Makanan Yang Mudah Merusak Gigi

Makanan Yang Mudah Merusak Gigi

Jika kamu selama ini sudah rajin gosok gigi dua kali sehari, berkumur, menyikat lidah, dan menggunakan benang gigi (dental floss), pertahankanlah terus. Kebiasaan menjaga kebersihan mulut dan gigi patut dipelihara seumur hidup. Namun akan jauh lebih bagus jika kamu mengimbanginya dengan tidak mengonsumsi minuman dan makanan yang bisa merusak gigi. Seperti berikut ini kami akan mengajak anda mengenai apasaja Makanan Yang Mudah Merusak Gigi  :

1. Alkohol

5 Makanan Ini Perlu Dihindari karena Bisa Merusak Gigi Lho!

Bagi peminum alkohol harus siap-siap mengalami kerusakan gigi. Hal ini karena alkohol membuat mulut kering sehingga pada akhirnya barrier atau pelindung gigi rusak dan gigi pun mudah mengalami infeksi.

Kalau sudah begini, bukan hanya gigi yang rusak tetapi saraf yang terdapat pada gigi pun bisa terinfeksi dan menjalar ke bagian organ lain.

Yuk rawat kesehatan gigi jangan sampai rusak!

2. Roti

5 Makanan Ini Perlu Dihindari karena Bisa Merusak Gigi Lho!

Meski bisa mengganjal perut, namun roti bisa membuat gigi berlubang atau rusak. Hal ini karena roti di dalam mulut diubah menjadi zat gula oleh enzim saliva.

Ketika remahan roti ini menyelip pada gigi, tentunya bakteri akan hadir dan menyebabkan gigimu berlubang. Hal ini karena bakteri menyukai spot yang mengandung gula karena mereka memerlukan gula sebagai energi.

3. Soda

5 Makanan Ini Perlu Dihindari karena Bisa Merusak Gigi Lho!

Meski rasanya tak semanis gula, nyatanya soda memiliki kandungan gula yang banyak dan ketika dikonsumsi maka kamu memberikan ruang pada bakteri untuk berkembang di mulut. Bakteri ini bisa merusak enamel gigi.

Tak hanya itu, kandungan asam pada soda pun nyatanya sama-sama bisa merusak gigi pula.

4. Es batu

5 Makanan Ini Perlu Dihindari karena Bisa Merusak Gigi Lho!

Memang sih es batu tidak mengandung gula. Namun tetap saja es batu bisa merusak gigi karena rasa dinginnya mampu menusuk gigi dan membuat gigi rapuh. Tak hanya itu es batu yang keras pun bisa juga merusak gigi apalagi bila langsung kamu konsumsi.

Es batu pun merupakan musuh utama bagi penderita gigi sensitif.

5. Buah kering

5 Makanan Ini Perlu Dihindari karena Bisa Merusak Gigi Lho!

Buah kering memang menyehatkan namun nyatanya tidak ramah bagi gigi. Hal ini karena buah kering mengandung gula 2 kali lebih banyak daripada gula biasa. Buah kering yang pasti sering kamu temui adalah kismis.

Mungkin tak mengapa bila setelah mengonsumsi buah kering kamu langsung menggosok gigi dan tidak meninggalkan sisa makanan di gigi. Karena buah ini akan memberikan rasa nyeri dan ngilu di gigi bila tertinggal di mulut.

So, yuk jaga kesehatan gigi mulai dari sekarang. Salah satunya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan atau minuman di atas.