Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan  , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Untuk Penderita Darah Rendah , Makanan Mengatasi Lambung Bengkak , Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi , Penyebab Dada Sakit , Manfaat Jamu Empot-Empot , Manfaat Daun Sirih , Khasiat Daun Sendok , Penyebab Mimisan , Bahaya Narkoba , Bahaya Ganja , Penyebab Kista Pada Wanita , Makanan Yang Meredakan Hidung Tersumbat , Jus Buah Penyebab Diabetes , Bahaya Makan Mie Instan , Penyebab Bibir Hitam , Obat Tradisional Untuk Biduran , Obat Alami Keputihan Karena Jamur , Obat Kesemutan Alami , Obat Herbal Nyeri Sendi , Obat Kaki Terkilir Alami , Abetalipoproteinemia , Ablasio Retina , Abses Bartholin , Jamu Pelancar Haid , Jamu Alami Penyubur Kandungan , Jamu Tradisional Mengatasi Bau Badan , Jamu Pelangsing , Obat Tradisional Mengatasi Keputihan , Obat Herbal Mengatasi Asam Lambung , Mengatasi Telat Haid Dengan Alami , Cara Alami Mengatasi Lemah Syahwat , Mengenal Achondroplasia , Sayuran Penambah Darah , Mengenal Anemia Aplastik , Cara Mengobati Kurap , Manfaat Bunga Pukul Empat , Obat Tradisional Asma Akut , Obat Pertolongan Pertama Alami , Jenis Obat Sinusitis Alami , Macam Macam Obat Herbal , Tips Mencegah Hipertensi Di Usia Muda , Efek Menggunakan Tisu Basah Di Wajah , Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui , Manfaat Green Coffee Bagi Tubuh , Kenali Pityriasis Rosea , Tips Merawat Gigi Behel , Kenali Otitis Media , Kenali Melena , Kenali Rheumatoid Arthritis , Kenali Toksoplasmosis , Cara Menyehatkan Mata

Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Bagi ibu yang baru saja melahirkan, tugas utama selanjutnya adalah memberikan nutrisi melalui ASI (air susu ibu). Maka dari itu, seorang ibu yang menyusui harus mengosumsi makanan-makanan yang sehat agar bayi mendapatkan ASI berkualitas. ASI yang berkualitas akan menjadikan bayi sehat dan lincah.

Berikut ini ada Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui :

1. Ikan salmon

Makanan sehat untuk ibu menyusui yang pertama adalah ikan salmon. Ikan yang satu ini tidak hanya direkomendasikan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan, tapi juga selama masa menyusui.

Kandungan vitamin B12 dan juga asam lemak omega-3 dalam ikan salmon dipercaya dapat membantu menangkal depresi pascapersalinan. Salmon juga dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI dan membuat ASI lebih bergizi dengan kandungan DHA yang ada di dalamnya.

2. Oatmeal

Selanjutnya makanan yang masuk ke dalam daftar makanan sehat untuk ibu hamil adalah oatmeal. Makanan yang satu ini dapat menjadi pilihan menu para ibu untuk sarapan karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengolahnya.

Oatmeal yang kaya akan zat besi dapat membantu mencegah anemia pada ibu menyusui. Perlu diketahui bahwa anemia juga akan berpengaruh pada produksi ASI.

3. Telur

Sama seperti oatmeal, telur juga bisa menjadi bahan makanan praktis lainnya. Telur merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik. Selain itu, telur juga mengandung vitamin B kompleks dan berbagai mineral.

Jenis telur yang paling direkomendasikan adalah telur yang diperkaya omega-3 sehingga kandungan DHA dan EPA di dalamnya lebih tinggi dari telur pada umumnya.

4. Wortel

Salah satu sayuran yang merupakan makanan sehat untuk ibu menyusui adalah wortel. Sayuran satu ini memiliki kandungan provitamin A, yaitu betakaroten yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Wortel dapat meningkatkan produksi ASI dan membantu memenuhi kebutuhan vitamin A pada ibu menyusui.

5. Bayam

Sayuran lainnya yang juga baik untuk ibu menyusui adalah bayam. Sayuran hijau satu ini memang menjadi sayuran andalan sejak masa kehamilan. Bayam memang memiliki berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui mulai dari zat besi, kalsium, asam folat, dan berbagai vitamin serta mineral lainnya.

6. Susu dan produk olahan susu

Makanan sehat untuk ibu menyusui selanjutnya adalah susu dan produk olahan susu seperti yogurt dan keju. Susu merupakan sumber kalsium dan kalsium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan gigi bayi.

7. Ubi

Ubi banyak disebut sebagai makanan sehat untuk ibu menyusui, padahal belum terdapat penelitian ilmiah apakah benar ubi dapat meningkatkan produksi ASI. Meskipun begitu, ubi memang tetap menjadi makanan sehat yang layak untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Ubi memiliki kandungan vitamin A, kalsium, dan zat besi.

8. Pepaya muda

Pepaya muda dipercaya sebagai salah satu makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI. Konsumsi pepaya muda sendiri memang merupakan hal yang lumrah di Indonesia. Pepaya muda atau pepaya mengkal dapat diolah menjadi salad yang sehat untuk ibu menyusui.

9. Pisang

Pisang juga menjadi buah lain yang dipercaya sangat baik untuk ibu menyusui. Pisang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi dan menjaga asupan kalium sangatlah penting ketika sama kehamilan dan juga selama menyusui.

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik. Kacang seperti kacang almond juga memiliki kandungan vitamin E dan omega 3. Pilihan kacang seperti kacang almond, kacang tanah, dan kacang mede bisa menjadi pilihan camilan sehat untuk ibu menyusui.

Namun jangan lupa juga untuk memerhatikan pengolahannya agar kacang tetap baik untuk kesehatan.

Tips Menjaga Produksi ASI

Selain dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk ibu menyusui agar produksi ASI tetap mencukupi dan sehat:

1. Penuhi kebutuhan cairan

Mengonsumsi air putih yang banyak sangat dibutihkan oleh ibu menyusui. Bila perlu, konsumsi jus buah juga bisa dilakukan. Ketika menyusui, ibu membutuhkan asupan cairan yang cukup agar tubuhnya terhidrasi dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan produksi ASI terhambat.

2. Hindari stres dan istirahat cukup

Bayi yang baru lahir terkadang menuntut orang tuanya untuk banyak terjaga di malah hari. Meskipun begitu, ibu menyusui harus tetap mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Jika kelelahan atau kurang istirahat, maka produksi ASI juga dapat berkurang.

Terlalu banyak pikiran juga dapat menjadikan produksi ASi terhambat. Ibu sering kali mengalami berbagai macam kekhawatiran ketika menghadapi bayi yang baru lahir. Jika mendapatkan masalah, minta saran ke orang di sekitar Anda agar lebih tenang. Bila perlu Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter.

3. Hindari alkohol dan rokok

Alkohol dapat menngurangi produksi ASI. Menghindari alkohol dan rokok juga merupakan salah satu langkah hidup yang lebih sehat yang tidak hanya baik untuk sang ibu, tapi juga baik untuk buah hati Anda.

Nutrisi yang didapatkan oleh bayi yang menyusui, sangat bergantung pada sang ibu. Jika ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati, maka ibu menyusui juga harus mengonsumsi makanan terbaik.

Kunci dari makanan sehat untuk ibu menyusui pada dasarnya adalah konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Jika memiliki masalah seputar menyusui, jangan sungkan untuk berbagai dengan orang terdekat maupun dengan dokter.