Categories
Uncategorized

Makanan Rendah Kolesterol Jahat

Makanan Rendah Kolesterol Jahat

Cara menjaga kesehatan , kesehatan , makanan yang menyehatkan tubuh , makanan alami untuk kesehatan , Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal Penyakit , Makanan Baik untuk Kesehatan Mata , Manfaat Dan Khasiat Madu , Buah Penambah Trombosit Super , Makanan Yang Mengandung Sodium Tinggi , Makanan Penurun Gula Darah , Cara Mencegah Tipes , Efek Kebanyakan Minum Kopi , Cara Mengatasi Stress , Buah Buahan Yang Mengandung Vitamin B , Makanan Penambah Darah , Makanan Rendah Kolesterol Jahat
Makanan Rendah Kolesterol Jahat

Kolesterol tinggi adalah salah satu penyakit yang mulai banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Jika tidak segera dikendalikan, kolesterol yang terlampau tinggi bisa membuat Anda terkena stroke hingga serangan jantung. Tenang, Anda bisa mengatasi masalah kolesterol tinggi ini dengan makan makanan penurun kolesterol, buah penurun kolesterol, obat penurun kolesterol, hingga herbal penurun kolesterol alami. Berikut ini kami akan memberikan anda informasi seputar Makanan Rendah Kolesterol Jahat :

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah minyak dengan kandungan lemak tak jenuh yang berfungsi menurunkan kadar “lippoprotein” kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol baik HDL (High-Density Lippoprotein). Minyak zaitun ini biasa digunakan pada salad atau memasak makanan, dan baik digunakan setiap hari. Pilihan lain tidak hanya pada minyak zaitun saja, mengganti mentega Anda dengan mentega yang memiliki kandungan minyak zaitun juga akan membantu mengungari risiko kolesterol tinggi.

2. Margarin Tumbuh-tumbuhan (Flora pro active margarine)

Mengkonsumsi margarin dari tumbuh-tumbuhan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh. Dalam margarin umumnya terdapat kandungan “lite” yang dapat mengubah lemak menjadi energi yang berperan untuk kesehatan jantung.

3. Kacang polong dan kedelai

Kacang-kacangan ini banyak terdapat di tumbuhan buncis, polong dan kedelai, kacang ini memiliki fungsi yang baik untuk diet serta tetap menjaga nutrisi bagi tubuh. Kandungan nutrisi dari kacang-kacang ini akan menjaga jantung dari serang kolesterol tinggi. Usahakan makan kacang-kacang seperti ini setiap hari atau empat kali selama seminggu.

4. Yoghurt rendah lemak

Anda dapat membuat yoghurt atau memilih yoghurt dengan kandungan susu bebas lemak dan sedikit keju. Yoghurt rendah lemak berfungsi mencukupkan protein dalam tubuh dan bermanfaat bagi Anda yang mengalami kurang darah (anemia).

5. Buah dan sayur kaya antidoksidan

Buah yang mengandung antidioksidan tinggi seperti jeruk dan buah buahan kaya vitamin C. Buah buahan yang kaya vitamin C seperti anggur dan lemon, sedangkan buah-buahan berry seperti stroberi, blueberi,blackberry juga kaya antidioksidan. Untuk sayur-sayuran termasuk jenis brokoli dan kubis Cina. Buah lain yang kaya antidioksidan adalah makanan Beta Carotene Aprekit, Persik dan Mangga. Untuk sayur-sayuran seperti bayam, brokoli dan kol juga baik untuk kesehatan jantung. Usahakan mengkonsumsi buah-buahan setiap hari.

6. Bawang Putih

Bawang putih telah dirpekenalkan sejak dulu sebagai tanaman yang memiliki kandungan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bawang putih berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, dapat dikonsumsi secara langsung juga dicampurkan ke dalam masakan. Para peneliti percaya jika bawang putih adalah salah satu jenis tanaman yang dapat membantu seseorang melakukan diet sehat.

7. Jenis padi-padian, gandum

 

8. Ikan

Mengkonsumsi ikan 3 kali dalam seminggu dipercaya dapat menjaga Anda daria serangan jantung. Ikan yang mengandung omega 3 seperti ikan Salmon, Tuna dan Sarden, namun disarankan untuk mengkonsumsi jenis ikan yang lain untuk melengkapi kebutuhan gizi setiap hari.

9. Daging rusa dan unta

Daging Rusa dan Unta memiliki kandungan lemak yang cukup rendah, sehingga aman dikonsumsi beberapa kali dalam seminggu. Tapi disarankan agar tidak menambahkan banyak bumbu dan jenis makanan lain selama memasak daging Rusa atau Unta. Usahakan tidak mencampur/kombinasi dengan makanan berlemak lain agar manfaatnya tetap terjaga.

10. Kaya Omega 3

Omega 3 juga dapat membantu Anda mengurangi kolesterol dalam tubuh. Untuk telur, sekarang dapat ditemukan di pusat perbelanjaan atau supermarket yang menjual telur dan daging yang mengandung omega 3.

Selain jenis di atas, ada beberapa kategori makanan rendah kolesterol sesuai dengan jenisnya yang harus anda perhatikan. Berikut tabelnya :

Bagi Anda yang memiliki risiko penyakit jantung dan hati, dapat diupayakan jenis-jenis makanan pengganti seperti di atas. Jika ingin memakan daging seperti daging ayam, biasakan memasaknya dengan cara direbus, kurangi konsumsi makanan olahan yang digoreng berkali-kali.