Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan

Manfaat Buah Anggur

Manfaat Buah Anggur

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Manfaat Rebusan Daun Jeruk Nipis , Manfaat Bawang Merah , Manfaat Telur Itik , Cara Menghentikan Perdarahan Luka , Obat Mimisan Alami  , Ciri Ciri Radang Tenggorokan Parah , Gejala Sinusitis Akut dan Kronis , Penyebab Anosmia Paling Berbahaya , Bahaya Mie Instan Yang Mematikan , Bahaya Formalin Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Jeruk Lemon , Manfaat Daun Pandan , Manfaat Coklat Bagi Kesehatan , Manfaat Air Beras Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Naga , Manfaat Daun Tespong , Bahan Alami Mengatasi Gatal , Obat Tidur Alami , Obat Pertolongan Pertama Yang Aman , Obat Pelancar Haid , Manfaat Kembang Kol , Manfaat Daun Selada , Manfaat Minyak Ikan , Manfaat Buah Anggur
Manfaat Buah Anggur

Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Berikut ini adalah Manfaat Buah Anggur :

  1. Anggur kaya akan senyawa resifatrol fitokimia polifenolik. Resveratrol adalah salah satu anti oksidan yang kuat yang telah ditemukan berperan protektif terhadap kanker usus besar dan prostat, penyakit jantung koroner (PJK), penyakit saraf degeneratif, penyakit Alzheimer dan infeksi virus / jamur.
  2. Resveratrol menurunkan risiko stroke dengan mengubah mekanisme molekuler di dalam pembuluh darah. Hal itu terjadi, pertama dengan mengurangi kerentanan pembuluh darah melalui aktivitas angiotensin yang menurun (hormon sistemik yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang sebaliknya dapat meningkatkan tekanan darah) dan kedua, melalui peningkatan produksi zat vasodilator, oksida nitrat (senyawa bermanfaat yang menyebabkan relaksasi pembuluh darah).
  3. Anthocyanin adalah kelas antioksidan polifenol yang hadir dengan berlimpah pada anggur merah. Fitokimia ini telah ditemukan memiliki aktivitas anti-alergi, anti-inflamasi, anti-mikroba, serta anti-kanker.
  4. Katekin, sejenis kelompok tanin flavonoid tannin anti-oksidan, yang ditemukan dalam varietas putih / hijau juga terbukti memiliki fungsi perlindungan kesehatan ini.Selain itu, buah anggur sangat rendah kalori. 100 g anggur segar hanya menghasilkan 69 kalori namun kadar kolesterolnya nol.
  5. Anggur adalah sumber mineral mikronutrien yang kaya seperti tembaga, besi, dan mangan. Tembaga dan mangan merupakan kofaktor penting enzim antioksidan, superoksida dismutase. Besi terutama terkonsentrasi pada kismis. Selain itu, 100 g anggur segar mengandung 191 mg elektrolit yang bermanfaat bagi kesehatan, kalium.
  6. Buah anggur adalah sumber vitamin C, vitamin A, vitamin K, karoten, vitamin B kompleks yang baik, seperti pyridoxine, riboflavin, dan thiamin.

Manfaat Anggur Mengatasi Berbagai Penyakit

Manfaat anggur mampu mencegah timbulnya penyakit pada tubuh. Berikut ini beberapa contohnya :

1. Sumber Gula Darah Yang Baik
Tidak semu buah memiliki regulasi gula darah, seperti yang terdapat di dalam manfaat buah semangka memiliki kadar glikemik yang cukup tinggi sekitar 70-75, yang tidak terlalu cocok untuk dimakan orang yang memiliki masalah keseimbangan gula darah. Pada buah anggur hanya tersaji sekitar 43-53 kadar glikemik yang menunjukkan kadar glikemik yang rendah. Pada studi yang dikembangkan saat ini, keseimbangan gula darah yang baik ini berkaitan dengan kandungan phytonutrisi di dalam anggur.

2. Bahan Anti Mikroba

Kandungan antioksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Pada penelitian memang belum menemukan bagaimana zat anti mikroba ini di dapat dari dalam buah anggur. Zat ini membantu tubuh dalam mencegah masalah yang terkait karena mikroba makanan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Pada penelitian pada buah anggur menunjukkan bahwa kandungan zat resveratrol ini, memiliki kegunaan untuk meningkatkan pelebaran pembuluh darah, yang memberikan kesempatan untuk darah dapat mengalir lebih mudah.

Penelitian tersebut juga  ditunjukkan saat keadaan tubuh yang santai, dengan dinding pembuluh darah yang lebih besar, sehingga menurunkan tekanan darah atau saat  darah mengalir melalui semua area tubuh dengan volume tekanan yang tinggi. hal ini bermanfaat dalam peningkatan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh.

4. Sumber Vitamin

Buah anggur merah menyediakan sumber vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Setiap satu porsi anggur merah, memberikan sekitar 16 mg vitamin C, sekitar 27 persen dari kebutuhan harian, pada diet 2.000 kalori seperti manfaat jeruk. Sejumlah vitamin lain juga ditemukan seperti :

  • 22 mcg vitamin K (sekitar 28% dari nilai diet harian)
  • 0,4 mg thiamin (27 persen dari nilai harian)
  • vitamin E
  • vitamin A, asam pantotenat
  • vitamin B-6
  • folat
  • beta karoten
  • alpha karoten

Vitamin membantu fungsi proses tubuh berjalan dengan benar yang akan mengurangi risiko masalah kesehatan tertentu.

4. Kaya Mineral

Manfaat buah anggur kaya akan sejumlah mineral penting. Setiap 1 porsi anggur merah menyediakan mineral seperti :

  • 288 mg kalium
  • 0,2 mg tembaga
  • 0,1 mg mangan
  • 0,5 zat besi

Anggur merah juga mengandung beberapa mineral dalam kecil diantaranya kalsium, magnesium, seng dan selenium.

5. Manfaat Kognitif

Buah anggur yang dikonsumsi sebagai asupan jus anggur oleh manusia, memberikan manfaat dalam mengoptimalkan kekuatan kognitif. Pada sebuah peneitian Concord terhadap konsumsi harian jus anggur sebanyak 1-2 minggu sekitar beberapa bulan, menunjukkan peningkatan nilai pada peserta penelitian di California Verbal Learning Test tersebut.

6. Perlindungan Tubuh dari Radiasi

Kandungan nutrisi ampuh yang telah terbukti dapat melindungi tubuh terhadap terapi radiasi, saat digunakan sebagai pengobatan terhadap radiasi kanker.

7. Membantu Pemulihan Otot

Antioksidan yang kuat dapat mendukung sel-sel dan organ, dalam menghilangkan asam urat dan racun lainnya dari tubuh. Termasuk juga memberi dukungan terhadap pemulihan cidera otot bagi para atlet.

Manfaat Buah Anggur Untuk Kulit

Selain anggur sangat baik bagi kesehatan, manfaat anggur lainnya juga merawat kecantikan, yaitu sebagai berikut :

8. Perlindungan Terhadap Kanker Kulit

Pada banyak penelitian, zat resveratrol menunjukkan pengaruh positif terhadap perkembangan sel kanker. Resveratrol memberikan perlindungan pada kulit dari kerusakan sinar UVB dari matahari, sehingga memberikan perlawanan terhadap kanker kulit.

9. Melembabkan kulit wajah

Buah anggur iris menjadi dua buah bagian, kemudian oleskan pada wajah dan diamkan lima belas menit. Gunakanlah secara rutin setiap dua kali sehari pagi dan malam sebelum tidur dan rasakanlah manfaat anggur yang memberikan kelembaban alami kulit.

10. Mencerahkan wajah

Wajah yang kusam, sangat menggangu penampilan, anggur dapat membantunya. 1 sampai 2 buah anggur ambil dan dikupas kulitnya, lalu remas dengan tangan. Campurkan dengan madu ± 2-3 tetes, kemudian oleskan ke wajah yang bersih. Diamkan paling kurang 15 menit, lalu bilas dengan air biasa.

Anggur adalah salah satu buah dengan kandungan sempurna untuk kesehatan yang memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh manusia. Namun ada beberapa tips bagi anda yang ingin mengkonsumsi anggur

  • Pastikan anda tidak mengidap diabetes. Kandungan gula dalam anggur cukup tinggi dan akan menambah parah diabet anda.
  • Pastikan anda mencuci bersih, di khawatirkan anggur di semprot dengan bahan bahan pepstisida yang tidak baik untuk tubuh.
  • Jangan simpan terlalu lama di kulkas, hal ini akan menyebabkan terkontaminasi dengan bakteri lain yang ada di kulkas anda.

Segala sesuatu / buah buahan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, untuk itu, konsumsilah dengan bijak.