Categories
Makanan Kesehatan Tentang Kesehatan

Manfaat Bawang Merah

Manfaat Bawang Merah

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Manfaat Rebusan Daun Jeruk Nipis , Manfaat Bawang Merah , Manfaat Telur Itik , Cara Menghentikan Perdarahan Luka , Obat Mimisan Alami  , Ciri Ciri Radang Tenggorokan Parah , Gejala Sinusitis Akut dan Kronis , Penyebab Anosmia Paling Berbahaya , Bahaya Mie Instan Yang Mematikan , Bahaya Formalin Bagi Kesehatan
Manfaat Bawang Merah

Bawang merah merupakan sejenis tumbuhan yang menjadi bumbu berbagai masakan di dunia, berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya, kemudian dibudidayakan di daerah dingin, sub-tropis maupun tropis. Umbi bawang dapat dimakan mentah, untuk bumbu masak, acar, obat tradisional, kulit umbinya dapat dijadikan zat pewarna dan daunnya dapat pula digunakan untuk campuran sayur. Nah berikut ini kami akan memberikan beberapa informasi seputar Manfaat Bawang Merah :

  1. Meningkatkan Imunitas

Fitokimia yang ada dalam bawang merah bisa bertindak sebagai stimulan untuk vitamin C dalam tubuh. Vitamin C ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa melawan racun dan berbagai benda asing yang menyebabkan penyakit dalam tubuh.

  1. Obat Penyakit Jantung

Bawang merah mentah bertindak sebagai antikoagulan yang dikenal juga dengan pengencer darah untuk mencegah penggumpalan darah. Dari laporan seorang dokter di Manhattan College mengatakan jika bawang merah bisa secara positif mencegah dan mengobati penyakit aterosklerosis. Pemblokiran dan penggumpalan tersebut bisa menyebabkan gangguan jantung atau penyakit kardiovaskular yang semuanya bisa diatasi dengan makan bawang merah mentah.

  1. Mengelola Diabetes

Bawang merah mengandung kromium yang merupakan jenis mineral tak biasa yang ditemukan secara alami dalam makanan. Kromium ini bisa membantu tubuh mengelola kadar gula darah sekaligus memastikan pelepasan glukosa secara perlahan dan bertahap pada otot dan sel tubuh. Selain itu, sebuah laporan yang diterbitkan dalam Jurnal Fisiologi dan Farmakologi India menemukan jika bawang merah mentah yang dijadikan jus dan diberikan pada penderita diabetes bersama dengan makanan bisa mengontrol hiperglikemia atau gula darah tinggi secara efektif.

  1. Menolak Serangga

Anda juga bisa menggunakan jus bawang merah mentah untuk mengurangi rasa sakit karena sengatan lebah. Jus atau pasta bawang merah segar bisa diaplikasikan secara eksternal pada gigitan serangga bahkan untuk sengatan kalajengking. Bau dari bawang merah juga bisa mengusir serangga sehingga cocok juga digunakan untuk menolak serangga dan juga pengobatan sengatan serangga.

  1. Mencegah Kanker

Bawang merah mentah kaya akan senyawa aktif yang bisa menghambat perkembangan dan penyebaran sel kanker. Bawang merah mempunyai jumlah quercetin yang cukup yakni sumber antioksidan kuat yang secara konsisten bisa digunakan sebagai solusi kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Penelitian Pencegahan Kanker memperlihatkan jika mengkonsumsi bawang merah dan bawang putih mentah bisa mencegah kanker khususnya kanker saluran pencernaan.

Vitamin C dalam bawang merah juga merupakan antioksidan kuat yang bisa mengurangi dampak radikal bebas dalam tubuh yang merupakan produk kimia dari metabolisme sel dan bisa menyebabkan sel sehat bermutasi menjadi sel kanker.

  1. Meringankan Sakit Telinga

Beberapa tetes sari manfaat bawang merah mentah juga sudah terbukti bisa mengatasi sakit telinga akut. Selain itu, suara berdenging di telinga juga bisa diatasi dengan menggunakan air perasan bawang merah mentah tersebut.

  1. Merawat Kulit

Jus bawang merah mentah yang dicampur dengan madu dan minyak zaitun juga menjadi solusi kecantikan kulit terbaik untuk mengatasi gejala atau tanda jerawat. Sifat anti inflamasi dalam bawang merah bisa mengurangi kemerahan dan juga pembengkakan terkait dengan kondisi kulit seperti jerawat. Bawang merah juga sangat membantu untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan kondisi seperti asam urat dan juga radang persendian.

  1. Obat Batuk

Bawang merah juga sangat baik dijadikan sebagai solusi batuk dibandingkan dengan obat obatan yang bisa memberikan efek samping. Campuran bawang merah dan madu bisa meredakan gejala sakit tenggorokan dan batuk hanya dalam waktu singkat secara alami.