Makanan Yang Dapat Membersihkan Hati

Makanan Yang Dapat Membersihkan Hati

Image result for Makanan Yang Dapat Membersihkan Hati"

Apakah kamu pernah mengalami kesulitan tidur, berat badan bertambah, atau mengalami sakit kepala berkepanjangan? Bisa jadi itu merupakan tanda bahwa tubuh kamu memiliki banyak racun. Racun dapat berasal dari pola makan, kebiasaan gaya hidup, atau polutan dari lingkungan.

Hal ini juga berarti hati kamu perlu bekerja lebih keras untuk membersihkan darah dari segala racun. Untuk membantu hati bekerja sebagaimana fungsinya secara optimal, kamu dapat mengubah pola makan kamu. Dengan begitu, organ hati pun akan bekerja secara efisien. Inilah beberapa Makanan Yang Dapat Membersihkan Hati.

1. Blueberry

Kandungan anthocyanin yang memberi warna biru khas pada buah blueberry merupakan antioksidan yang kuat yang mampu membantu tubuh menahan pertumbuhan sel kanker di hati. Konsumsilah buah blueberry setiap hari selama tiga hingga empat minggu lamanya dan amati perbedaanya.

2. Jeruk Bali

Buah Jeruk Bali memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan dan melindungi sel, hal ini dikarenakan kandungan antioksidan kuat yang terdapat di dalamnya  yaitu berupa naringenin dan naringin. Selain manfaat tersebut, buah Jeruk Bali juga memiliki fungsi untuk mengurangi resiko fibrosis hati. Fibrosis hati adalah salah satu jenis radang kronis yang terjadi pada hati, sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan jaringan ikat ekstra di dalam dan di sekitar hati, sehingga secara bertahap akan menghambat kemampuan dan fungsi hati.

3. Alpukat

Mengkonsumsi  alpukat akan membuat Anda mendapatkan glutatin yang banyak terkandung dalam buah alpukat ramah untuk hati, dan juga kandungan vitamin  C, vitamin E, dan vitamin K. Fungsi lain vitamin E dan vitamin K adalah untuk mencegah peradangan. Ekstrak alpukat juga diketahui dapat membantu dalam pengobatan virus hepatitis dan memperlambat perkembangan kerusakan hati secara umum, hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah studi baru-baru ini.

4. Kopi

Para ahli mendapatkan bahwa ada kaitan antara jumlah kosumsi kopi yang mengandung kafein dengan resiko terkena sirosis hati. Ternyata resiko sirosis hati lebih rendah pada orang yang  cukup rutin minum kopi. Berita yang menggembirakan , dalam sebuah penelitian diketahui bahwa kopi mampu menurunkan berkembangnya sirosis hingga sekitar 44% dan juga dapat membalikkan sebagian gelombang pada orang yang sudag mmenderita penyakit hati.

Kopi juga meningkatkan kadar antioksidan, mengurangi peradangan dan menurunkan resiko kanker hati. Akan tetapi minum kopi lebih dari tiga cangkir shari malah akan membahayakan hati dan kesehatan Anda pada umumnya.

5. Teh

Sebagaimana kopi, teh juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan hati. Kandungan dalam teh mampu mningkatkan kadar enzim hati dan mengurangi efek stress oksidatif serta mengurangi simpanan lemak berbahaya di dalam tubuh kita. Konsumsilah teh secara rutin.

Konsumsi teh untuk penderita liver ini harus dirutinkan, namun tentu dengan konsumsi tertentu, jangan terllau banyak dan berlebihan, karena hal tersebut akan membawa dampak bahaya yang lainnya.

6. Aneka Sayuran Hijau Berdaun

Ternyata daun-daun sayuran hijau memiliki kandungan yang dapat membantu menghilangkan ketegangan hati. Kandungan klorofil yang tinggi dalam daun sayuran hijau dapat menetralkan logam, bahan-bahan kimia dan perstisida yang ikut tertelan pada saat Anda mengkonsumsi makanan dan juga yang terpapar dari lingkungan sekitar Anda. Sayuran lain seperti arugula, bayam dan sawi putih juga dapat meningkatkan produksi empedu untuk  menghilangkan racun dalam tubuh.