Manfaat Air Rebusan Ketumbar

Manfaat Air Rebusan Ketumbar

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Ramuan Alami Mengatasi Masuk Angin , Buah Yang Ampuh Turunkan Kolestrol , Penyebab Penyakit Kaki Gajah , Penyebab Penyakit Cacingan , Cara Mengatasi Pengapuran Tulang , Mengobati Penyakit Bronkitis Pada Anak , Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Ginjal , Khasiat Mandi Subuh Untuk Kesehatan , Minuman Yang Meredakan Panas Dalam , Manfaat Daun Sukun Untuk Jantung , Manfaat Air Rebusan Ketumbar , Obat Diare Tradisional , Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan , Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat Air Rebusan Ketumbar

Rempah atau bumbu dapur sudah lama dipercaya sebagai obat herbal yang alami sejak dulu. Salah satunya adalah biji ketumbar yang memberikan khasiat sehat jika dikonsumsi rutin.

Selain sebagai bumbu pada masakan, ketumbar juga bisa diolah menjadi air seduhan atau rendaman yang bisa dikonsumsi. Berikut ini adalah Manfaat Air Rebusan Ketumbar :

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Biji ketumbar memiliki sifat antioksidan dan serat makanan yang menstabilkan fungsi hati dan memfasilitasi pergerakan usus sehingga produksi enzim pencernaan dapat berjalan lancar. Dengan rutin mengonsumsi air ketumbar kamu dapat terhindar dari sindrom iritasi usus besar. Selain itu ketumbar juga bisa mengatasi masalah pencernaan lain seperti diare, perut kembung, sembelit, dan cacingan.

2. Dapat dijadikan obat untuk mengatasi batuk dan pilek

Ketumbar memiliki banyak kandungan vitamin esensial seperti, asam folat, vitamin A, beta-karoten, dan yang paling penting adalah vitamin C. Kandungan vitamin C di dalam ketumbar dapat dijadikan antioksidan alami untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Hal ini lah yang membuat ketumbar dipercaya dapat mempercepat penyembuhan batuk dan pilek.

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Biji ketumbar memiliki banyak kandungan nutrisi seperti, asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, asam askorbat (vitamin C) dan asam stearat yang sangat efektif untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol jahat dalam dalam darah dapat membantuk plak yang nantinya akan menghambat peredaran darah dan mengganggu fungsi jantung. Dengan rutin mengonsumsi air ketumbar dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

4. Mencegah anemia

Anemia terjadi akibat defisiensi besi dan berdampak negatif pada efisiensi transportasi oksigen oleh darah. Biji ketumbar mengatasi defisit zat besi. Biji ketumbar mengandung banyak vitamin dan mineral penting, termasuk zat besi yang mencegah anemia

5. Mengatasi infeksi jamur dan bakteri

Ternyata ketumbar juga memiliki manfaat untuk membantu mengatasi berbagai penyakit akibat jamur dan bakteri, termasuk konjungtivitis dan infeksi kulit akibat bakteri dan jamur. Kamu bisa memanfaatkan air rebusan ketumbar untuk mengatasi infeksi akibat jamur maupun bakteri.

6. Dapat dijadikan obat alami untuk diabetes

Biji ketumbar memiliki kandungan serat tinggi alami yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah sehingga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Meskipun begitu, sangat disarankan untuk penderita diabetes tetap memeriksakan kadar gula darahnya secara rutin untuk mengetahui efektivitas penggunaan ketumbar ini.

7. Mengatasi menstruasi tak teratur

Jika kamu mengalami gangguan menstruasi yang tidak teratur, kamu bisa memanfaatkan biji ketumbar untuk mengatasinya. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan 6 gram biji ketumbar, 1 sendok teh gula, dan 1 liter air.

Rebus 6 gram biji ketumbar ke dalam setengah liter air. Tambahkan satu sendok teh gula saat air berkurang menjadi setengahnya. Minumlah campuran ini selagi masih hangat. Campuran ini harus dikonsumsi tiga kali sehari setiap hari.

Biji ketumbar mengandung stimulan alami yang merangsang kelenjar endokrin untuk mengeluarkan dan mempertahankan keseimbangan hormon yang tepat.

Sehingga memastikan rasa sakit akan berkurang dan siklus haid kamu lebih teratur.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari mengonsumsi air rebusan biji ketumbar. Semoga bermanfaat ya.