Makanan Yang Mengatasi Batu Ginjal

Makanan Yang Mengatasi Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk secara diam-diam, ketika ukuran batu sudah sangat besar, maka batu mulai merusak jaringan ginjal dan saluran kemih. Batu ginjal terbentuk oleh penumpukan zat kimia kalsium, oksalat dan asam urat. Batu ginjal ini terbentuk akibat kebiasaan sehari-hari, seperti merokok, makan kopi terlalu banyak, jarang minum air putih dan jarang olahraga. Batu ginjal memang tidak berbahaya karena bisa keluar secara alami bersama urin, namun batu ginjal dapat memicu infeksi ginjal bahkan gagal ginjal jika penyakit ini tidak terdeteksi secara dini. Karena batu ginjal bisa memicu masalah lain yang lebih serius maka dari itu Anda wajib sekali mengenali gejala penyakit batu ginjal. Nah, berikut beberapa Makanan Yang Mengatasi Batu Ginjal :

1. Apel

Apel dikenal sebagai buah yang memiliki rasa asam manis segar dan mengandung banyak sekali manfaat. Buah apel ini terkenal sebagai obat berbagai penyakit yang mujarab. Salah satu manfaat yang terkandung dalam buah apel adalah untuk meluruhkan batu ginjal. Batu ginjal yang merupakan penyakit merugikan itu ternyata bisa diluruhkan dengan mengonsumsi apel. Apel dapat meluruhkan batu ginjal karena kandungan antioksidan yang ada di dalam apel. Beberapa antioksidan tersebut berupa vitamin A dan juga vitamin C. Jenis vitamin tersebut dapat meluruhkan adanya batu ginjal.

Cara mengonsumsi buah apel ini supaya meluruhkan batu ginjal dapat keluar adalah mengonsumsi 2 buah apel segar secara rutin setiap hari. Jika bosan mengonsumsi buah apel setiap hari, maka dapat disubstitusi dengan mengonsumsi sari cuka apel sebagai minuman segar. Namun perlu diingat bahwa ketika meminum sari cuka apel, hindari terlalu banyak gula. Hal ini dikarenakan sari cuka apel sudah mengandung banyak gula. Gula sendiri juga mempunyai sifat yang tidak baik apabila dikonsumsi terlalu banyak.

2. Semangka

Semangka merupakan buah segar yang disukai oleh banyak orang. Semangka ini adalah buah yang memiliki banyak kandungan air. Bahkan ketika makan buah semangka ini kita merasakan sedang minum. Buah semangka juga dapat menjadi makanan alternatif bagi Anda yang sulit minum. Dengan banyak mengonsumsi buah semangka yang kaya akan air ini maka batu ginjal akan mudah luruh dari dalam saluran kandung kemih. Mengonsumsi buah semangka juga akan membantu membilas bagian dalam ginjal tanpa merasakan sakit. Untuk mendapatkan manfaat yang seperti ini melalui buah semangka, kita cukup mengonsumsi sebanyak 300-500 gram/hari. Namun perlu diperhatikan juga mengenai takaran buah semangka ini. Jika kita merasa kebanyakan atau sudah berlebihan mengonsumsi buah semangka, maka sebaiknya dihentikan, karena mengonsumsi buah semangka yang berlebihan dapat memicu tekanan darah rendah dan juga dapat memicu diare.

3. Anggur

Anggur juga bermanfaat untuk meluruhkan batu ginjal. Selain mempunyai rasa enak dan segar, anggur ini ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang dapat menyembuhkan penyakit secara alami. Salah satu penyakit yang dapat disembuhkan dengan anggur adalah batu ginjal. Cara untuk mendapatkan manfaat dari anggur untuk menyembuhkan batu ginjal adalah dengan mengonsumsi anggur beserta kulit dan bijinya. Hal ini karena biji anggur justru lebih banyak mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai penyembuh penyakit daripada daging buah anggur sendiri.

4. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki tunas. Asparagus ini meskipun belum terlalu banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia, namun saat ini keberadaannya bisa kita temukan di beberapa supermarket. Asparagus mempunyai kandungan senyawa asparagin. Senyawa asparagin merupakan senyawa yang berfungsi untuk memecah batu ginjal sehingga memudahkan batu ginjal keluar dari saluran kandung kemih. Mengonsumsi asparagus secara rutin setiap hari akan sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi Anda yang memiliki penyakit batu ginjal.

5. Minyak Zaitun dan Jus Lemon

Perpaduan antara minyak zaitun yang dicampur dengan jus lemon akan menghasilkan muniman yang menyegarkan. Selain menyegarkan, juga dapat menjadi minuman yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Perpaduan antara kedua bahan ini dikenal ampuh untuk mengurangi keluhan batu ginjal dalam waktu 24 jam. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan minyak zaitun dan jus lemon dengan perbandingan yang sama dan minum secara teratur 1 kali setiap hari saat menjelang tidur malam.

6. Bunga Dandelion

Barangkali sebagian dari kita pernah mendengar tentang bunga dandelion. Namun sebagian dari kita mungkin juga terasa asing dengan namanya. Namun yang pasti, bunga dandelion ini merupakan tumbuhan herbal yang mempunyai fungsi untuk mengatasi batu ginjal. Cobalah untuk mengonsumsi bunga dandelion ini dengan mengubahnya menjadi ramuan khusus.

7. Berry

Buah berry merupakan bauh yang terkenal akan kelezatannya. Buah berry ini biasanya mempunyai bentuk yang imut dan kecil. Buah berry beragam jenisnya, antara lain: stroberi, blackberryblueberrycranberry, dan lain sebagainya. Jenis buah berry yang banyak mengandung manfaat untuk mengatasi penyakit ginjal adalah cranberry dan blueberry.

8. Ceri

Ceri merupakan buah yang imut, kecil, dan berwarna merah. Biasanya ceri ini diganakan sebagai hiasan cake tertentu dan diletakkan di atasnya. Tahukah Anda bahwa ceri ini juga mempunyai manfaat untuk mengatasi penyakit ginjal. Cobalah untuk melakukan terapi pengeluaran batu ginjal ini dengan menggunakan buah ceri ini.

Image result for Batu Ginjal