Makanan Untuk Kesehatan Otak

Makanan Untuk Kesehatan Otak

Kesehatan otak merupakan hal penting yang tidak bisa diabaikan. Otak merupakan bagian penting yang dapat memengaruhi seluruh kehidupan manusia, khususnya dalam mengendalikan kinerja tubuh.

Otak adalah organ yang membutuhkan nutrisi tinggi dan menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh, sehingga perlu mempertahankan konsentrasi yang baik sepanjang hari.

Otak juga membutuhkan nutrisi tertentu untuk tetap sehat. Asam lemak omega-3, misalnya, membantu membangun dan memperbaiki sel-sel otak, dan antioksidan mengurangi stres dan peradangan, yang terkait dengan penuaan otak dan gangguan neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer.

Berikut merupakan Makanan Untuk Kesehatan Otak .

1. Makanan yang berasal dari olahan kedelai

7 Jenis Makanan Ini Akan Meningkatkan Kesehatan Otakmu, Lho

Berdasarkan penuturan Dr. Brenda Powell, MD seorang dokter di Cleveland, Ohio, pada laman health.clevelandclinic.org makanan yang berasal dari olahan kedelai seperti tahu ataupun tempe sangat baik bagi kecerdasan otak.

Pasalnya tahu dan tempe mengandung vitamin B yang baik untuk otak dan juga saraf kita. Olahan kedelai juga mengandung polifenol, polifenol merupakan antioksidan yang dapat menurunkan resiko demensia serta meningkatkan kinerja otak.

2. Brokoli

7 Jenis Makanan Ini Akan Meningkatkan Kesehatan Otakmu, Lho

Sayuran berwarna hijau ini mengandung vitamin K yang berfungsi untuk membentuk  sphingolipid. Sphingolipid merupakan sejenis lemak padat yang berada di sel-sel otak kita. Selain itu berdasarkan Journal Of Agricultural And Food Chemistry yang menyebutkan jika brokoli termasuk sayuran hijau yang dikenal memiliki sifat antiamnestik yang berarti mampu membantumu menyimpan memori.

3. Telur

7 Jenis Makanan Ini Akan Meningkatkan Kesehatan Otakmu, Lho

Telur adalah bahan makanan sehari-hari yang sangat mudah kita jumpai. Tapi, siapa sangka jika si bulat ini memiliki manfaat luar biasa bagi otak kita. Dilansir dari laman healthine.com telur mengandung vitamin B6, B12, folat, dan juga choline. Asupan choline yang tinggi dapat meningkatkan kemampuan memori otak sehingga akan minim terkena reskio alzheimer.

4. Kacang-kacangan

7 Jenis Makanan Ini Akan Meningkatkan Kesehatan Otakmu, Lho

Sebuah jurnal di tahun 2014 yang diterbitkan oleh American Society for Nutrition menyebutkan bahwa kacang-kacangan mampu mencegah penyakit neurodegenerative. Neuorodegenerative sendiri merupakan kondisi dimana otak kehilangan sel-sel neuron secara progresif. Kacang-kacangan sendiri juga mengandung banyak sekali nutrisi seperti lemak sehat, vitamin E dan anti oksidan yang baik untuk otak.

5. Teh hijau

7 Jenis Makanan Ini Akan Meningkatkan Kesehatan Otakmu, Lho

Selain baik untuk diet, teh hijau juga baik untuk kesehatan otak kita. Teh hijau mengandung L-theanine yang berfungsi untuk merangsang otak kita agar memberi stimulus rileks pada tubuh serta berfungsi untuk meningkatkan frekuensi alfa pada otak. L-theanine sendiri merupakan asam amino yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja sel-sel di dalam otak kita.

6. Ikan dengan omega 3

7 Jenis Makanan Ini Akan Meningkatkan Kesehatan Otakmu, Lho

Ikan salmon, sarden, trout, dan tuna merupakan beberapa contoh ikan yang mengandung omega 3. Para peneliti dari Department of Bioorganic Chemistry, Faculty of Chemistry, Wrocław University of Technology menemukan bahwa 60 persen dari otak kita terbentuk dari lemak dan setengah dari lemak tersebut adalah omega 3.

Kurangnya konsumsi omega 3 akan meningkatkan resiko alzheimer, gangguan belajar dan juga depresi. Hal ini dikarenakan omega 3 berfungsi untuk membangun sel otak dan saraf yang merupakan salah satu lemak esensial khusunya dalam penguatan memori kita.

7. Buah beri

7 Jenis Makanan Ini Akan Meningkatkan Kesehatan Otakmu, Lho

Seperti kita tahu di pasaran terdapat beragam jenis buah beri diantaranya strawberry, blueberry, mulberry, blackberry, ataupun jenis buah beri lainnya. Marshall G. Miller dan Barbara Shukitt-Hale dalam penelitiannya di tahun 2012 menemukan bahwa  buah beri dapat membantu meningkatkan kesehatan otak kita.Pasalnya dalam buah beri terkandung antioksidan tingkat tinggi yang berguna untuk melindungi sel otak dari radikal bebas.