Categories
Makanan Kesehatan

Makanan Untuk Kesehatan Ginjal

Makanan Untuk Kesehatan Ginjal

Makan yang dikonsumsi sehari-hari bisa menggambarkan nutrisi apa saja yang didapat oleh tubuh. Semakin lengkap nutrisi yang diserap, maka akan membuat organ-organ di dalam tubuh berfungsi dengan lebih baik, salah satunya ginjal. Kitapun dituntut untuk mengetahui jenis-jenis makanan yang baik untuk fungsi ginjal.

Ginjal yang sehat memerlukan nutrisi yang cukup untuk menjalankan fungsinya dengan baik, apa lagi untuk yang sudah bermasalah, nutrisi yang dibutuhkan pasti lebih dari yang biasa. Untungnya, di sekitar kita ada banyak bahan makanan untuk meningkatkan fungsi ginjal.

Sebetulnya hampir seluruh makanan alami mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, namun beberapa jenis bahan makanan ini mengandung lebih banyak antioksidan, vitamin atau mineral dibanding yang lainnya. Selain itu, peneliti juga sudah banyak menemukan hubungan antara peradangan dan penyakit kronis pada ginjal dan perubahan yang terjadi akibat ‘makanan super’ tadi. Utamanya makanan ini berperan dalam hal melindungi dan mencegah timbulnya oksida lemak yang tidak diinginkan oleh ginjal. Lalu Apa saja Makan untuk Meningkatkan Fungsi Ginjal?. Berikut merupakan Makanan Untuk Kesehatan Ginjal .

1. Apel

Wah! Konsumsi 8 Makanan Ini Baik Buat Kesehatan Ginjal Lho

Buah merah nan lezat yang satu ini mengandung banyak vitamin, mineral dan juga serat. Apel juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang berkhasiat untuk mengurangi koresterol jahat, penyakit jantung, kanker dan diabetes. Karena diabetes erat kaitannya dengan gagal ginjal maka dengan mengkonsumsi apel dapat membantu melindungi kita dari masalah ginjal.

2. Kubis

Wah! Konsumsi 8 Makanan Ini Baik Buat Kesehatan Ginjal Lho

Kubis adalah sayuran berdaun yang dikemas dengan fitokimia. Antioksidan yang ada di dalamnya membantu mengais radikal bebas berbahaya di tubuh sehingga mengurangi risiko kanker, penyakit kardiovaskular, dan disfungsi ginjal. Kubis juga kaya akan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan ginjal.

3. Salmon

Wah! Konsumsi 8 Makanan Ini Baik Buat Kesehatan Ginjal Lho

Ikan salmon adalah sumber protein dan asam lemak tak jenuh ganda berkualitas tinggi  Salah satunya adalah kandungan asam lemak omega-3, yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan, membersihkan radikal oksigen bebas, mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol jahat, dan melindungi ginjal.

4. Kembang kol

Wah! Konsumsi 8 Makanan Ini Baik Buat Kesehatan Ginjal Lho

Kembang kol kaya akan vitamin C, folat, dan serat juga mengandung senyawa yang penting bagi hati dan menetralisir zat beracun di tubuh.Sehingga dengan rutin mengkonsumsi kembang kol ginnjal akan terjaga kesehatan serta fungsinya.

5. Paprika merah

Wah! Konsumsi 8 Makanan Ini Baik Buat Kesehatan Ginjal Lho

Paprika merah baik untuk kesehatan ginjal karena rendah potassium. Kandungan vitamin C, B6, A, asam folat, dan serat juga membuat paprika sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Selain itu paprika merah mengandung lycopene antioksidan yang menawarkan perlindungan terhadap beberapa jenis kanker.

6. Stroberi

Wah! Konsumsi 8 Makanan Ini Baik Buat Kesehatan Ginjal Lho

Stroberi adalah sumber antioksidan, vitamin C, mangan, dan serat yang tinggi. Stroberi memiliki sifat anti-inflamasi dan antikanker dan merupakan pilihan tepat untuk kesehatan jantung dan ginjal lho.

7. Bawang putih

Wah! Konsumsi 8 Makanan Ini Baik Buat Kesehatan Ginjal Lho

Bawang putih memiliki bau yang menyengat. Namun, ini adalah salah satu obat herbal yang paling manjur termasuk dalam menjaga kesehatan ginjal. Bawang putih berkhasiat meningkatkan kesehatan ginjal karena sifat diuretik yang berfungsi sebagai pembantu dalam menghilangkan garam dari dalam tubuh dan membuat ginjal menghasilkan natrium lebih banyak lagi.

8. Anggur merah

Wah! Konsumsi 8 Makanan Ini Baik Buat Kesehatan Ginjal Lho

Anggur merah penuh dengan senyawa polifenol alami yang dikenal sebagai resveratrol,senyawa yang menawarkan banyak manfaat kesehatan seperti memperbaiki kesehatan jantung dan melindungi ginjal. Resveratrol membantu memperbaiki luka ginjal, seperti cedera perfusi iskemia, cedera akibat obat, nefropati diabetes, dan lain-lain. Rasanya yang enak juga membuat buah yang satu ini layak kamu konsumsi setiap hari.

Menjaga kesehatan ginjal mungkin terlihat jarang orang lain lakukan, namun hal tersebut akan sangat bermanfaat jika kita mulai sekarang merubah pandangan tentang betapa pentingnya ginjal bagi kehidupan kita. Karena mencegah itu lebih baik daripada memperbaiki kan?