Categories
Makanan Kesehatan Minuman Kesehatan Tentang Kesehatan Tips Kesehatan

Manfaat Air Beras Bagi Kesehatan

Manfaat Air Beras Bagi Kesehatan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Manfaat Rebusan Daun Jeruk Nipis , Manfaat Bawang Merah , Manfaat Telur Itik , Cara Menghentikan Perdarahan Luka , Obat Mimisan Alami  , Ciri Ciri Radang Tenggorokan Parah , Gejala Sinusitis Akut dan Kronis , Penyebab Anosmia Paling Berbahaya , Bahaya Mie Instan Yang Mematikan , Bahaya Formalin Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Jeruk Lemon , Manfaat Daun Pandan , Manfaat Coklat Bagi Kesehatan , Manfaat Air Beras Bagi Kesehatan , Manfaat Buah Naga , Manfaat Daun Tespong , Bahan Alami Mengatasi Gatal , Obat Tidur Alami , Obat Pertolongan Pertama Yang Aman , Obat Pelancar Haid
Manfaat Air Beras Bagi Kesehatan

Manfaat air beras bagi manusia sangat beragam. Tak hanya bulir berasnya yang bisa memberikan berbagai khasiat, endapan air cucian beras ataupun air dari beras yang dimasak pun mengandung banyak nutrisi.

Tak terbatas pada kesehatan tubuh, manfaat air beras juga bisa dirasakan dari segi kecantikan. kulit wajah, tubuh, dan rambut bisa dirawat menggunakan bahan alami ini. Apa saja manfaat air beras untuk kesehatan dan kecantikan?

Berikut ini kami tampilkan Manfaat Air Beras Bagi Kesehatan :

1. Air Beras Sebagai pengganjal lapar

Manfaat air beras yang paling utama adalah untuk menganjal lapar. Air beras yang dimasak atau air tajin akan membuat perut kenyang karena mengandung karbohidrat. Air tajin ini cocok dikonsumsi oleh balita atau anak – anak yang masih belum dapat memakan nasi. Orang dewasa juga dapat mengkonsumsinya karena rasanya manis dan nikmat.

2. Air Beras Dapat Mencegah dan mengurangi kerontokan rambut

Memiliki rambut panjang khususnya wanita pasti mendatangkan beberapa masalah salah satunya rambut mudah rontok. Tentu masalah ini mengganggu rasa percaya diri karena rambut menjadi lebih tipis. Penyebab rontoknya rambut biasanya dikarenakan kulit kepala yaang kering dan akar rambut yang lemah. Air beras dapat membantu mencegah dan mengurangi rambut rontok dengan membuat akar rambut menjadi kuat.

3. Air Beras Mengobati rambut kering dan rusak

Kandungan mineral dan pitera yang terdapat dalam air beras dapat mengobati rambut yang kering dan rusak. Rambut kering dan rusak disebabkan oleh pemakaian berbagai zat kimia ataupun penataan rambut yang terlalu ekstrim. Air beras akan membantu meregenerasi rambut yang rusak dengan mengembalikan kelembapan rambut.

4. Air Beras Membuat kulit wajah dan tubuh menjadi lembut

Seperti yang sudah dijelaskan, para wanita Asia telah membuktikan bahwa air beras berguna untuk membuat kulit wajah menjadi lebih sehat di antaranya menjadi lembut dan lebih cerah. Kandungan berbagai vitamin seperti Vitamin E membuat kulit menjadi lebih cerah bahkan dapat lebih putih. Jangan khawatir, air beras tidak akan membuat kulit kering dan malah sebaliknya.

5. Air Beras Mengontrol minyak berlebih

Air beras yang mengandung asam amino akan membuat pH di kulit menjadi stabil. Hal ini akan berdampak pada stabilnya kandungan minyak di kulit khususnya kulit wajah. Seperti yang kita ketahui, minyak di wajah memang sering menimbulkan masalah baru seperti jerawat yang membandal. Air beras akan menjadi oil control.

6. Air Beras Sebagai antioksidan

Air beras yang akan melindungi dari polusi juga cahaya matahari berperan sebagai antioksidan sesua dengan kandungan antioksidan di dalamnya. Baik kulit maupun tubuh, air beras akan menolong tubuh kita melawan zat berbahaya yang dapat muncul kapan saja.

7. Air Beras dapat Mengurangi dan mencegah kerutan

Kerutan di wajah bukan masalah yang langka. Memasuki usia dewasa kerutan di wajah akan timbul dengan sendirinya dan sebagian besar menganggu penampilan dan rasa percaya diri.  Ada banyak cara untuk mengurangi dan mencegah kerutan dan salah satunya adalah dengan menggunakan air beras.

8. Air Beras Menjadi penghangat tubuh

Di berbagai negara yang memproduksi minuman beralkohol, air beras juga dapat dijadikan minuman beralkohol dan cocok menjadi penghangat tubuh di kala musim dingin. Sama seperti air tajin, rasanya tidak begitu aneh dan menjadi kegemaran banyak para pecinta minuman beralkohol.

9. Air Beras Untuk Panas Dalam

Manfaat air beras yang satu ini telah saya rasakan semenjak masih kecil dan terus dilakukan sampai sekarang. Berawal dari mama yang selalu memberikannya ketika masih panas dalam. Ternyata pengobatan ini telah dilakukan sebagai alternatif pengobatan nasional cina kuno. Efek yang diberikan ternyata cukup ampuh.

Cara Penggunaan :

  1. Cuci beras sebelum di masak
  2. Buang air cucian pertama
  3. Ambil 1 gelas air cucian kedua / ketiga
  4. Minum pada pagi hari.

Note: Anda harus waspada, kalau dulu beras itu sangat banyak “sagunya” tangan kita dicempungin di beras bisa seperti sagu melekat. Namun saat ini sangat sulit sekali mencari beras yang bertepung seperti ini.

10. Air Beras Sakit Tengorokan

Nah masih terkait dengan  panas dalam, anda yang mengalami sakit tengorokan juga dapat memanfaatkan air beras. Air beras yang anda minum sangat ampuh untuk mengobati sakit tengorokan, meredakannya dan mengurangi rasa sakit. Cara penggunaannya juga hampir sama, yaitu meminum air cucian berasnya.

11. Air Beras Untuk Jerawat

Nah, ini adalah terobosan tebaru dari penelitian yang dilakukan oleh dunia kecantikan, ternyata air beras juga ampuh untuk mengatasi masalah jerawat membandel.

Caranya : Cukup cuci muka setiap pagi hari dengan cucian air beras (cucian ke 2/3), lakukan secara rutin dan rasakan bedanya.

Cara Penggunaan Air Beras

1. Dengan Air Cucian Beras (Air cucian kedua / ketiga)

Untuk merasakan manfaatnya anda perlu membuat atau mendapatkan air beras dan mengetahui cara menggunkannya. Ada banyak cara untuk membuat air beras menjadi bahan yang bermanfaat. Cara paling sederhana yaitu ambilah air beras bekas cucian beras. Karena beras menjadi bahan pokok asupan makanan kita sehari – hari, ini akan sangat mudah bukan? Ambilah air cucian yang kedua di mana proses yang pertama akan mengandung obat pertanian sehingga lebih baik dihindari.

2. Dengan Air Tajin

Cara kedua yaitu untuk menikmati air tajin. Masaklah air beras beserta beras layaknya memasak nasi biasa. Kemudian biarkan sampai mendidih dan air mulai mengental. Air tersebutlah yang disebut air tajin dan dapat diambil kemudian langsung dikonsumsi. Cara ketiga adalah dengan memfermentasi air beras dengan membiarkan air beras yang telah dimasak selama satu hingga dua hari. Air yang telah difermentasi ini dapat dijadikan masker wajah dan rambut.

3. Di Fermentasi

Cara lainnya yaitu bukan dengan cara difermentasi namun sama seperti cara sederhana, ambilah air cucian beras dan jadikan sebagai toner wajah. Bisa juga sebagai masker rambut. Untuk masker rambut cucilah rambut dengan shampo, kemudian basuh dengan air beras baik yang tidak difermentasi ataupun difermentasi. Diamkan lima hingga sepuluh menit lalu bilas dengan air.

Tidak hanya beras putih yang dapat digunakan, tetapi beras merah juga dapat digunakan. Untuk beras merah manfaatnya hampir sama namun ada tambahan khusus. Air beras merah dapat mengencangkan wajah, sedangkan manfaat beras merah sendiri sangat banyak untuk kesehatan. Untuk membuat bagian tubuh menjadi lebih sehat tidak lah mahal. Air beras salah satunya karena ekonomis. Bisa dibilang air beras sebenarnya menjadi sampah di mana yang tidak mengetahui manfaatnya akan membuangnya begitu saja. Karena manfaatnya telah dijelaskan, cobalah untuk menggunakan air beras. Dari pada harus pergi ke salon dan melakukan banyak perawatan yang mengharuskan kita mengeluarkan dana yang tidak sedikit.

Perawatan air beras tidak hanya boleh dilakukan wanita saja, pria juga dapat melakukannya. Perusahaan – perusahaan kosmetik dan skin care di Korea dan Jepang telah lama menjadikan manfaat air beras sebagai bahan baku produk mereka karena hasilnya yang memang terbukti.