air dan rebus hingga tersisa 2 gelas. Saring air rebusan, takaran minum segelas 2 kali sehari.

 

Manfaat bunga pukul empat telah digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat diseluruh dunia. Tanaman ini dikenal dengan berbagai nama, dan banyak digunakan dalam pengobatan tradisional seperti di India dan Indonesia.