Categories
Makanan Tak Sehat

Makanan Yang Memperparah Faringitis

Makanan Yang Memperparah Faringitis

Saat cuaca sedang tidak menentu dan pola makan kurang baik, virus atau bakteri apapun mudah masuk ke dalam tubuh, termasuk virus radang tenggorokan. Radang tenggorokan menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diderita orang, terutama mereka yang punya segudang aktivitas padat.

Radang tenggorokan adalah keadaan di mana terjadi peradangan pada tenggorokan yang umumnya disebabkan oleh infeksi. Nah pada kesempatan kali ini TradisionalSehat akan memberikan informasi mengenai Makanan Yang Memperparah Faringitis yang wajib anda ketahui. Simak ulasannya dibawah ini.

1. Makanan bersifat asam.

makanan memperparah radang tenggorokan © 2019 brilio.net

Berbeda penyembuhan terhadap batuk, jeruk yang mengandung serat pangan pektin dan folat dan vitamin C mempunyai dampak bagi kesehatan radang. Sifat asam pada jeruk kontra dengan bagian infeksi. Selain jeruk, ternyata permen karet juga termasuk ke dalamnya. Akibatnya, tenggorokan akan semakin kering dan gatal.

2. Serba Susu.

makanan memperparah radang tenggorokan © 2019 brilio.net

Baik susu murni atau pun olahan akan memperberat kerja antibodi. Hal ini dikarenakan produksi lendir akan lebih banyak. Gatal di bagian tenggorokan juga akan semakin parah. Dikutip dari sebuah jurnal Universitas Atmajaya Yogyakarta, Susu mengandung gula susu (laktosa) sekitar 5%, protein sekitar 3,5%, dan lemak sekitar 3-4%.

3. Makanan kering.

makanan memperparah radang tenggorokan © 2019 brilio.net

Makanan kering berpotensi memperparah luka pada bagian tenggorokan yang mengalami infeksi. Makanan kering cenderung bersifat kasar seperti kacang, keripik, biskuit dan gorengan akan membuat tenggorokan semakin gatal. Berbagai macam makanan tersebut juga susah ketika ditelan. Gantilah dengan mengkonsumsi makanan bertekstur lembut seperti bubur.

4. Kafein.

makanan memperparah radang tenggorokan © 2019 brilio.net

Makanan atau pun minuman yang mempunyai kandungan kafein akan menyamankan tenggorokan. Namun hal tersebut bersifat sementara layaknya kopi dan teh kemasan. Bila ingin mengkonsumsi teh, gantilah dengan teh herbal.

5. Makanan bersifat pedas.

makanan memperparah radang tenggorokan © 2019 brilio.net

Capsaicin adalah zat yang terkandung pada bahan-bahan makanan yang bersifat pedas, meliputi cabai, merica, paprika dan lain sebagainya. Rempah-rempah tersebut dapat menimbulkan radang menjadi-jadi. Luka pada bagian infeksi berpotensi tak kunjung reda. Awas, jangan sampai makanan pedas membuat tenggorokan kamu bengkak akibat infeksi.

Categories
Makanan Tak Sehat Tips Kesehatan

Makanan Yang Menyebabkan Bau Badan

Makanan Yang Menyebabkan Bau Badan

Ketika merasa lapar, tentunya kamu tidak tahan lagi untuk mengonsumsi makanan yang dapat mengisi perutmu dan mengisi waktu santaimu. Makanan seperti gorengan contohnya yang selalu menjadi santapan lezat saat mengisi waktu kosongmu. Tetapi, ternyata salah satu contoh dari makanan tersebut adalah makanan yang bisa memicu bau badanmu, lho.

Tidak hanya gorengan, ternyata ada sejumlah makanan dan minuman lainnya yang bisa memicu bau tak sedap dari badanmu. Tidak hanya mulut, tetapi juga ketiak dan daerah-daerah lainnya. Dan ternyata, makanan dan minuman pemicu bau tak sedap itu adalah yang sering kita konsumsi!

Kamu tidak mau kan, hanya karena bau badan mengganggu kehidupan sosial dan aktivitasmu? Kalau tidak, coba langsung simak daftar makanan dan minuman yang dapat memicu bau tak sedap pada badanmu! . Nah berikut ini kami akan membahas apasaja Makanan Yang Menyebabkan Bau Badan yang akan membuat anda kehilangan percaya diri . Simak ulasannya dibawah ini.

1. Brokoli, dan kubis.

makanan sebabkan bau © 2019 brilio.net

Sayuran hijau yang kaya akan sulfur ini mengemas nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu membersihkan tubuh dari racun dan sel-sel karsinogenik. Tetapi sayuran ini juga menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau tak enak ini berasal dari sulfur yang bereaksi dan menyebabkan perut kembung.

2. Umbi merah.

makanan sebabkan bau © 2019 brilio.net

Umbi merah ini kaya akan metil, jadi meskipun bagus dan kaya akan nutrisi penting, mereka juga dapat menyebabkan bau. Makanan tinggi metil terurai dalam sistem pencernaan kamu untuk membuat senyawa kimia yang disebut trimethylamine atau TMA. Senyawa ini dilepaskan ke kulit dan menciptakan bau yang tidak kamu inginkan.

3. Kopi.

makanan sebabkan bau © 2019 brilio.net

Minum kopi di pagi hari menjadi kebiasaan bagi beberapa orang. Namun kafein akan merangsang sistem saraf pusat dan menyebabkan kelenjar keringat aktif. Kopi juga sangat asam, dapat langsung mengeringkan mulut kamu. Ketika air liur kurang, bakteri akan tumbuh dan membuat bau mulut. Dengan membatasi minum kopi badanmu akan lebih segar dan tidak menimbulkan bau.

4. Susu.

makanan sebabkan bau © 2019 brilio.net

Bau badan berkembang ketika senyawa lipid yang disekresikan dalam keringat dicerna oleh bakteri pada kulit kamu. Sehingga menimbulkan bau. Produk susu seperti yogurt kaya akan protein, yang ketika dipecah dalam perut menimbulkan higrogen sulfida dan metil markaptan pemicu bau.

5. Durian.

makanan sebabkan bau © 2019 brilio.net

Kalau kamu pernah menghirup aroma durian, pasti tak heran jika buah ini memiliki aroma menyengat. Buah yang berdaging ini dibalut dalam kulit keras dan berduri. Buah ini kaya akan karbohidrat, protein, lemak, dan senyawa belerang, yang semuanya menyatu menyebabkan bau tak sedap.

6. Makanan dengan serat tinggi.

makanan sebabkan bau © 2019 brilio.net

Makanan dengan serat tinggi memiliki manfaat membuat kamu kenyang. Tetapi menikmati makanan ini lebih dari 5 gram sebelum berolahraga akan menimbulkan bau keringat dan juga perut akan cenderung kembung. Makanan berserat tinggi mengandung gas seperti higrogen, karbon dioksida dan metana. Ketika makanan itu dicerna di usus besar, gas-gas itu akan dilepaskan dan menimbulkan kentut.

7. Ikan.

makanan sebabkan bau © 2019 brilio.net

Beberapa orang memiliki kelainan genetik yang dikenal sebagai trimethylaminuria. Dalam kondisi ini, tubuh tidak mampu untuk memecah asam amino, trimetilamin, yang lagi-lagi menghasilkan bau tak sedap. Senyawa ini kemudian dilepaskan dalam nafas, keringat dan urin. Ada banyak makanan yang mengandung asam amino, seperti seafood, minyak ikan, telur, hati, susu sapi, produk kedelai,

8. Fenugreek.

makanan sebabkan bau © 2019 brilio.net

Fenugreek mengandung senyawa aromatik yang disebut sosotone, yang bertanggung jawab sebagai penghasil bau manis pada keringat kamu. Namun bau yang terlalu menusuk akan kamu membuat enek.

9. Bawang putih.

makanan sebabkan bau © 2019 brilio.net

Kamu pasti selalu menyantap makanan ini tiap hari. Bau bawang putih keluar dari kulit kamu karena allicin, di dalam senyawa belerang yang di sebut allin. Allicin terurai dengan cepat setelah dikonsumsi dan diubah menjadi zat lain. Ini yang menyebabkan bakteri bercampur dengan keringat dan menimbulkan bau tak sedap.

10. Makanan cepat saji.

makanan sebabkan bau © 2019 brilio.net

Makanan tinggi gula akan mengganggu hormon dan metabolisme kamu dan juga membuat kamu bau. Senyawa kimia dalam makanan tinggi gula ini memiliki tingkat glikemik tinggi, yang menggangu susunan kimiawi darah, cenderung menumpuk dalam perut. Senyawa baru ini bercampur dengan keringat menyebabkan bau badan tak enak dan bau nafas.

11. Daging merah.

makanan sebabkan bau © 2019 brilio.net

Butuh waktu lama untuk mencerna daging merah. Ketika makanan tidak tercerna, racun dan gas berbau busuk dilepaskan yang merupakan penyebab bau keringat.

12. Rempah-rempah.

makanan sebabkan bau © 2019 brilio.net

Rempah-rempah dengan aroma kuat ketika dicerna umumnya akan menghasilkan gas sulfur yang diserap oleh darah dan dieliminasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit. Hal ini menyebabkan bau mulut dan bau badan.

13. Susu tinggi protein whey.

makanan sebabkan bau © 2019 brilio.net

Ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi protein whey, perut kamu akan kesulitan dalam mencerna.

14. Roti yang mengandung karbohidrat rendah.

makanan sebabkan bau © 2019 brilio.net

Bila kamu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat rendah, menyebabkan asupan makanan kaya protein berlebih. Ini dapat membantu membakar timbunan lemak dalam tubuh. Namun, proses ini melepaskan keton ke dalam aliran darah kamu yang membuat munculnya bau badan tak sedap

15. Bawang merah.

makanan sebabkan bau © 2019 brilio.net

Setelah bawang dicerna, minyak pedasnya menyerap ke dalam aliran darah, meresap ke dalam paru-paru kamu dan keluar melalui napas. Semakin banyak bawang yang kamu makan, semakin lama kamu menyimpan bau tidak sedap.

16. Asparagus.

makanan sebabkan bau © 2019 brilio.net

Asparagus membuat urin berbau busuk ketika senyawa belerang markaptan rusak dalam sistem pencernaan. Namun makan asparaus ini setip individu memiliki efek yang berbeda-beda.

17. Permen karet.

makanan sebabkan bau © 2019 brilio.net

Kamu mengira pasti permen karet seharusnya dapat mengatasi bau mulut dan bukan malah memberikan bau tak sedap. Mengunyah permen karet meningkatkan jumlah udara yang kamu telan bersama ludah kamu. Ini menyebabkan penumpukan gas di perut kamu. Sebaiknya kamu bisa memilih permen yang bisa larut.

Categories
Makanan Tak Sehat

Bahaya Bubble Tea Untuk Kesehatan

Bahaya Bubble Tea Untuk Kesehatan

Kisah penciptaan bubble tea diyakini bermula dari seorang pemilik kedai teh di Taiwan yang sedang bosan dan ‘kurang kerjaan’ mencampur puding tapioka ke dalam es teh miliknya. Tak disangka, ia justru menemukan cita rasa unik ketika menyandingkan kenyalnya puding tapioka bersama dengan seruputan teh. Ia kemudian menambahkan racikan itu ke dalam menu baru di kedainya. Tetapi tahukah dibalik kenikmatan bubble tea , ada efek Bahaya Bubble Tea Untuk Kesehatan lho . Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Mengganggu sistem pencernaan

Mungkin, masih banyak yang belum tahu bahwa bahaya minum bubble tea ialah dapat mengganggu sistem pencernaan. Penyebab utamanya tak lain adalah bola mutiara atau yang kerap disebut boba.

Bola mutiara yang terbuat dari tepung tapioka ini memiliki tekstur yang kenyal dan sangat lengket, sehingga susah dicerna oleh organ pencernaan dan malah dapat menyebabkan kerusakan pada bagian pencernaan. Hal yang satu ini sudah dibuktikan dari banyaknya kasus yang menyebabkan seseorang harus dilarikan ke rumah sakit karena bagian pencernaannya yang rusak akibat sering mengonsumsi bubble tea.

2. Resiko mengalami peningkatan berat badan

Selain mengganggu sistem pencernaan, bahaya minum bubble tea yang cukup populer ialah dapat meningkatkan berat badanmu yang berujung obesitas. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan gula yang cukup tinggi terdapat pada minuman bubble tea. Mungkin, untuk mengatasinya, kamu bisa memesan minuman yang satu ini dengan less sugar atau mungkin menggantinya dengan mengonsumsi jenis buah-buahan.

Ini 7 Bahaya Terlalu Sering Minum Bubble Tea Bagi Kesehatan

3. Diabetes

Kandungan gula yang tinggi pada bubble tea tak hanya berpengaruh pada kalori tubuh, tetapi juga dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin yaitu ketika hormon insulin tidak dapat menyerap gula dengan baik dan dapat menyebabkan penyakit diabetes. Tentu saja, terserangnya penyakit diabetes pun menjadi salah satu bahaya minum bubble tea.

4. Gangguan jantung

Menurut beberapa pakar kesehatan, bahaya minum bubble tea yang paling berbahaya ialah dapat menyebabkan gangguan pada jantung yang disebabkan oleh kandungan gula serta kalori yang sangat tinggi pada minuman bubble tea. Untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya hindari minuman bubble tea dan perbanyak untuk mengonsumsi air putih saja.

Ini 7 Bahaya Terlalu Sering Minum Bubble Tea Bagi Kesehatan

5. Kerusakan pada hati

Bahaya minum bubble tea lainnya ialah dapat menyebabkan jumlah fruktosa di dalam tubuh meningkat dan dapat berpengaruh besar pada fungsi hati yang perlahan rusak. Jika kamu tak segera menghentikan kebiasaan mengonsumsi bubble tea, maka bisa saja tubuhmu terserang hepatitis, penyakit kuning, atau perlemakkan pada hati.

6. Menimbulkan jerawat

Salah satu bahaya minum bubble tea yang satu ini tentu menjadi musuh terbesar para perempuan. Tak hanya kandungan gula yang terdapat pada minuman yang satu ini, tetapi kandungan susunya pun dapat mengganggu keseimbangan hormon sehingga dapat menyebabkan gangguan kulit seperti jerawat maupun komedo. Untuk menjaga kulitmu, sebaiknya kurangi mengonsumsi bubble tea dan gantilah dengan jus buah yang sehat.

Ini 7 Bahaya Terlalu Sering Minum Bubble Tea Bagi Kesehatan

7. Penyakit kanker

Cukup bahaya, kamu pun juga harus tahu dengan bahaya minum bubble tea yang dapat menyebabkan perkembangan sel kanker pada tubuhmu. Biasanya diawali dengan berbagai kerusakan pada organ tubuh yang berlanjut pada penyakit kanker.

Wah, ternyata dibalik kenikmatannya yang bikin nagih ini, terdapat juga beberapa hal yang menjadi bahaya minum bubble tea bagi kesehatan. Walau begitu, bukan berarti kamu tak dapat mengonsumsinya. Hanya saja, perlu dibatasi dan diseimbangkan dengan gaya hidup yang sehat.

Categories
Makanan Tak Sehat

Makanan Yang Buruk Untuk Jantung

Makanan Yang Buruk Untuk Jantung

Penyakit jantung yang diidap seseorang bisa dipiccu banyak hal. Makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari juga bisa berbahaya bagi kesehatan jantung kalau tidak diketahui.

Istilah penyakit jantung sering digunakan secara bergntian dengan istilah penyakit kardiovaskuler. Penyakit kardiovaskuler umumnya mengacu pada kondisi yang melibatkan penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada, atau stroke. Berikut ini dalah daftar Makanan Yang Buruk Untuk Jantung.

1. Burger cepat saji

Seperti yang sudah diketahui makanan cepat saji memang tidak direkomendasikan untuk kesehatan tubuh. Lemak jenuh yang terkandung di makanan cepat saji memang menjadi masalah tersendiri untuk tubuh. Terlebih lagi burger cepat saji yang mengandung banyak lemak jenuh. Seperti yang dikutip dari Time, Dr. Regina Druz, Profesor Kardiologi di Hofstra University, lemak jenuh hewani ketika dikombinasikan dengan karbohidrat memiliki dampak efek merusak kesehatan jantung. Memilih burger cepat saji mungkin akan menjadi pilihan buruk untuk kesehatan jantungmu. Daripada membelinya lebih baik kamu membuatnya sendiri rumah.

2. Diet soda

Walaupun namanya diet soda ternyata minuman ini malah bisa membuat obesitas dan berisiko terkena penyakit jantung. Selama ini mungkin kamu berpikir kalau diet soda ini bebas lemak dan kalori tapi kenyataannya nggak begitu. Beberapa penelitian malah menyebutkan orang yang terbiasa minum diet soda mempunyai kecenderungan mengonsumsi protein lebih banyak lho. Bahan kimia di dalam diet soda juga memiliki kecenderungan untuk meningkatkan berat badan.

3. Kue kering

Sebenarnya bukan nggak boleh makan kue kering atau cookies tapi lebih baik untuk mengurangi. Apalagi kalau kamu sering mengonsumsi kue kering dan cookies kemasan. Kue kering ini biasanya penuh dengan gula dan lemak jenuh yang berasal dari mentega, minyak sawit, atau lemak trans yang berbahaya untuk kesehatan jantung.

 

4. Daging yang sudah diproses

Daging yang sudah diproses di sini maksudnya adalah sosis, kornet, dan lainnya. Jenis daging ini memang sudah jadi makanan sehari-hari karena cara memasaknya yang mudah dan cepat. Tapi sadar nggak sih kalau sosis dan lainnya ini memiliki kadar garam yang cukup tinggi. Untukmu yang memiliki tekanan darah tinggi cobalah untuk mengurangi atau berhenti sama sekali mengonsumsi daging-daging yang sudah diproses.

5. Makanan yang digoreng

Siapa yang punya kebiasaan sarapan dengan gorengan? Pasti banyak nih yang memilih jalan praktis mengonsumsi gorengan untuk sarapan. Padahal makanan yang digoreng ini sangat nggak baik untuk kesehatan jantung lho. Walaupun rasanya enak, gorengan ini bisa menganggu fungsi jantung. Metode penggorengan konvensional menghasilkan lemak trans yang telah terbukti meningkatkan jenis kolestrol buruk. Kalau ingin tetap mengonsumsi gorengan coba deh buat sendiri dan pilih minyak zaitun atau kelapa untuk menggoreng.

6. Jus siap minum

Lagi-lagi karena kemudahannya banyak juga yang akhirnya mengonsumsi jus siap minum. Padahal di dalam sekotak jus buatan ini banyak gula yang terkandung di dalamnya. Sebuah penelitian di Amerika menyebutkan kalau tambahan gula lebih banyak ditemukan di minuman daripada makanan siap saji. Jadi sebisa mungkin hindari minum jus kemasan ya ShopBackers!

7. Margarine

Margarine atau mentega ternyata malah lebih banyak meningkatkan risiko penyakit jantung lho. Lemak jenuh yang dihasilkan mentega ini ternyata termasuk lemak trans yang berisiko meningkatkan penyakit jantung pada seseorang. Jika kamu masih ingin menggunakan mentega coba deh pilih margarine yang terbuat dari lemak hewan. Kalau ingin lebih sehat coba ganti semua margarine atau mentegamu dengan minyak zaitun.

Ayo seberapa banyak nih kamu mengonsumsi makanan yang buruk untuk jantung ini setiap harinya? Kalau ternyata kamu cukup sering mengonsumsi makanan-makanan ini ada baiknya untuk mengurangi ya. Ingat ya sakit jantung ini bukan hanya bisa menyerang orang yang sudah berumur, jadi kamu harus lebih wasapada lagi sama penyakit satu ini.

Categories
Makanan Tak Sehat Tentang Penyakit Tips Kesehatan

Bahaya Minuman Manis Untuk Kesehatan

Bahaya Minuman Manis Untuk Kesehatan

Bahaya Minuman Manis terhadap Kesehatan - Alodokter

Singapura menjadi negara pertama yang melarang iklan minuman kemasan dengan kadar gula tinggi guna melawan penyakit diabetes, bagaimana dengan Indonesia?. Nah berikut ini kami akan membahas Bahaya Minuman Manis Untuk Kesehatan sehingga singapura melarang iklan minuman tersebut.

1. Obesitas

Peningkatan berat badan terjadi ketika jumlah kalori yang masuk lebih besar daripada jumlah kalori yang dibakar untuk beraktivitas. Nah, kandungan gula yang tinggi dalam minuman manis akan memberikan Anda asupan kalori dalam jumlah besar.

Berbeda dengan makanan padat, minuman manis tidak memberikan rasa kenyang, sehingga Anda tetap akan mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak meski sudah mendapatkan banyak kalori dari minuman manis. Akibatnya, kalori yang masuk akan melebihi kebutuhan tubuh dan terjadilah kenaikan berat badan.

Kenaikan berat badan yang tidak terkendali bisa menyebabkan overweight dan obesitas. Obesitas merupakan faktor risiko berbagai penyakit mematikan, seperti penyakit jantung koroner, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Oleh karena itu, batasilah konsumsi minuman manis untuk mencegah obesitas sekaligus menurunkan risiko kematian akibat penyakit-penyakit tersebut.

2. Diabetes

Kandungan gula yang cukup tinggi dalam minuman manis dapat meningkatkan kadar gula darah dan memperbesar risiko Anda terkena diabetes. Diabetes dapat menyebabkan komplikasi pada ginjal, mata, dan jantung.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 1–2 gelas minuman manis setiap harinya dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes tipe 2 sebanyak 26%.

3. Kolesterol tinggi dan penyakit jantung

Ada dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL) dan kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL). Orang yang sering mengonsumsi minuman manis cenderung memiliki kadar HDL yang lebih rendah dan kadar LDL yang tinggi.

Kadar LDL yang tinggi dapat meningkatkan risiko Anda mengalami penyempitan pembuluh darah di jantung. Sebuah penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi 1 kaleng minuman manis per hari akan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung sebanyak 20%.

4. Kerusakan gigi

Konsumsi makanan atau minuman tinggi gula dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Untuk menghindarinya, minuman manis hanya disarankan untuk dikonsumsi saat jam makan.

Hal ini juga berlaku untuk jus buah karena kandungan gula dan asam di dalamnya dapat merusak gigi. Oleh karena itu, jus buah sebaiknya hanya dikonsumsi saat jam makan utama dan jumlahnya juga perlu dibatasi. Jumlah konsumsi jus buah murni yang disarankan adalah 150 ml per hari.

5. Jenis kanker tertentu

Sebuah penelitian menyatakan bahwa konsumsi minuman manis secara berlebihan dapat meningkatkan risiko munculnya kanker secara umum, kecuali kanker paru-paru, kanker prostat, dan kanker usus besar. Jenis kanker yang berhubungan erat dengan konsumsi minuman manis adalah kanker payudara.

Konsumsi jus buah murni secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker. Oleh karena itu, konsumsi buah utuh jauh lebih disarankan daripada konsumsi jus buah yang hanya sarinya saja.

Untuk menghindari bahaya minuman manis, Anda perlu membatasi konsumsinya. Sebagai pengganti minuman manis, Anda dapat memilih air putih atau air berkarbonasi yang tidak mengandung pemanis. Anda juga bisa mengonsumsi minuman soda rendah kalori yang kandungan gulanya lebih sedikit.

Jika Anda sering mengonsumsi minuman manis, tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memantau kadar gula darah dan mengetahui risiko munculnya penyakit lain akibat konsumsi gula yang berlebihan.

Categories
Makanan Tak Sehat

Bahaya Formalin Bagi Kesehatan

Bahaya Formalin Bagi Kesehatan

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Manfaat Rebusan Daun Jeruk Nipis , Manfaat Bawang Merah , Manfaat Telur Itik , Cara Menghentikan Perdarahan Luka , Obat Mimisan Alami , Ciri Ciri Radang Tenggorokan Parah , Gejala Sinusitis Akut dan Kronis , Penyebab Anosmia Paling Berbahaya , Bahaya Mie Instan Yang Mematikan , Bahaya Formalin Bagi Kesehatan
Bahaya Formalin Bagi Kesehatan

Formalin tidak berwarna dan mempunyai bau yang keras dan mempunyai berat jenis 1,09 kg/L dalam suhu 20 derajat Celsius. Penelitian Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menunjukkan bahwa formalin terdapat pada makanan yang sehari-hari kita konsumsi, misalnya mi basah, ikan asin, bakso dan tahu. Bahkan terakhir formalin ditemukan pada kikil, makanan favorit sebagian masyarakat Indonesia. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut maka simak ulasan mengenai Bahaya Formalin Bagi Kesehatan berikut ini :

  1. Iritasi Mata. Saat formalin terurai di dalam udara dan melebihi 0,1 ppm, akibatnya bisa membuat mata berair, sensasi terbakar pada mata
  2. Iritasi saluran pernafasan. Jika formalin terhirup oleh hidung dan masuk ke sistem pernafan lainnya, efek yang mungkin bisa langsung dirasakan adalah rasa panas di hidung maupun tenggorokan. Bisa juga berupa bersin dan batuk yang terus menerus. Bahkan seseorang yang terpapar formalin pada kadar tertentu bisa membuat sesak nafas hingga sulit bernafas.
  3. Mual. Pada beberapa kasus, apabila tubuh terpapar formalin, seseorang bisa mengalami nausea atau mual – mual.
  4. Kulit kemerahan. Bila formalin mengenai kulit, dampak secara langsungnya bisa membuat kulit iritasi yang ditandai dengan warna kemerahan pada permukaan kulit. Setelah beberapa waktu dampak formalin juga bisa membuat kulit terasa menebal dan kasar dan jaringan kulit akan menjadi keras.
  5. Kerusakan organ pencernaan. Jika formalin tertelan dan masuk ke dalam tubuh manusia, formalin bisa merusak organ pencernaan. Pada mulanya yang pertama akan muncul adalah sensani terbakar di kerongkongan, tenggorokan, sampai perut pun merasa terbakar. Gejala yang lain mungkin akan membuat anda sulit jika menelan makanan. Keadaan ini bahkan bisa mengarah pada pendarahan dalam dan hilangnya kesadaran.
  6. Gangguan Menstruasi. Jika wanita tidak sengaja menelan formalin, dampaknya bahkan bisa membuat siklus menstruasi menjadi terganggu. Pada tahap tertentu bahkan bisa menyebabkan gangguan kesuburan.
  7. Kanker hidung. Jika anda berkali – kali terpapar formalin dan hidung anda mencium formalin dalam jangka panjang, formalin bisa menyebabkan kanker terbentu pada hidung. Ini dikarenakan formalin memiliki sifat yang sangat beracun pada tubuh dan juga zat karsinogenik.
  8. Menyebabkan diare. Formalin yang terkandung dalam makanan dan tidak sengaja dikonsumsi manusia, dapat menyebabkan seorang mengalami diare. Iritasi pada lambung dapat berakibat pada terjadinya diare.
  9. Susah tidur. Jika formalin masuk ke dalam tubuh dan merusak sistem saraf, hal yang paling ringan yang dapat anda rasakan adalah sulit tidur atau insomnia. Pada jangka waktu yang panjang, seorang yang sering terpapar formalin bisa mengalami sulit untuk berkonsentrasi, mudah melupakan sesuatu, hingga menyebabkan anda semakin lebih sensitif.
  10. Kanker Otak. Efek formalin dalam jangka panjang akan sangat membahayakan bagi kesehatan. Efek formalin bahkan bisa mengarah pada kematian jika seorang terpapar secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama. Jika masuk ke dalam tubuh, formalin bisa menyebabkan seorang mengalami kanker otak. Formalin juga merupakan zat karsinogenik yang sifatnya bisa menyebabkan tumbuhnya sel – sel kanker.
  11. Mengganggu proses pertumbuhan. Formalin banyak sekali ditemukan pada jajanan yang dijual di sekolah seperti jajanan anak. Jika anak dibiarkan terus menerus megkonsumsi jajanan berformalin, dampaknya bisa menyebabkan anak mengalami gangguan proses pertumbuhan.
  12. Kanker paru – paru. Menghirup formalin dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan pada sistem penafasan. Formalin yang terus menerus dihirup tubuh dapat menyebabkan kanker pada paru –paru.
  13. Sakit kepala. Apabila formalin sudah menyerang sistem saraf, biasanya dalam kasus seperti ini seorang juga dapat mengalami sakit kepala ringan hingga yang sakit kepala yang cukup berat.
  14. Koma – Kematian. Formalin yang tertelan ke dalam tubuh dalam konsentrasi yang tinggi bisa menyebabkan kematian sel – sel tubuh dan matinya saraf. Hal ini dapat membuat seseorang mengalami koma hingga kematian.
  15. Rasa gatal. Rasa gatal yang sangat bisa timbul bila formalin masuk melalui sistem pernafasan. Bila terjadi seperti ini artinya formalin sudah masuk ke dalam paru – paru dan anda harus segera pergi ke dokter agar gejala tidak semakin menjadi lebih parah.
Categories
Makanan Kesehatan Makanan Tak Sehat

Makanan Lezat Berkolesterol Tinggi

Makanan Lezat Berkolesterol Tinggi

Tingginya kolesterol bisa menyebabkan berbagai penyakit. Apalagi jika kamu mempunyai riwayat penyakit jantung, disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan berkolestrol lebih dari 200 mg per harinya. Nah, bagi kamu yang kolesterolnya tinggi, Yuk simak ulasan berikut ini mengenai Makanan Lezat Berkolesterol Tinggi .

1. Jeroan kambing

Ancam Kesehatan, 5 Makanan Lezat Ini Mengandung Kolesterol Tinggi!

Jeroan kambing seperti usus, limpa, dan hati biasanya sering dibuat gulai atau soto. Namun jangan berlebihan dalam mengonsumsinya karena kadar kolesterolnya yang lumayan tinggi dan bisa membahayakan kesehatan bila sering dikonsumsi.

Kadar kolesterol usus kambing dan jeroan lainnya adalah sebesar 610 mg per 10 gram lho! Lumayan tinggi kan kadarnya?

2. Telur puyuh

Ancam Kesehatan, 5 Makanan Lezat Ini Mengandung Kolesterol Tinggi!

Telur puyuh merupakan makanan yang sering ditemui dimana-mana dan sering dijadikan sate, campuran sambal, dan berbagai olahan lainnya.

Meski telur ini mudah ditemukan dalam berbagai olahan, namun belum tentu ramah bagi tubuh karena justru kadar kolesterolnya amat tinggi dan bisa membahayakan kesehatan.

Kadar kolesterol telur puyuh adalah sebesar 3640 mg per 10 gram telur puyuh dan kadarnya memang sangat tinggi dibandingkan yang lainnya. Penderita hipertensi sebaiknya tidak makan makanan ini dulu ya

3. Otak sapi

Ancam Kesehatan, 5 Makanan Lezat Ini Mengandung Kolesterol Tinggi!

Banyak orang mengakui otak sapi memang lezat dan bisa dijadikan berbagai variasi masakan seperti digulai, pepes maupun digoreng. Namun dibalik kelezatannya, otak sapi mempunyai kadar kolesterol yang tinggi dan berbahaya bila dikonsumsi penderita hipertensi.

Kadar kolesterol dari otak sapi adalah sebesar 2300 mg per 10 gram lho!

4. Kuning telur

Ancam Kesehatan, 5 Makanan Lezat Ini Mengandung Kolesterol Tinggi!

Banyak orang yang bilang bila telur merupakan salah satu makanan yang menyehatkan karena kandungan proteinnya yang tinggi dan merupakan sumber protein yang mudah didapat.

Namun sayangnya kadar kolesterol dari kuning telur tergolong tinggi sehingga ada baiknya penderita hipertensi tidak dulu mengkonsumsi kuning telur ayam.

Kadar kolesterol kuning telur ayam adalah sebesar 2000 mg per 10 gram. Wah tinggi juga ya!

5. Cumi-cumi

Ancam Kesehatan, 5 Makanan Lezat Ini Mengandung Kolesterol Tinggi!

Sumber makanan laut memang banyak diincar saat ini karena lebih segar dan kandungan gizinya banyak. Namun meski begitu, nyatanya cumi-cumi mengandung kolesterol yang tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk sering dikonsumsi.

Namun kadar kolesterolnya memang tidak sebanyak makanan berprotein lainnya yaitu sebesar 1170 mg per 10 gram saja.

Itulah beberapa daftar makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Hati-hati dalam mengonsumsinya ya!

Categories
Makanan Kesehatan Makanan Tak Sehat

Makanan Sehat Yang Berdampak Buruk

Makanan Sehat Yang Berdampak Buruk

Mengganti keripik kentang dengan kacang almond sebagai camilan, atau memilih minyak zaitun untuk menumis ketimbang minyak kelapa sawit merupakan beberapa cara menjalani gaya hidup sehat. Namun perlu diketahui bahwa makanan yang dianggap sehat, belum tentu selamanya sehat dan baik untuk tubuh dalam jangka panjang.

Minyak zaitun, almond atau jus buah memang memberi nutrisi yang penting bagi tubuh. Namun jika konsumsinya berlebihan atau salah dalam pengolahan bisa membuat makanan sehat tersebut justru berdampak negatif. Ini beberapa Makanan Sehat Yang Berdampak Buruk .

1. Susu almond

9 Makanan Sehat Ini Ternyata Berdampak Buruk buat Tubuh Lho!

Jika kamu sering membeli susu almond, coba cek di bagian bahan-bahan pembuatannya. Ternyata, banyak di antaranya mengandung zat carrageenan yang berpengaruh buruk untuk sistem gula dalam tubuh.

Jika kamu mau, lebih baik cari yang tak ada zat tersebut. Lebih baik lagi membuat susu almond sendiri dengan bahan alami.

2. Sushi

9 Makanan Sehat Ini Ternyata Berdampak Buruk buat Tubuh Lho!

Sebenarnya, sushi ini menyehatkan. Sayang, nasi ketan yang digunakan mengandung banyak gula dan bisa menaikkan kadar gula serta insulin begitu cepat. Tentu saja ini tidak baik untuk tubuh. Jika ingin tetap makan sushi, lebih baik konsumsi sashimi atau ikan dari sushinya saja.

3. Granola

9 Makanan Sehat Ini Ternyata Berdampak Buruk buat Tubuh Lho!

Banyak orang bilang bahwa granola begitu baik untuk tubuh. Padahal, kandungan gula serta minyaknya begitu banyak. Jika mau lebih sehat, lebih baik konsumsi sereal gandum utuh.

4. Skim milk

9 Makanan Sehat Ini Ternyata Berdampak Buruk buat Tubuh Lho!

Katanya, mengonsumsi susu tanpa lemak lebih sehat. Namun, sebuah studi membuktikan bahwa orang-orang yang mengonsumsi lemak sehat, berat badannya lebih terjaga.

5. Minuman berenergi

9 Makanan Sehat Ini Ternyata Berdampak Buruk buat Tubuh Lho!

Minuman ini mengandung begitu banyak gula, garam, dan zat-zat kimia. Lebih baik gantilah minuman sports dengan air kelapa, karena lebih mengandung banyak elektrolit serta dapat memuaskan dahagamu supaya tidak dehidrasi.

6. Frozen yoghurt

9 Makanan Sehat Ini Ternyata Berdampak Buruk buat Tubuh Lho!

Konon, orang bilang bahwa frozen yoghurt lebih baik daripada es krim biasa. Namun, kenyataannya frozen yoghurt mengandung begitu banyak gula, sekaligus bahan lain saat diproses.

Hal ini membuatnya jadi kurang baik. Lebih baik kalau kita membuat frozen yoghurt sendiri dengan bahan-bahan alami.

7. Gula substitusi atau pengganti

9 Makanan Sehat Ini Ternyata Berdampak Buruk buat Tubuh Lho!

Daripada gula biasa, sebenarnya gula substitusi yang dipercaya lebih rendah lemak justru mempercepat kenaikan berat badan daripada gula biasa. Pasalnya, mereka mengandung zat sakarin dan aspartam.

8. Sayur dalam kaleng

9 Makanan Sehat Ini Ternyata Berdampak Buruk buat Tubuh Lho!

Tak semua sayur ternyata sehat. Jika sayur-sayuran tersebut telah diproses dan diawetkan dalam kaleng, maka sayur sudah mengandung banyak zat kimia, BPA, bahkan bisa menyebabkan kanker. Jadi, sebisa mungkin hindari pembelian sayur atau buah kaleng, belilah buah dan sayur segar.

9. Minyak sayur

9 Makanan Sehat Ini Ternyata Berdampak Buruk buat Tubuh Lho!

Makanan yang dimasak menggunakan minyak sayur seperti minyak jagung, akan menghilangkan zat omega-6 sampai omega-3 dari makanan. Bahkan, kolesterol baik bisa diubah menjadi kolesterol buruk oleh minyak sayur dalam temperatur tinggi.

Jadi, jangan mudah percaya dengan makanan sehat. Selidikilah terlebih dahulu untuk memastikan bahwa apa yang kamu konsumsi benar-benar menyehatkan, ya!

Categories
Makanan Tak Sehat Tips Kesehatan

Makanan Berkolestrol Tinggi

Makanan Berkolestrol Tinggi

Image result for Makanan Berkolesterol Tinggi

Bukan cuma orang tua yang bisa terserang kolesterol tinggi. Anak muda di usia produktif pun sangat memungkinkan. Tingginya kolesterol di usia muda dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga stroke. Untuk itu, usaha menurunkan kolesterol dimulai dari mengatur pola makan Anda. Nah untuk itu kami akan memberitahukan anda apasaja Makanan Berkolestrol Tinggi yang wajib anda ketahui .

Makanan Tinggi Kolesterol yang Sering Kita Konsumsi

Jika kita sering mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi, dikhawatirkan akan menyebakan kenaikan risiko terkena penyakit jantung koroner dan stroke.

Berikut adalah beberapa makanan yang sering kita konsumsi namun ternyata tinggi kolesterol.

  1. Telur

Salah satu jenis lauk yang paling sering kita konsumsi sehari-hari adalah telur. Seringkali, telur digoreng untuk dijadikan lauk untuk sarapan. Selain itu, telur juga bisa diolah menjadi masakan lainnya yang tak kalah nikmat.

Di dalam telur terdapat kandungan protein, vitamin, dan mineral yang tinggi. Hanya saja, di dalamnya juga tinggi kandungan kolesterol. Beruntung, menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 2012 silam, disebutkan bahwa konsumsi telur dalam jumlah yang moderat secara teratur tidak akan menyebabkan dampak buruk bagi kadar kolesterol darah. Hal ini berarti, kita tidak perlu khawatir berlebihan akan mengalami kolesterol tinggi meski sering mengonsumsinya.

Meskipun begitu, pakar kesehatan menyarankan kita untuk lebih cermat dalam mengolah telur. Sebagai contoh, kita sebaiknya mengolahnya dengan cara direbus yang tentu lebih aman jika dibandingkan dengan telur goreng. Selain itu, kita juga sebaiknya tidak sering mengonsumsi telur yang disantan.

  1. Hati

Hati adalah jeroan yang bisa didapatkan dari unggas atau dari hewan berdaging merah seperti kambing atau sapi. Rasanya biasanya enak dan bisa dijadikan masakan dengan rasa yang nikmat. Selain itu, pakar kesehatan menyebut hati juga tinggi kandungan zat besi, seng, dan berbagai macam vitamin.

Hanya saja, hati termasuk dalam makanan dengan kandungan kolesterol tinggi. Sebagai contoh, di dalam 30 gram hati ayam terdapat kandungan kolesterol sebanyak 130 mg. Bahkan, di dalam hati sapi terdapat kolesterol sebanyak 155 mg. Melihat fakta ini, kita sebaiknya lebih cermat dalam mengolah hati dan membatasi konsumsinya.

  1. Keju

Keju tinggi kandungan kalsium, protein, dan vitamin. Hanya saja, di dalam keju juga terdapat kandungan kolesterol tinggi. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi keju sebanyak 28 gram saja, maka sudah mendapatkan kolesterol sebanyak 27 mg. Beruntung, pakar kesehatan menyebut kandungan kolesterol di dalam keju tidak begitu mempengaruhi kadar kolesterol di dalam darah.

Hanya saja, jika kita mengonsumsi keju dengan jumlah yang berlebihan atau terlalu sering, bisa jadi akan menyebabkan kolesterol naik, apalagi jika keju juga diolah menjadi masakan yang membuat kadar kalorinya menjadi lebih tinggi.

  1. Ikan Sarden

Ikan sarden kalengan termasuk dalam lauk yang sangat mudah untuk dibuat dan memiliki rasa yang enak. Masalahnya adalah jika kita mengonsumsi sarden sebanyak 92 gram saja, maka kita sudah mendapatkan kolesterol sebanyak 131 mg.

Meskipun tinggi kandungan nutrisi lainnya seperti kalsium, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, seng tembaga, fosfor, zat besi, dan lain-lain, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak sering-sering makan ikan sarden kalengan demi mencegah kolesterol tinggi.

  1. Udang

Makanan laut lainnya yang sebaiknya kita batasi konsumsinya demi mencegah kolesterol tinggi adalah udang. Apalagi jika udang juga diolah menjadi udang goreng, udang bakar, udang saus, atau masakan lain yang bisa saja membuat kadar kalori dan kolesterolnya menjadi lebih tingi.

Di dalam seporsi udang dengan jumlah 10 ekor dengan ukuran sedang bisa saja mengandung kolesterol sebanyak 210 mg. Karena alasan inilah sebaiknya kita membatasinya maksimal 1,5 porsi saja setiap kali memakannya.

Categories
Makanan Tak Sehat Tips Kesehatan

Makanan Kemasan Menyebabkan Penyakit

Makanan Kemasan Menyebabkan Penyakit

Image result for Makanan Kemasan Menyebabkan Penyakit

Siapa yang tidak pernah mengonsumsi makanan kemasan? Mulai dari susu, jus, daging olahan, buah-buahan, sampai makanan ringan, semuanya sudah ada dalam bentuk kemasan. Tak dapat disangkal baha makanan kemasan sudah menjadi bagian dalam kehidupan banyak orang. Tapi, di baik segala kemudahan itu, ada banyak bahaya makanan kemasan yang mengintai kesehatan tubuh Anda. Simak artikel berikut ini mengenai Makanan Kemasan Menyebabkan Penyakit .

  1. Obesitas

Menurut Current Obesity Reports, konsumsi makanan olahan dalam kemasan bisa menyebabkan dampak serius seperti obesitas. Hal ini karena makanan yang diolah dengan proses yang cepat akan merusak nutrisi di dalamnya. Kemudian makanan ini akan membuat tubuh mengalami masalah sindrom metabolik dan risiko tekanan darah tinggi. Ditambah lagi dengan kadar kolesterol dalam makanan yang sulit untuk diturunkan.

  1. Kanker

Semua jenis daging yang diproses seperti daging delly, hot dog, sosis dan daging kemasan lain bisa menyebabkan risiko kanker perut, kanker pencernaan dan jenis kanker yang lain. Fakta ini telah dibenarkan oleh American Cancer Society dari banyaknya laporan yang masuk ke kantor ini. Semua jenis daging ini telah melewati berbagai proses seperti pengasinan, fermentasi dan asap sehingga bisa memiliki jangka kadaluarsa yang lama. Namun sayangnya proses tersebut justru menyebabkan munculnya karsinogen pemicu kanker.

  1. Stroke

Stroke ternyata sangat berhubungan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan olahan. Salah satunya adalah makanan yang mengandung garam dan sodium yang tinggi. Namun rasanya sulit untuk menghilangkan dua bahan ini dari semua jenis makanan kemasan. Efek buruk ini ternyata akan lebih parah lagi jika makanan kemasan dikonsumsi dengan buah dan sayuran segar. Faktanya justru bisa menyebabkan tekanan darah tinggi akibat kadar kalium yang sangat tinggi.

  1. Penyakit Jantung

Biasanya makanan olahan atau makanan kemasan memang mengandung kadar natrium yang sangat tinggi. Kebiasaan mendapatkan natrium yang tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung dan risiko stroke. Termasuk juga jika makanan olahan yang dikonsumsi sudah mengandung lemak trans yang sangat tinggi. Jadi ini ancaman yang sangat serius, salah satunya adalah ancaman serangan jantung.

  1. Kematian Dini

Dari data yang didapatkan oleh hasil studi JAMA Internal Medicine tahun 2019, ternyata konsumsi makanan olahan bisa menyebabkan kematian dini. Penelitian ini dilakukan di Prancis dengan jumlah responden adalah lansia yang berumur panjang. Ternyata para lansia ini sangat jarang atau tidak sama sekali makan makanan olahan. Penyebab dari masalah ini bahwa konsumsi makanan olahan menyebabkan tubuh menderita beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Tips Terhindar dari Makanan Olahan

  1. Kosongkan dapur dan kulkas Anda dari semua jenis makanan olahan seperti kue, snack, makanan ringan, daging kemasan, bakso instan, dan semua jenis makanan kemasan lain.
  2. Ganti stok kulkas Anda dengan sayuran, buah dan makanan segar lain.
  3. Usahakan untuk mengolah atau memasak makanan Anda sendiri sehingga lebih menyehatkan.
  4. Kenalkan anak-anak dengan makanan sehat dan buat makanan mereka menjadi lebih menarik baik itu dari sayuran, buah, kacang-kacangan dan jenis makanan sehat lain.