Categories
Makanan Kesehatan Tips Kesehatan

Makanan Yang Mencegah Rambut Rontok

Makanan Yang Mencegah Rambut Rontok

Banyak wanita maupun pria mengalami rambut rontok. Saat keramas atau setelah rambutnya dirapikan dengan sisir, banyak orang menemukan bahwa rambutnya rontok. Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa hal atau bahkan bisa menjadi tanda sedang ada gangguan pada tubuh Anda.

Rambut rontok dapat disebabkan karena faktor keturunan, ketidakseimbangan hormon, kelenjar tiroid yang kurang aktif, kekurangan zat gizi tertentu, kehamilan, obat atau perawatan penyakit tertentu, seperti perawatan kanker, stres, dan sirkulasi darah yang tidak memadai di kulit kepala.

Untuk dapat mengurangi rambut rontok, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, mulai dari memakai obat, laser, transplantasi rambut sampai dengan perawatan dengan bahan alami. Nah untuk itu berikut ini kami akan memberikan TradisionalSehat akan memberikan beberapa Makanan Yang Mencegah Rambut Rontok , simak ulasannya dibawah ini.

1. Kacang.

makanan cegah rambut rontok pixabay

Kacang-kacangan dapat membentuk pelembab alami (emolien) yang bermanfaat bagi dan akar rambut (folikel). Kacang kaya akan vitamin B, seng, dan vitamin E yang bekerja dengan selenium untuk menjaga sel tetap kuat dan memberikan antioksidan. Sehingga dengan mengonsumsi kacang dapat melembapkan batang rambut jadi lebih mengkilap.

2. Telur.

makanan cegah rambut rontok pixabay

Telur dikenal sebagai sumber protein yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi makanan mengandung protein, bisa membantu pertumbuhan rambut karena folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein. Kekurangan protein terbukti meningkatkan kerontokan rambut.

3. Bayam.

makanan cegah rambut rontok pixabay

Bayam termasuk sayuran hijau yang sarat akan nutrisi. Bayam mengandung folat, zat besi, dan vitamin A, dan C. Kandungan tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Mengonsumsi bayam dapat membantu sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh termasuk ke bagian rambut.

4. Daging.

makanan cegah rambut rontok pixabay

Daging adalah makanan pokok yang memiliki banyak nutrisi. Kandungan dalam daging bisa membantu pertumbuhan rambut. Daging merupakan salah satu sumber protein yang penting untuk kesehatan, termasuk rambut. Daging merah khususnya, kaya akan zat besi yang dapat membantu pertumbuhan rambut.

5. Alpukat.

makanan cegah rambut rontok pixabay

Alpukat tak hanya lezat dimakan, tapi juga dikenal kaya akan banyak manfaat. Alpukat merupakan sumber lemak sehat. Alpukat juga merupakan sumber vitamin C, vitamin E yang dapat menjadi antioksidan untuk memerangi stres oksidatif dengan menetralkan radikal bebas, meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami.

6. Paprika.

makanan cegah rambut rontok pixabay

Paprika mengandung sumber vitamin C yang bagus dan dapat membantu pertumbuhan rambut. Vitamin ini dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat memperkuat helai rambut. Selain itu, vitamin C merupakan antioksidan kuat. Vitamin C yang ada bisa melindungi rambut dari faktor stres oksidatif.

7. Salmon.

makanan cegah rambut rontok pixabay

Salmon kaya akan vitamin D, tinggi protein, dan kaya akan lemak omega-3. Ketiga komponen ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan rambut, menyehatkan kulit, dan mengentalkan lapisan lemak di sekitar folikel rambut. Sehingga dapat menghasilkan pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

8. Biji-bijian.

makanan cegah rambut rontok pixabay

Biji memberikan nutrisi dalam jumlah besar dengan kalori yang relatif sedikit. Nutrisi ini termasuk vitamin E, lemak omega-3, seng, dan selenium. Semua kandungan nutrisi ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

9. Ubi jalar.

makanan cegah rambut rontok pixabay

Ubi jalar penuh dengan vitamin A dan vitamin B6 yang dapat membantu memproduksi sebum dan dapat membantu mempercepat laju pertumbuhan rambut. Kamu bisa mengonsumsi ubi jalar dengan berbagai cara, yakni dipanggang atau direbus.

10. Buah beri.

makanan cegah rambut rontok pixabay

Buah beri kaya akan senyawa seperti antioksidan dan vitamin yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, buah beri juga memiliki kandungan vitamin C yang bisa membantu produksi kolagen dan penyerapan zat besi.

11. Jamur tiram.

makanan cegah rambut rontok pixabay

Jamur tiram adalah salah satu sumber seng terbaik dalam makanan. Apabila tubuh kekurangan seng, efeknya menyebabkan masalah kerontokan rambut. Selain seng, jamur tiram kaya akan mineral yang dapat membantu mendukung pertumbuhan dan perbaikan siklus rambut.

12. Udang.

makanan cegah rambut rontok pixabay

Udang termasuk makanan yang banyak disukai orang. Selain lezat ternyata udang juga dapat menjaga kesehatan rambut dari masalah kerontokan. Udang merupakan sumber protein, vitamin B, seng, zat besi, dan vitamin D. Beragam kandungan tersebut mampu menutrisi rambut. Udang juga mengandung sejumlah asam lemak omega-3 yang sehat.

13. Kacang polong.

makanan cegah rambut rontok pixabay

Kacang polong merupakan sumber protein nabati, zat besi, seng, dan biotin, yang dibutuhkan oleh rambut. Kandungan tersebut mampu mempercepat pertumbuhan rambut.

14. Kedelai.

makanan cegah rambut rontok pixabay

Kedelai memiliki senyawa yang dapat meningkat proses pertumbuhan rambut. Kedelai juga menjadi salah satu sumber terbaik spermidine, suatu senyawa yang dapat memperpanjang fase aktif pertumbuhan rambut.