Makanan Yang Menjaga Kesehatan Gigi

Makanan Yang Menjaga Kesehatan Gigi

Menjaga kesehatan gigi anak tidak hanya dengan menggosok gigi saja, Bun. Mengonsumsi makanan bergizi yang baik untuk kesehatan gigi juga merupakan hal yang penting. Inilah beberapa Makanan Yang Menjaga Kesehatan Gigi .

1. Jamur untuk masalah plak

5 Makanan untuk Jaga Kesehatan Gigi, Biar Sehat dan Kuat!

Jamur dapat membantumu menjaga kesehatan gigi. Kandungan gula pada jamur dapat menghambat pertumbuhan plak yang membandel.  Dengan mengonsumsi jamur, kamu dapat mencegah pertumbuhan plak dari dalam. Namun selalu ingat untuk menghindari terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda dan gaya hidup buruk agar gigimu tetap sehat dan terhindar dari kerusakan yang lebih parah.

2. Wortel cegah gigi berlubang

5 Makanan untuk Jaga Kesehatan Gigi, Biar Sehat dan Kuat!

Mengonsumsi wortel dapat kamu manfaatkan juga untuk menjaga kesehatan gigi. Wortel membantu dalam meningkatkan air liur pada mulut. Jika makanan bisa dicerna dengan baik, maka risiko gigi berlubang dapat teratasi. Pembentukan gigi berlubang memang sesuatu yang mengerikan. Kuman-kuman akan menumpuk jika tidak diantisipasi dari dalam. Dengan kamu mengonsumsi wortel secara rutin, masalah gigi berlubang akan mudah teratasi.

3. Kiwi memperkuat gigi

5 Makanan untuk Jaga Kesehatan Gigi, Biar Sehat dan Kuat!

Kiwi mengandung segudang manfaat yang baik untuk tubuhmu. Tak terkecuali dengan kesehatan gigi. Vitamin C pada kiwi dapat membantumu memperkuat struktur gigi sehingga menurunkan risiko kerusakan. Masalah gigi yang disebabkan oleh bakteri pun dapat kamu atasi dengan mengonsumsi kiwi. Penyakit periodontal yang menyerang gigi diantisipasi dengan vitamin C pada kiwi. Apalagi buah ini mengandung vitamin C terbesar dari pada semua buah. Imbangi dengan rajin membersihkan gigi secara rutin, ya.

4. Kismis cegah kerusakan gigi

5 Makanan untuk Jaga Kesehatan Gigi, Biar Sehat dan Kuat!

Kismis dapat kamu gunakan juga untuk mencegah kerusakan gigi. Kandungan senyawa asam oleanolic memerangi kerusakan gigi dengan menghambat pertumbuhan bakteri yang bersarang di mulut. Selain itu, kismis dapat menjaga kamu dari gusi bengkak.  Karang gigi dan gusi bengkak disebabkan oleh bakteri yang tumbuh dan merusak gigi.

5. Cranberi cegah penyakit periodontal

5 Makanan untuk Jaga Kesehatan Gigi, Biar Sehat dan Kuat!

Penyakit periodontal disebabkan oleh pertumbuhan plak dan faktor lain yang mempercepat kerusakan gigi. Jika ini dibiarkan maka akan menyebabkan kerusakan pendukung gigi dan tulang di sekitarnya. Cranberi dapat kamu konsumsi untuk mencegah penyakit ini. Cranberi memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi prevalensi penyakit periodontal. Selain itu, buah ini juga menghasilkan enzim yang menurunkan risiko kerusakan gigi. Manfaat paling luar biasanya, cranberi dapat kamu gunakan untuk mencegah kanker.

Semua makanan ini menutrisi gigimu dari dalam sehingga kesehatan gigi terjaga. Periksakan gigimu secara rutin dan rajin membersihkan gigi, ya.