Manfaat Berenang Untuk Kesehatan

Manfaat Berenang Untuk Kesehatan

Image result for swimming

Manfaat berenang tidak hanya didapat oleh atlet atau perenang profesional. Seluruh kelompok usia bisa mendapatkan manfaat dari olahraga yang satu ini, terutama jika dilakukan secara teratur.

Berenang dapat membangun kekuatan tubuh. Sebab, untuk bergerak di dalam air, seseorang membutuhkan tenaga yang lebih kuat. Lebih jauh lagi, berenang adalah olah fisik yang akan melatih semua kelompok otot utama, dari bahu, punggung, panggul, bokong, hingga kaki. Nah berikut ini kami akan memberikan anda beberapa informasi mengenai Manfaat Berenang Untuk Kesehatan .

  1. Mencerdaskan Otak

Aktivitas renang mampu mencerdaskan otak dan hal ini jarang diketahui padahal memang renang bisa sebagus itu untuk kesehatan otak. Ini karena olahraga air satu ini akan menurunkan risiko resistensi insulin di otak sekaligus mencegah peradangan di sana sambil mendukung agar sel otak baru bisa tumbuh.

  1. Baik bagi Penderita Asma

Bagi para penderita asma, aktivitas berenang juga bermanfaat lho karena kelembaban air menjadi pengganti kelembaban yang penderita keluarkan melalui pernapasan yang kuat. Jadi, bisa dikatakan bahwa penyakit paru-paru kronis justru dapat tertolong dengan aktivitas renang.

  1. Menguatkan Otot

Di kala cuaca panas namun tetap ingin memperkuat otot, berenang adalah olahraga pilihan yang paling oke. Renang memiliki bermacam gaya yang bisa dipraktekkan sesuai dengan kebutuhan otot mana yang ingin dibangun kekuatannya. Melakukan renang selama 8 minggu menurut hasil studi mampu meningkatkan massa otot trisep lho sebesar 25 persen.

  1. Membakar Kalori

Bagi yang ingin berdiet di cuaca panas, jangan takut atau khawatir karena olahraga renang bisa dipilih sebagai cara menurunkan berat badan karena mampu mendukung proses pembakaran kalori. 500 kalori dapat terbakar dengan berenang selama 1 jam karena seluruh otot tubuh kita bergerak, jadi selamat mencoba ya.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Dalam menjaga kesehatan paru-paru sekaligus membuat detak jantung tetap normal, berenang adalah salah satu olahraga yang dianjurkan. Ini karena dengan berenang, tekanan darah, kadar kolesterol sekaligus kadar gula darah akan terjaga tetap normal.

  1. Menambah Kualitas Tidur

Untuk yang kualitas tidurnya kurang baik dan bahkan dirasa kurang, salah satu manfaat renang adalah membuat kualitas tidur meningkat. Jadi untuk terhindar dari insomnia serta membuat tidur lebih nyenyak, aktivitas renang adalah bentuk latihan yang diperlukan.

  1. Mengurangi Stres

Suasana hati yang buruk biasanya dipicu oleh stres, maka untuk meningkatkannya kembali sekaligus menghilangkan rasa stres, aktivitas renang bisa dilakukan 30 menit. Dijamin tubuh jadi jauh lebih rileks dan stres pun terlepas secara alami.

  1. Mengatasi Nyeri Sendi dan Menguatkan Tulang

Renang dapat menjadi olahraga alternatif bagi yang tak mampu melakukan aerobik karena sendi dan tulang yang nyeri. Renang jauh lebih bermanfaat bagi pemilik radang sendi atau penyakit arthritis serta dianggap lebih aman karena sebuah studi mengungkapkan bahwa renang mampu membuat sakit punggung bawah yang telah kronis jauh lebih ringan.

  1. Menyehatkan Janin

Bagi para wanita hamil, olahraga renang tak hanya meringankan sendi-sendi yang tak nyaman dan terasa sakit karena beban tambahan yang harus ditanggung. Sebab nyatanya, berenang sewaktu hamil juga bagus untuk kesehatan janin; tapi agar lebih aman, pastikan sebelum memutuskan untuk renang, konsultasikanlah segala sesuatunya dengan dokter kandungan lebih dulu.

Itulah berbagai manfaat berenang paling utama yang perlu diketahui, khususnya bagi kesehatan tubuh. Bahkan menurut dr Michael, renang adalah olahraga yang bisa dilakukan tanpa kita harus khawatir kehilangan cairan banyak atau tidak. Namun apapun jenis olahraga yang ingin dilakukan selama cuaca panas, pastikan bahwa kita menghidrasi tubuh dengan minum air putih secara cukup.